Keisya N

02 Juni 2024 10:35

Iklan

Iklan

Keisya N

02 Juni 2024 10:35

Pertanyaan

Jika gelombang transversal merambat dengan kecepatan 2 m/s dan panjang tali 120 cm, maka periode gelombang tersebut adalah


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

04 Juni 2024 12:45

Jawaban terverifikasi

Diketahui: * Kecepatan gelombang (v) = 2 m/s * Panjang tali (L) = 120 cm = 1,2 m Ditanya: * Periode gelombang (T) Jawab: Periode gelombang dapat dihitung dengan rumus berikut: T = L/v Substitusikan nilai yang diketahui ke dalam rumus, diperoleh: T = 1,2 m / 2 m/s = 0,6 s Kesimpulan: Periode gelombang tersebut adalah 0,6 detik. Penjelasan: Periode gelombang adalah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu siklus getaran. Dalam kasus ini, satu siklus getaran adalah waktu yang diperlukan untuk satu puncak gelombang melewati suatu titik tertentu. Panjang gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam satu siklus getaran. Dalam kasus ini, panjang gelombang adalah panjang tali. Kecepatan gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam satu satuan waktu. Dalam kasus ini, kecepatan gelombang adalah 2 m/s. Dengan mengetahui panjang gelombang dan kecepatan gelombang, kita dapat menghitung periode gelombang menggunakan rumus di atas. Informasi tambahan: * Satuan periode gelombang adalah detik (s). * Periode gelombang berbanding terbalik dengan frekuensi gelombang. Frekuensi gelombang adalah jumlah getaran yang terjadi dalam satu satuan waktu. Satuan frekuensi gelombang adalah Hertz (Hz). Contoh soal: Sebuah gelombang transversal merambat dengan kecepatan 10 m/s dan panjang gelombang 2 meter. Hitunglah periode gelombang tersebut! Jawab: T = L/v = 2 m / 10 m/s = 0,2 s Kesimpulan: Periode gelombang tersebut adalah 0,2 detik.


Iklan

Iklan

Zahrana P

02 Juni 2024 13:06

1 Ubahlah panjang tali dari centimeter ke meter: Diketahui panjang tali, L = 120 cm = 120/100 = 1,2 m. 2 Cepat rambat gelombang transversal diberikan dengan rumus: v = λ/T, dimana v adalah cepat rambat gelombang, λ (lambda) adalah panjang gelombang, dan T adalah periode gelombang. 3 Karena gelombang transversal, cepat rambat gelombang sama dengan hasil kali panjang gelombang dan frekuensi: v = λf. 4 Panjang gelombang sama dengan panjang tali: A = L = 1,2 m. 5 Substitusikan nilai-nilai tersebut ke dalam persamaan v = λf: 2 = 1.2f. 6 Selesaikan frekuensi f: f = 2/1.2 1.67 Hz. 7 Periode gelombang berbanding terbalik dengan frekuensi: T = 1/f = 1/1,67 = 0,60 s.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jika keliling belah ketupat adalah 52 cm dan panjang diagonal satu 10 cm, maka panjang diagonal yang lain adalah

10

4.5

Jawaban terverifikasi