Felisyawinandapampey F

21 Januari 2020 20:29

Iklan

Iklan

Felisyawinandapampey F

21 Januari 2020 20:29

Pertanyaan

jika gaya lorentz yang di alami sebuah kawat penghantar yang panjangnya 5 m adalah 1 N dan arus yang mengalir pada kawat sebesar 2 MA, berapakah besar medan magnet yang di alami kawat peghantar tersebut?


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Dwi

27 Desember 2021 05:23

Jawaban terverifikasi

Hai Feli, kakak bantu jawab ya! Jawabannya : besar medan magnet yang dialami kawat penghantar sebesar 100 T. Berikut penjelasannya! Gaya Lorentz merupakan gaya magnetik yang dihasilkan oleh sebuah penghantar yang dialiri arus listrik dan terletak di medan magnet tertentu. Besarnya gaya lorentz yang ditimbulkan dipengaruhi oleh panjang penghantar, besarnya kuat arus listrik, dan besarnya medan magnet di sekitar kawat tersebut. Semakin besar panjang kawat, kuat arus, dan medan magnetik maka gaya Lorentz yang ditimbulkan semakin besar. Untuk penyelesaian soalnya, perhatikan penjabaran di bawah ya! Diketahui : l = 5 m F = 1 N i = 2 mA = 0,002 A Ditanya : B = ? Penyelesaian : F = B ∙ i ∙ l B = F /(i ∙ l) B = 1/(0,002 ∙ 5) B = 1/0,01 B = 100 T Sehingga, besar medan magnet yang dialami kawat penghantar sebesar 100 T Semoga membantu ya!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah kawat yang panjangnya 80 cm dan dialiri arus listrik sebesar 0,45 ampere ke arah barat. Kemudian kawat tersebut diletakkan di dalam ruangan yang mempunyai kuat medan magnet 1,2 tesla yang arahnya ke selatan. Tentukan besar dan arah gaya Lorentznya!

18

0.0

Jawaban terverifikasi