Alexanderganteng A

21 Agustus 2023 08:43

Iklan

Iklan

Alexanderganteng A

21 Agustus 2023 08:43

Pertanyaan

kak tumbuhan apa saja yg tumbuh secara tunas,biji,Dan cangkok

kak tumbuhan apa saja yg tumbuh secara tunas,biji,Dan cangkok


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

21 Agustus 2023 08:54

Jawaban terverifikasi

<p>Perkembangbiakan tumbuhan :</p><ul><li>Tumbuhan berkembangbiak dengan Tunas</li></ul><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;1. Pisang</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;2. Bambu</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;3. Tebu</p><ul><li>Tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji</li></ul><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;1. Mangga</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;2. Jambu</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;3. Kacang</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;4. Kedelai</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;5. Padi</p><ul><li>Tumbuhan berkembangbiak dengan cangkok</li></ul><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; 1. Mangga</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; 2. Jambu</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; 3. Rambutan</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; 4. Kelengkeng</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; 5. Jeruk</p>

Perkembangbiakan tumbuhan :

  • Tumbuhan berkembangbiak dengan Tunas

       1. Pisang

       2. Bambu

       3. Tebu

  • Tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji

       1. Mangga

       2. Jambu

       3. Kacang

       4. Kedelai

       5. Padi

  • Tumbuhan berkembangbiak dengan cangkok

      1. Mangga

      2. Jambu

      3. Rambutan

      4. Kelengkeng

      5. Jeruk


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

26 Agustus 2023 23:34

Jawaban terverifikasi

<p>Tumbuhan dapat berkembang dan bereproduksi melalui berbagai cara, termasuk tunas, bi ji, dan cangkok. Berikut adalah contoh tumbuhan yang tumbuh dengan cara tersebut:</p><p><strong>Tumbuh Secara Tunas:</strong> Tunas adalah pertumbuhan baru yang berasal dari bagian tumbuhan yang sudah ada. Beberapa contoh tumbuhan yang tumbuh secara tunas adalah:</p><ol><li><strong>Kentang (Solanum tuberosum):</strong> Kentang tumbuh dari bagian tunas yang tumbuh di batang bawah tanah yang disebut umbi.</li><li><strong>Jeruk (Citrus spp.):</strong> Jeruk dapat tumbuh dari tunas yang muncul di batang atau cabang utama.</li><li><strong>Stroberi (Fragaria spp.):</strong> Stroberi tumbuh dari tunas yang tumbuh di atas permukaan tanah dan membentuk semacam landasan atau stolon.</li><li><strong>Pisang (Musa spp.):</strong> Pisang dapat tumbuh dari tunas yang muncul di pangkal tanaman.</li></ol><p><strong>Tumbuh Secara Bi ji:</strong> Reproduksi dengan bi ji adalah metode yang umum pada tumbuhan berbunga (angiosperma) dan tumbuhan berbi ji terbuka (gymnosperma). Beberapa contoh tumbuhan yang tumbuh dengan bi ji adalah:</p><ol><li><strong>Pohon Oak (Quercus spp.):</strong> Oak menghasilkan bi ji dalam struktur yang dikenal sebagai cupula atau cangkang.</li><li><strong>Beras (Oryza sativa):</strong> Beras adalah bi ji dari tanaman padi, yang banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok di berbagai budaya.</li><li><strong>Bunga Matahari (Helianthus annuus):</strong> Bunga matahari menghasilkan bi ji yang terdapat dalam kepala bunga besar.</li><li><strong>Kacang Kedelai (Glycine max):</strong> Kacang kedelai menghasilkan bi ji dalam polong yang tumbuh dari tanaman.</li></ol><p><strong>Tumbuh Secara Cangkok:</strong> Cangkok adalah teknik pembiakan tumbuhan yang melibatkan pembedahan sebagian cabang atau batang dan menumbuhkan tunas baru. Beberapa contoh tumbuhan yang tumbuh secara cangkok adalah:</p><ol><li><strong>Mangga (Mangifera indica):</strong> Cangkok merupakan metode umum dalam perbanyakan mangga, di mana cabang atau batang ditanamkan ke dalam tanah atau media tumbuh.</li><li><strong>Tembakau (Nicotiana tabacum):</strong> Cangkok digunakan dalam perbanyakan tembakau untuk mempertahankan karakteristik varietas yang diinginkan.</li><li><strong>Lada (Piper nigrum):</strong> Cangkok juga digunakan dalam perbanyakan lada hitam dan lada putih.</li></ol><p>Ini hanyalah beberapa contoh tumbuhan yang tumbuh dengan cara tunas, bi ji, dan cangkok. Berbagai tumbuhan di dunia dapat berkembang dengan metode yang berbeda-beda tergantung pada spesies dan lingkungannya.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Tumbuhan dapat berkembang dan bereproduksi melalui berbagai cara, termasuk tunas, bi ji, dan cangkok. Berikut adalah contoh tumbuhan yang tumbuh dengan cara tersebut:

Tumbuh Secara Tunas: Tunas adalah pertumbuhan baru yang berasal dari bagian tumbuhan yang sudah ada. Beberapa contoh tumbuhan yang tumbuh secara tunas adalah:

  1. Kentang (Solanum tuberosum): Kentang tumbuh dari bagian tunas yang tumbuh di batang bawah tanah yang disebut umbi.
  2. Jeruk (Citrus spp.): Jeruk dapat tumbuh dari tunas yang muncul di batang atau cabang utama.
  3. Stroberi (Fragaria spp.): Stroberi tumbuh dari tunas yang tumbuh di atas permukaan tanah dan membentuk semacam landasan atau stolon.
  4. Pisang (Musa spp.): Pisang dapat tumbuh dari tunas yang muncul di pangkal tanaman.

Tumbuh Secara Bi ji: Reproduksi dengan bi ji adalah metode yang umum pada tumbuhan berbunga (angiosperma) dan tumbuhan berbi ji terbuka (gymnosperma). Beberapa contoh tumbuhan yang tumbuh dengan bi ji adalah:

  1. Pohon Oak (Quercus spp.): Oak menghasilkan bi ji dalam struktur yang dikenal sebagai cupula atau cangkang.
  2. Beras (Oryza sativa): Beras adalah bi ji dari tanaman padi, yang banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok di berbagai budaya.
  3. Bunga Matahari (Helianthus annuus): Bunga matahari menghasilkan bi ji yang terdapat dalam kepala bunga besar.
  4. Kacang Kedelai (Glycine max): Kacang kedelai menghasilkan bi ji dalam polong yang tumbuh dari tanaman.

Tumbuh Secara Cangkok: Cangkok adalah teknik pembiakan tumbuhan yang melibatkan pembedahan sebagian cabang atau batang dan menumbuhkan tunas baru. Beberapa contoh tumbuhan yang tumbuh secara cangkok adalah:

  1. Mangga (Mangifera indica): Cangkok merupakan metode umum dalam perbanyakan mangga, di mana cabang atau batang ditanamkan ke dalam tanah atau media tumbuh.
  2. Tembakau (Nicotiana tabacum): Cangkok digunakan dalam perbanyakan tembakau untuk mempertahankan karakteristik varietas yang diinginkan.
  3. Lada (Piper nigrum): Cangkok juga digunakan dalam perbanyakan lada hitam dan lada putih.

Ini hanyalah beberapa contoh tumbuhan yang tumbuh dengan cara tunas, bi ji, dan cangkok. Berbagai tumbuhan di dunia dapat berkembang dengan metode yang berbeda-beda tergantung pada spesies dan lingkungannya.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ketika mencuci piring ibu selalu tidak lupa mematikan keran air yang mengalir sikap yang dicontohkan ibu menunjukkan bahwa menjaga ketersediaan energi merupakan suatu

66

5.0

Jawaban terverifikasi