Zizi Z

04 Desember 2023 01:43

Iklan

Iklan

Zizi Z

04 Desember 2023 01:43

Pertanyaan

Kelompok disabilitas sering mengalami perlakuan diskriminasi dalam penggunaan fasilitas public. Salah satu Upaya tepat mengatasi permasalahan social tersebut adalah… A. Menghaspus diskriminasi terhadap kelompok-kelompok rentan B. Menciptakan kebijakan inklusif dalam berbagi pelayanan public C. Melibatkan partisipasi kelompok disabilitas dalam bidang-bidang tertentu D. Meningkatkan riset social terhadap kaum disabilitas E. Memberikan akomodasi dan pelayanan public yang layak bagi kelompok tertentu

Kelompok disabilitas sering mengalami perlakuan diskriminasi dalam penggunaan fasilitas public. Salah satu Upaya tepat mengatasi permasalahan social tersebut adalah…

A. Menghaspus diskriminasi terhadap kelompok-kelompok rentan

B. Menciptakan kebijakan inklusif dalam berbagi pelayanan public

C. Melibatkan partisipasi kelompok disabilitas dalam bidang-bidang tertentu

D. Meningkatkan riset social terhadap kaum disabilitas

E. Memberikan akomodasi dan pelayanan public yang layak bagi kelompok tertentu


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Maharani M

05 Desember 2023 05:01

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat diatas yaitu opsi (b) Penjelasan yaitu : Kebijakan inklusif mendorong adanya akses yang setara bagi semua individu, tanpa memandang status disabilitas. Ini menciptakan lingkungan yang mendukung partisipasi aktif dan merata dari semua anggota masyarakat. Dengan demikian, dapat menciptakan kesetaraan dalam pemanfaatan fasilitas public, mengurangi ketidaksetaraan, dan memberikan perlindungan terhadap diskriminasi.


Iklan

Iklan

Erwin A

Community

04 Desember 2023 04:03

<p>Salah satu upaya tepat mengatasi permasalahan sosial tersebut adalah <strong>pendidikan dan sosialisasi</strong>. Pendidikan dan sosialisasi dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak-hak penyandang disabilitas. Selain itu, pendidikan dan sosialisasi juga dapat membantu mengubah persepsi masyarakat tentang penyandang disabilitas.</p><p>Berikut adalah beberapa contoh pendidikan dan sosialisasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas:</p><ul><li><strong>Pendidikan formal</strong>, seperti pelajaran tentang pendidikan inklusi di sekolah.</li></ul><p>&nbsp;</p><ul><li><strong>Pendidikan informal</strong>, seperti kampanye kesadaran publik tentang hak-hak penyandang disabilitas.</li></ul><p>&nbsp;</p><ul><li><strong>Sosialisasi melalui media massa</strong>, seperti iklan atau program berita yang mengangkat tema penyandang disabilitas.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Pendidikan dan sosialisasi dapat dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, organisasi masyarakat, dan masyarakat umum. Dengan pendidikan dan sosialisasi, diharapkan masyarakat dapat menjadi lebih inklusif dan tidak lagi melakukan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.</p><p>Selain pendidikan dan sosialisasi, upaya lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas adalah:</p><ul><li><strong>Penegakan hukum</strong>. Pemerintah perlu tegas dalam menegakkan hukum terhadap pelaku diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.</li></ul><p>&nbsp;</p><ul><li><strong>Peningkatan aksesibilitas</strong>. Pemerintah dan pihak swasta perlu meningkatkan aksesibilitas fasilitas umum dan layanan publik bagi penyandang disabilitas.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas dapat dihapuskan dan penyandang disabilitas dapat hidup berdampingan dengan masyarakat secara setara.</p>

Salah satu upaya tepat mengatasi permasalahan sosial tersebut adalah pendidikan dan sosialisasi. Pendidikan dan sosialisasi dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak-hak penyandang disabilitas. Selain itu, pendidikan dan sosialisasi juga dapat membantu mengubah persepsi masyarakat tentang penyandang disabilitas.

Berikut adalah beberapa contoh pendidikan dan sosialisasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas:

  • Pendidikan formal, seperti pelajaran tentang pendidikan inklusi di sekolah.

 

  • Pendidikan informal, seperti kampanye kesadaran publik tentang hak-hak penyandang disabilitas.

 

  • Sosialisasi melalui media massa, seperti iklan atau program berita yang mengangkat tema penyandang disabilitas.

 

Pendidikan dan sosialisasi dapat dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, organisasi masyarakat, dan masyarakat umum. Dengan pendidikan dan sosialisasi, diharapkan masyarakat dapat menjadi lebih inklusif dan tidak lagi melakukan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.

Selain pendidikan dan sosialisasi, upaya lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas adalah:

  • Penegakan hukum. Pemerintah perlu tegas dalam menegakkan hukum terhadap pelaku diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.

 

  • Peningkatan aksesibilitas. Pemerintah dan pihak swasta perlu meningkatkan aksesibilitas fasilitas umum dan layanan publik bagi penyandang disabilitas.

 

Dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas dapat dihapuskan dan penyandang disabilitas dapat hidup berdampingan dengan masyarakat secara setara.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Identifikasikan lima dampak positif konflik sosial!

155

0.0

Jawaban terverifikasi