Leonita G

01 Mei 2020 08:57

Iklan

Iklan

Leonita G

01 Mei 2020 08:57

Pertanyaan

Jenis jenis tanah di indonesia


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

29 Desember 2021 22:36

Jawaban terverifikasi

Hallo Leonita, saya bantu jawab pertanyaan kamu yaa.. Jenis tanah yang ada di Indonesia yaitu diantaranya tanah aluvial, andosol, entisol, grumosol, humus, inseptisol, laterit, latosol, litosol, dan kapur, Berikut adalah penjelasannya. Pengaruh letak astronomis dan geografis di Indonesia sangat penting dalam membentuk berbagai macam tanah. Jenis-jenis tanah yang ada di dunia berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya tergantung pada lingkungan yang ada di dalam daerah tersebut. Jenis tanah yang ada di Indonesia yaitu diantaranya tanah aluvial, andosol, entisol, grumosol, humus, inseptisol, laterit, latosol, litosol, dan kapur, Semoga membantu yaa..


Iklan

Iklan

Raida K

30 Mei 2020 04:25

1. Tanah aluvial Tanah alluvial merupakan tanah yang berasal dari sedimen lumpur yang dibawa oleh air sungai. 2. Tanah vulkanis Tanah vulkanis merupakan tanah yang berasal dari abu gunung api atau vulkanis atau material letusan gunung api yang sudah mengalami pelapukan. 3. Tanah humus Tanah humus adalah jenis tanah yang muncul akibat tumbuh-tumbuhan yang membusuk. 4. Tanah organosol (tanah gambut) Tanah ini terbentuk dari proses pelapukan bahan -bahan organik, seperti dari sisa pembusukan tanaman rawa. Pembusukan bahan organik yang terjadi pada tanaman ini terjadi kurang sempurna karena selalu tergenang air. 5. Tanah podzolik merah kuning Tanah Podzolik merupakan tanah yang proses pembentukannya dipengaruhi oleh curah hujan yang tinggi serta suhu yang rendah. 6. Tanah kapur 7. Tanah pasir 8. Tanah laterit Tanah laterit merupakan jenis tanah yang sifatnya tidak subur 9. Tanah Litosol Tanah litosol merupakan jenis tanah yang terbentuk dari proses pelapukan batuan beku dan sedimen.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ! Bulan lalu kebakaran hutan terjadi di Kalimantan Selatan. Penyebab kebakaran tersebut terjadi karena musim kemarau yang panjang sehingga memicu percikan api di lahan gambut.Pendekatan geografi yang tepat sesuai dengan paragraf di atas adalah.... 

4

5.0

Lihat jawaban (1)