Airienhajar A

23 Juni 2024 11:43

Iklan

Iklan

Airienhajar A

23 Juni 2024 11:43

Pertanyaan

kantung Semar beradaptasi untuk bertahan hidup dengan cara..... dan adaptasi fisiologis

kantung Semar beradaptasi untuk bertahan hidup dengan cara..... dan adaptasi fisiologis


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Juni 2024 21:11

Jawaban terverifikasi

<p>Kantung Semar (Nepenthes) adalah genus tumbuhan karnivora yang memiliki adaptasi unik untuk bertahan hidup di lingkungan yang kekurangan nutrisi. Adaptasi ini mencakup beberapa mekanisme khusus:</p><p>Cara Bertahan Hidup</p><p><strong>Daun Modifikasi Menjadi Kantung:</strong></p><ul><li>Daun kantung semar telah berevolusi menjadi kantung yang berfungsi sebagai perangkap bagi serangga dan hewan kecil lainnya.</li><li>Bagian atas kantung memiliki penutup (operculum) yang mencegah air hujan masuk dan mengencerkan cairan di dalam kantung.</li></ul><p><strong>Perangkap Aktif:</strong></p><ul><li>Bibir kantung yang licin membuat serangga yang hinggap mudah tergelincir masuk ke dalam kantung.</li><li>Rambut-rambut di bagian dalam kantung mengarahkan mangsa menuju cairan pencernaan.</li></ul><p><strong>Cairan Pencernaan:</strong></p><ul><li>Cairan di dalam kantung mengandung enzim pencernaan yang memecah tubuh serangga menjadi nutrisi yang dapat diserap oleh tumbuhan.</li></ul><p>Adaptasi Fisiologis</p><p><strong>Produksi Enzim Pencernaan:</strong></p><ul><li>Kantung Semar menghasilkan enzim seperti protease dan fosfatase yang membantu mencerna protein dan komponen lain dari mangsanya.</li></ul><p><strong>Absorpsi Nutrisi:</strong></p><ul><li>Sel-sel khusus di dinding kantung menyerap nutrisi yang dihasilkan dari proses pencernaan, seperti nitrogen dan fosfor, yang kemudian digunakan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan.</li></ul><p><strong>Perubahan Metabolisme:</strong></p><ul><li>Dalam kondisi nutrisi tanah yang sangat rendah, Kantung Semar mengubah strategi nutrisi dengan mengandalkan hasil tangkapan serangga sebagai sumber utama nitrogen dan elemen penting lainnya.</li></ul>

Kantung Semar (Nepenthes) adalah genus tumbuhan karnivora yang memiliki adaptasi unik untuk bertahan hidup di lingkungan yang kekurangan nutrisi. Adaptasi ini mencakup beberapa mekanisme khusus:

Cara Bertahan Hidup

Daun Modifikasi Menjadi Kantung:

  • Daun kantung semar telah berevolusi menjadi kantung yang berfungsi sebagai perangkap bagi serangga dan hewan kecil lainnya.
  • Bagian atas kantung memiliki penutup (operculum) yang mencegah air hujan masuk dan mengencerkan cairan di dalam kantung.

Perangkap Aktif:

  • Bibir kantung yang licin membuat serangga yang hinggap mudah tergelincir masuk ke dalam kantung.
  • Rambut-rambut di bagian dalam kantung mengarahkan mangsa menuju cairan pencernaan.

Cairan Pencernaan:

  • Cairan di dalam kantung mengandung enzim pencernaan yang memecah tubuh serangga menjadi nutrisi yang dapat diserap oleh tumbuhan.

Adaptasi Fisiologis

Produksi Enzim Pencernaan:

  • Kantung Semar menghasilkan enzim seperti protease dan fosfatase yang membantu mencerna protein dan komponen lain dari mangsanya.

Absorpsi Nutrisi:

  • Sel-sel khusus di dinding kantung menyerap nutrisi yang dihasilkan dari proses pencernaan, seperti nitrogen dan fosfor, yang kemudian digunakan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Perubahan Metabolisme:

  • Dalam kondisi nutrisi tanah yang sangat rendah, Kantung Semar mengubah strategi nutrisi dengan mengandalkan hasil tangkapan serangga sebagai sumber utama nitrogen dan elemen penting lainnya.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Juni 2024 04:01

Jawaban terverifikasi

Jawaban: Kantong semar beradaptasi untuk bertahan hidup dengan cara morfologi dan adaptasi fisiologis. Adaptasi morfologi: * Daun berbentuk kantong: Daun kantong semar berbentuk seperti kantong yang berfungsi untuk menjebak serangga. Kantong ini memiliki tutup yang memungkinkan serangga masuk, tetapi tidak bisa keluar. Di dalam kantong terdapat cairan pencernaan yang akan mencerna serangga yang terjebak. * Permukaan dalam kantong yang licin: Permukaan dalam kantong semar dilapisi dengan rambut halus dan licin. Hal ini membuat serangga yang terjebak tidak bisa memanjat dan keluar dari kantong. * Nektar: Kantong semar menghasilkan nektar untuk menarik serangga. Nektar ini biasanya terdapat di sekitar mulut kantong. Ketika serangga datang untuk menghisap nektar, mereka akan terjebak di dalam kantong. Adaptasi fisiologis: * Kemampuan mencerna serangga: Kantong semar memiliki enzim pencernaan yang dapat mencerna serangga yang terjebak di dalam kantong. Enzim ini memecah protein dan karbohidrat dalam tubuh serangga menjadi senyawa yang lebih kecil yang dapat diserap oleh kantong semar. * Kemampuan menyerap nutrisi: Kantong semar memiliki sel-sel khusus yang dapat menyerap nutrisi dari serangga yang telah dicerna. Nutrisi ini kemudian digunakan oleh kantong semar untuk tumbuh dan berkembang. Adaptasi morfologi dan fisiologis ini memungkinkan kantong semar untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di habitat yang miskin nitrogen. Berikut adalah beberapa contoh adaptasi kantong semar: * Kantong semar Nepenthes rajah yang hidup di Kalimantan memiliki kantong yang sangat besar yang dapat menampung hingga 2 liter air. Kantong ini memungkinkan kantong semar untuk menjebak hewan yang lebih besar, seperti tikus dan kadal. * Kantong semar Nepenthes gracilis yang hidup di Sumatera memiliki kantong yang kecil dan berbentuk seperti tabung. Kantong ini memungkinkan kantong semar untuk menjebak serangga kecil, seperti nyamuk dan semut. * Kantong semar Nepenthes ventricosa yang hidup di Jawa memiliki kantong yang berbentuk seperti perut. Kantong ini memungkinkan kantong semar untuk menjebak serangga yang lebih besar, seperti kumbang dan kupu-kupu. Adaptasi kantong semar menunjukkan bagaimana tumbuhan dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Adaptasi ini memungkinkan kantong semar untuk bertahan hidup dan berkembang di habitat yang keras.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 2-4! Kura-kuraku lucu sekali. Aku membelinya di pasar Johar. Dia suka berenang. Kadang-kadang, dia ingin memanjat keluar. Aku memberinya makan setiap hari. Makannya tiga kali sehari. Aku menyayangi kura-kuraku. Sekarang kura-kuraku sudah besar. Aku menamainya Cingkok. Aku suka mengelus-elus kepalanya. Apa saja ciri-ciri kura-kura pada bacaan di atas sebagai makhluk hidup .... A. Kura-kura dapat menyayangi pemiliknya B. Kura-kura suka saat dielus kepalanya C. Kura-kura makan setiap hari dan tumbuh besar D. kura-kura suka tidur

2

0.0

Jawaban terverifikasi

Kisah Kakek Tua Penanam Pohon Kelapa Pada zaman dahulu ada seorang Kakek Tua yang hidup sederhana. Kakek tua itu mempunyai pohon kelapa yang ia rawat setiap hari. Hingga pohon kelapa itu mampu tumbuh subur dan besar. Suatu hari Kakek Tua itu tidak mempunyai uang untuk membeli makanan, ia pun berkeluh kesah di bawah pohon kelapa itu. Tiba-tiba pohon kelapa itu bisa berbicara, “Wahai Kakek Tua, jika engkau lapar ambilah buahku. Rasanya segar dan bisa mengobati rasa laparmu. Kau pun bisa menjualnya di pasar.” Kakek Tua itu pun segera mengambil buah kelapa itu, setiap hari ia memetiknya untuk mengobati rasa laparnya. Pohon kelapa itu pun tidak marah, karena selama ini juga telah dirawat dengan baik oleh Kakek. Suatu hari buah dari pohon kelapa itu sudah habis, Kakek Tua itu pun merasa lapar dan sedih. Uang hasil menjual buah kelapa itu pun sudah habis. Pohon kelapa itu pun berkata lagi, “Wahai Kakek Tua, janganlah bersedih. Sekarang potonglah dahan dan daunku. Kau bisa menjual daunnya dan juga bisa membuat sapu dari lidi-lidiku." Kakek Tua itu pun menuruti saran dari pohon kelapa. Daun kelapa itu laris di pasar, serta ia juga bisa menjual sapu lidi untuk biaya makan sehari-hari. Pohon kelapa pun merasa senang karena ia bisa membalas budi dari kebaikan Kakek Tua selama ini. Pada hari-hari selanjutnya Kakek Tua itu pun setia merawat pohon kelapanya. Hingga pohon kelapa itu tetap bisa tumbuh selalu berbuah dan daunnya semakin lebat. Kakek Tua pun berterima kasih kepada pohon kelapa, pohon kelapa pun juga sama-sama berterima kasih kepada Kakek Tua yang selalu merawatnya. Bagaimana sifat yang dimiliki Kakek Tua? A. Membenci tumbuhan B. Menipu tumbuhan C. Menyayangi tumbuhan D. Menjauhi tumbuhan

10

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan