Yulia R

21 Februari 2024 16:57

Iklan

Iklan

Yulia R

21 Februari 2024 16:57

Pertanyaan

Kak tolong bantu aku dong 🥺 Cara menulis ✍️ Karya tulis ilmiah nya gimana? aku masih bingung buat nulis karya ilmiah nya terutama di latar belakang sm landasan teori sampe bab 3 terus smpe bab 4 penutup Tolong bantu aku dong kakkk!? Pliiiissss🥺🥺 🙏🏻🙏🏻🙏🏻 soalnya buat dikumpulin 😢😭

Kak tolong bantu aku dong 🥺 Cara menulis ✍️ Karya tulis ilmiah nya gimana? aku masih bingung buat nulis karya ilmiah nya terutama di latar belakang sm landasan teori sampe bab 3 terus smpe bab 4 penutup 

Tolong bantu aku dong kakkk!? Pliiiissss🥺🥺 🙏🏻🙏🏻🙏🏻 soalnya buat dikumpulin 😢😭


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Mulyani U

22 Februari 2024 05:14

Jawaban terverifikasi

<p>Menulis karya tulis ilmiah memang memerlukan struktur yang teratur. Berikut adalah panduan umum untuk setiap bagian:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>1. Judul:</strong> Pilih judul yang mencerminkan inti penelitianmu secara jelas dan singkat.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. Abstrak:</strong> Ringkasnya uraikan tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan penelitianmu.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>3. Pendahuluan:</strong></p><p>Latar Belakang:</p><ul><li>Gambarkan konteks masalah dan mengapa penelitian ini penting.</li><li>Sertakan informasi relevan dan fakta terkini.</li></ul><p>Rumusan Masalah:</p><ul><li>Identifikasi masalah penelitian yang ingin dipecahkan.</li></ul><p>Tujuan Penelitian:</p><ul><li>Jelaskan apa yang ingin dicapai dengan penelitianmu.</li></ul><p>Manfaat Penelitian:</p><ul><li>Gambarkan dampak positif dari hasil penelitian.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>4. Tinjauan Pustaka:</strong></p><ul><li>Identifikasi literatur terkait yang mendukung penelitianmu.</li><li>Evaluasi penelitian terdahulu dan hubungkannya dengan penelitianmu.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>5. Metode Penelitian:</strong></p><ul><li>Jelaskan desain penelitian dan teknik yang digunakan.</li><li>Gambarkan populasi dan sampel penelitian.</li><li>Jelaskan instrumen dan prosedur pengumpulan data.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>6. Hasil Penelitian:&nbsp;</strong></p><ul><li>Sajikan data dengan jelas menggunakan tabel atau grafik.</li><li>Berikan interpretasi ringkas atas hasil penelitian.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>7. Pembahasan:</strong></p><ul><li>Analisis hasil dan bandingkan dengan literatur terdahulu.</li><li>Diskusikan implikasi temuanmu dan saran untuk penelitian mendatang.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>8. Kesimpulan:</strong></p><ul><li>Ringkas hasil penelitian dan jelaskan kesimpulan utama.</li><li>Ajukan saran atau rekomendasi.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>9. Daftar Pustaka:</strong></p><ul><li>Cantumkan semua referensi yang kamu gunakan dalam penelitian.</li><li>Pastikan setiap bagian saling terkait dan mengikuti alur logis.</li></ul><p>&nbsp;</p>

Menulis karya tulis ilmiah memang memerlukan struktur yang teratur. Berikut adalah panduan umum untuk setiap bagian:

 

1. Judul: Pilih judul yang mencerminkan inti penelitianmu secara jelas dan singkat.

 

2. Abstrak: Ringkasnya uraikan tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan penelitianmu.

 

3. Pendahuluan:

Latar Belakang:

  • Gambarkan konteks masalah dan mengapa penelitian ini penting.
  • Sertakan informasi relevan dan fakta terkini.

Rumusan Masalah:

  • Identifikasi masalah penelitian yang ingin dipecahkan.

Tujuan Penelitian:

  • Jelaskan apa yang ingin dicapai dengan penelitianmu.

Manfaat Penelitian:

  • Gambarkan dampak positif dari hasil penelitian.

 

4. Tinjauan Pustaka:

  • Identifikasi literatur terkait yang mendukung penelitianmu.
  • Evaluasi penelitian terdahulu dan hubungkannya dengan penelitianmu.

 

5. Metode Penelitian:

  • Jelaskan desain penelitian dan teknik yang digunakan.
  • Gambarkan populasi dan sampel penelitian.
  • Jelaskan instrumen dan prosedur pengumpulan data.

 

6. Hasil Penelitian: 

  • Sajikan data dengan jelas menggunakan tabel atau grafik.
  • Berikan interpretasi ringkas atas hasil penelitian.

 

7. Pembahasan:

  • Analisis hasil dan bandingkan dengan literatur terdahulu.
  • Diskusikan implikasi temuanmu dan saran untuk penelitian mendatang.

 

8. Kesimpulan:

  • Ringkas hasil penelitian dan jelaskan kesimpulan utama.
  • Ajukan saran atau rekomendasi.

 

9. Daftar Pustaka:

  • Cantumkan semua referensi yang kamu gunakan dalam penelitian.
  • Pastikan setiap bagian saling terkait dan mengikuti alur logis.

 


Yulia R

22 Februari 2024 05:20

yaudah makasih yaa kakk🙏🏻🙏🏻

— Tampilkan 1 balasan lainnya

Iklan

Iklan

Mercon M

Community

29 April 2024 09:54

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban:</p><p>Menulis karya tulis ilmiah memang bisa terasa menantang pada awalnya, tetapi dengan beberapa langkah sederhana dan panduan yang tepat, kamu pasti bisa melakukannya. Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk menulis karya tulis ilmiah:</p><ol><li><strong>Pemilihan Topik</strong>: Pilihlah topik yang menarik dan relevan. Pastikan topik tersebut memiliki keterkaitan dengan bidang studi atau minatmu.</li><li><strong>Penelitian dan Pengumpulan Data</strong>: Lakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengumpulkan data dan informasi yang relevan tentang topik yang dipilih. Gunakan sumber-sumber terpercaya seperti jurnal ilmiah, buku teks, dan artikel terkait.</li><li><strong>Perumusan Masalah</strong>: Tentukan masalah atau pertanyaan penelitian yang ingin kamu jawab melalui karya tulis ilmiahmu. Masalah ini harus spesifik, jelas, dan relevan dengan topik yang dipilih.</li><li><strong>Latar Belakang</strong>: Di bagian ini, kamu perlu memberikan konteks atau latar belakang mengenai topik penelitianmu. Jelaskan mengapa topik tersebut penting untuk diteliti, apa yang sudah diketahui sebelumnya, dan gap atau kekosongan pengetahuan yang ingin kamu isi melalui penelitianmu.</li><li><strong>Landasan Teori</strong>: Tinjau literatur terkait dan paparkan teori-teori yang mendukung penelitianmu. Jelaskan konsep-konsep, model, atau teori yang menjadi dasar analisis atau kerangka kerja penelitianmu.</li><li><strong>Metode Penelitian</strong>: Jelaskan metode yang digunakan dalam penelitian, termasuk desain penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, serta analisis data yang akan dilakukan.</li><li><strong>Hasil Penelitian</strong>: Paparkan hasil penelitian secara jelas dan sistematis. Gunakan tabel, grafik, atau diagram jika diperlukan untuk mengilustrasikan data.</li><li><strong>Diskusi</strong>: Analisis dan interpretasikan hasil penelitianmu. Bandingkan dengan temuan sebelumnya, identifikasi pola atau tren yang muncul, dan jelaskan implikasi hasil penelitianmu terhadap teori atau praktik yang ada.</li><li><strong>Kesimpulan</strong>: Ringkaslah temuan utama penelitianmu dan saran-saran untuk penelitian selanjutnya. Pastikan kesimpulanmu didasarkan pada data dan analisis yang telah kamu lakukan.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Setelah menulis keseluruhan bagian karya tulis ilmiahmu, pastikan untuk melakukan revisi dan editing untuk memperbaiki struktur, tata bahasa, dan kesalahan lainnya. Dan ingatlah, konsultasikanlah dengan dosen atau mentormu jika kamu mengalami kesulitan atau membutuhkan bimbingan lebih lanjut. Semoga berhasil!</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Jawaban:

Menulis karya tulis ilmiah memang bisa terasa menantang pada awalnya, tetapi dengan beberapa langkah sederhana dan panduan yang tepat, kamu pasti bisa melakukannya. Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk menulis karya tulis ilmiah:

  1. Pemilihan Topik: Pilihlah topik yang menarik dan relevan. Pastikan topik tersebut memiliki keterkaitan dengan bidang studi atau minatmu.
  2. Penelitian dan Pengumpulan Data: Lakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengumpulkan data dan informasi yang relevan tentang topik yang dipilih. Gunakan sumber-sumber terpercaya seperti jurnal ilmiah, buku teks, dan artikel terkait.
  3. Perumusan Masalah: Tentukan masalah atau pertanyaan penelitian yang ingin kamu jawab melalui karya tulis ilmiahmu. Masalah ini harus spesifik, jelas, dan relevan dengan topik yang dipilih.
  4. Latar Belakang: Di bagian ini, kamu perlu memberikan konteks atau latar belakang mengenai topik penelitianmu. Jelaskan mengapa topik tersebut penting untuk diteliti, apa yang sudah diketahui sebelumnya, dan gap atau kekosongan pengetahuan yang ingin kamu isi melalui penelitianmu.
  5. Landasan Teori: Tinjau literatur terkait dan paparkan teori-teori yang mendukung penelitianmu. Jelaskan konsep-konsep, model, atau teori yang menjadi dasar analisis atau kerangka kerja penelitianmu.
  6. Metode Penelitian: Jelaskan metode yang digunakan dalam penelitian, termasuk desain penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, serta analisis data yang akan dilakukan.
  7. Hasil Penelitian: Paparkan hasil penelitian secara jelas dan sistematis. Gunakan tabel, grafik, atau diagram jika diperlukan untuk mengilustrasikan data.
  8. Diskusi: Analisis dan interpretasikan hasil penelitianmu. Bandingkan dengan temuan sebelumnya, identifikasi pola atau tren yang muncul, dan jelaskan implikasi hasil penelitianmu terhadap teori atau praktik yang ada.
  9. Kesimpulan: Ringkaslah temuan utama penelitianmu dan saran-saran untuk penelitian selanjutnya. Pastikan kesimpulanmu didasarkan pada data dan analisis yang telah kamu lakukan.

 

Setelah menulis keseluruhan bagian karya tulis ilmiahmu, pastikan untuk melakukan revisi dan editing untuk memperbaiki struktur, tata bahasa, dan kesalahan lainnya. Dan ingatlah, konsultasikanlah dengan dosen atau mentormu jika kamu mengalami kesulitan atau membutuhkan bimbingan lebih lanjut. Semoga berhasil!

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan

Iklan