Annisa I

19 Februari 2024 10:39

Iklan

Iklan

Annisa I

19 Februari 2024 10:39

Pertanyaan

Jelaskan tentang aliran gen pada tanaman yang kekerabatan dekat !

Jelaskan tentang aliran gen pada tanaman yang kekerabatan dekat !


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Diana D

20 Februari 2024 01:21

Jawaban terverifikasi

Aliran gen pada tanaman yang memiliki kekerabatan dekat merujuk pada perpindahan gen antara spesies-spesies tanaman yang saling berhubungan secara genetik. Kekerabatan dekat ini sering terjadi antara tanaman-tanaman dalam genus yang sama atau genus yang berbeda tetapi masih dalam famili yang sama. Proses aliran gen ini dapat terjadi melalui beberapa mekanisme, salah satunya adalah hibridisasi. Hibridisasi adalah proses persilangan antara dua individu dari spesies yang berbeda tetapi masih dalam kelompok genetik yang dekat. Hasil hibridisasi ini dapat menghasilkan keturunan dengan kombinasi sifat-sifat dari kedua spesies tersebut. Selain itu, transfer gen horizontal juga dapat terjadi di antara tanaman yang memiliki kekerabatan dekat. Transfer gen horizontal adalah proses perpindahan gen secara langsung antara individu-individu tanaman tanpa melalui proses reproduksi seksual. Mekanisme ini dapat terjadi melalui berbagai cara, seperti transduksi bakteri, transformasi genetik, atau konjugasi. Aliran gen pada tanaman yang kekerabatan dekat dapat memiliki implikasi penting dalam evolusi tanaman, diversitas genetik, dan adaptasi terhadap lingkungan. Hal ini juga dapat dimanfaatkan dalam pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru yang memiliki sifat-sifat yang diinginkan, seperti ketahanan terhadap penyakit, produktivitas tinggi, atau adaptasi terhadap kondisi lingkungan tertentu.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

20 Februari 2024 10:17

Jawaban terverifikasi

<p>Aliran gen pada tanaman kekerabatan dekat dapat terjadi melalui proses persilangan atau pembuahan silang antara tanaman yang memiliki kedekatan genetik. Proses ini memungkinkan transfer sifat genetik dari satu tanaman ke tanaman lain dalam kelompok kekerabatan dekat.</p><p>Dalam persilangan, serbuk sari dari satu tanaman diterima oleh putik tanaman lain yang memiliki kekerabatan genetik. Hasil dari persilangan ini adalah tanaman dengan kombinasi gen yang berasal dari kedua tanaman tersebut. Aliran gen semacam ini dapat menyebabkan kemunculan variasi genetik baru atau memperkuat sifat-sifat yang diinginkan dalam kelompok tanaman tersebut.</p><p>Aliran gen pada tanaman kekerabatan dekat juga dapat terjadi secara alami melalui penyerbukan silang oleh serangga atau angin. Proses ini dapat menghasilkan variasi genetik di antara tanaman yang memiliki hubungan genetik yang dekat.</p>

Aliran gen pada tanaman kekerabatan dekat dapat terjadi melalui proses persilangan atau pembuahan silang antara tanaman yang memiliki kedekatan genetik. Proses ini memungkinkan transfer sifat genetik dari satu tanaman ke tanaman lain dalam kelompok kekerabatan dekat.

Dalam persilangan, serbuk sari dari satu tanaman diterima oleh putik tanaman lain yang memiliki kekerabatan genetik. Hasil dari persilangan ini adalah tanaman dengan kombinasi gen yang berasal dari kedua tanaman tersebut. Aliran gen semacam ini dapat menyebabkan kemunculan variasi genetik baru atau memperkuat sifat-sifat yang diinginkan dalam kelompok tanaman tersebut.

Aliran gen pada tanaman kekerabatan dekat juga dapat terjadi secara alami melalui penyerbukan silang oleh serangga atau angin. Proses ini dapat menghasilkan variasi genetik di antara tanaman yang memiliki hubungan genetik yang dekat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! 1. Memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak 2. Meningkatkan massa otot pada anak-anak 3. Menambah berat badan 4. Mudah terserang bakteri dan virus Manfaat tidur yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah .… A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 3 dan 4

5

0.0

Jawaban terverifikasi