Ahda M

20 Agustus 2023 17:44

Iklan

Iklan

Ahda M

20 Agustus 2023 17:44

Pertanyaan

Kapan Puncak Carstenz terbentuk dan berapa umurnya hingga sekarang? Apakah Puncak Carstenz dan barisan pegunungan di sekitarnya dahulu termasuk pegunungan/gunung vulkanik?

Kapan Puncak Carstenz terbentuk dan berapa umurnya hingga sekarang?

Apakah Puncak Carstenz dan barisan pegunungan di sekitarnya dahulu termasuk pegunungan/gunung vulkanik?


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 04:12

Jawaban terverifikasi

<p>Ada sejarah panjang sehingga puncak tertinggi ini kemudian diberi nama Cartensz Pyramid. Cartensz Pyramid <strong>diambil dari nama pelaut asal Belanda, Jan Cartenszoon</strong>. Dia adalah orang pertama yang melaporkan keberadaan puncak-puncak yang diselimuti salju di pegunungan tropis pada 1623.</p><p>Umurnya puncak Cartensz sekitar 400 tahun.</p><p>Ya puncak Cartensz dan pegunungan &nbsp;disekitar merupakan pegunungan vulkanik.</p><p>Karena Gunung Jayawijaya merupakan gunung yang membentang di tanah Papua dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Indonesia memang memiliki banyak gunung yang tersebar dari barat hingga wilayah timur. Bahkan sebagai besar gunung tersebut <strong>merupakan jenis gunung berapi yang masih aktif.</strong></p>

Ada sejarah panjang sehingga puncak tertinggi ini kemudian diberi nama Cartensz Pyramid. Cartensz Pyramid diambil dari nama pelaut asal Belanda, Jan Cartenszoon. Dia adalah orang pertama yang melaporkan keberadaan puncak-puncak yang diselimuti salju di pegunungan tropis pada 1623.

Umurnya puncak Cartensz sekitar 400 tahun.

Ya puncak Cartensz dan pegunungan  disekitar merupakan pegunungan vulkanik.

Karena Gunung Jayawijaya merupakan gunung yang membentang di tanah Papua dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Indonesia memang memiliki banyak gunung yang tersebar dari barat hingga wilayah timur. Bahkan sebagai besar gunung tersebut merupakan jenis gunung berapi yang masih aktif.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 07:24

Jawaban terverifikasi

Carstenz Pyramid, juga dikenal sebagai Puncak Jaya, terletak di provinsi Papua, Indonesia. Pembentukan geologisnya terhubung dengan aktivitas tektonik di kawasan tersebut. Puncak Carstenz dibentuk sebagai hasil dari pengangkatan kerak bumi dan proses orogeni (pembentukan pegunungan) yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Daerah ini berada di lingkungan geologi yang kompleks, termasuk zona subduksi di bawah Samudra Pasifik. Pada masa lalu, daerah ini mengalami aktivitas vulkanik yang signifikan, sehingga bentuk pegunungan di sekitar Puncak Carstenz dapat dibilang berasal dari material vulkanik. Namun, saat ini Carstenz Pyramid tidak dianggap sebagai gunung api aktif. Tentang umurnya, sulit untuk memberikan perkiraan pasti mengenai umur Puncak Carstenz. Hal ini karena perubahan topografi dan pembentukan pegunungan adalah proses yang berlangsung dalam skala waktu geologis yang sangat panjang. Pegunungan seperti Carstenz Pyramid berusia jutaan tahun dan terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu secara perlahan-lahan akibat penekanan tektonik dan proses erosi. Menjadi sangat sulit untuk menentukan umur pastinya, dengan begitu, umur sebenarnya dari Puncak Carstenz sulit ditentukan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jenis tanah humus adalah jenis tanah organosol. tanah ini cocok untuk budidaya tanaman padi, nanas dan kelapa. hal ini disebabkan tingginya kandungan a. silikat b. hara c. mineral d. air

196

5.0

Jawaban terverifikasi