Aning A

18 Februari 2022 05:28

Iklan

Aning A

18 Februari 2022 05:28

Pertanyaan

Jelaskan tahap perencanaan usaha!

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

09

:

15

:

53


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

S. Suryanti

Robo Expert

Mahasiswa/Alumni Universitas Tarumanagara

28 Februari 2022 03:43

Jawaban terverifikasi

Halo Aning A, kakak bantu jawab ya. Jawaban: tentukan apa tujuan usaha, mengecek kondisi pasar, susun profil usaha, catat apa saja keperluan dalam usaha, hitung rincian modal, rencanakan strategi pemasaran, dan atur jadwal evaluasi. Cermati penjelasan berikut ya! Tahap perencanaan usaha, yaitu: 1. Tentukan apa tujuan usaha Pertama-tama, Anda perlu menentukan apa tujuan usaha Anda. Tujuan usaha berfungsi untuk memproyeksikan apa target masa depan yang ingin dicapai saat Anda baru di tahap awal. Buatlah tujuan usaha yang spesifik, bukan sekadar “ingin dapat untung yang banyak." 2. Mengecek kondisi pasar Analisis pasar merupakan penilaian kualitatif dan kuantitatif dari suatu pasar yang melihat kondisi pasar secara lebih dalam. Lewat analisis pasar, Anda bisa lebih mudah mendapatkan konsumen. 3. Susun profil usaha Profil usaha merupakan deskripsi ringkas yang mencerminkan kualitas dan fokus kerja usaha. Dengan menyusun profil usaha, Anda akan memberikan gambaran umum tentang bisnis dan sekilas rencana bisnis Anda. 4. Catat apa saja keperluan dalam usaha Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha selanjutnya adalah mencatat apa saja keperluan dalam usaha. Tentukan seberapa banyak SDM yang Anda butuhkan, lengkap dengan rangkaian peralatan yang diperlukan. 5. Hitung rincian modal Modal awal merupakan sejumlah dana yang dikeluarkan saat Anda memulai sebuah usaha. Besarnya jumlah modal perlu dihitung secara rinci agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Jika memulai usaha tanpa memperhitungkan modal operasional misalnya, usaha Anda bisa gulung tikar di tengah jalan karena tidak cukup modal. 6. Rencanakan strategi pemasaran Strategi pemasaran merupakan sebuah upaya memasarkan dan mengenalkan produk kepada konsumen. Fungsi strategi pemasaran sendiri adalah untuk menambah angka penjualan, menggaet lebih banyak pembeli, serta menjadi acuan bagi usaha Anda soal langkah apa selanjutnya yang harus diambil. 7. Atur jadwal evaluasi Mengatur jadwal evaluasi usaha penting dilakukan agar bisnis dapat semakin bertumbuh. Pertama, Anda perlu melakukan evaluasi apakah produk atau jasa yang ditawarkan mempunyai nilai jual yang tidak dimiliki oleh pesaing. Dengan demikian, tahap perencanaan usaha yaitu tentukan apa tujuan usaha, mengecek kondisi pasar, susun profil usaha, catat apa saja keperluan dalam usaha, hitung rincian modal, rencanakan strategi pemasaran, dan atur jadwal evaluasi. Semoga bermanfaat ya.


Iklan

Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!