Haura A

04 Maret 2024 05:59

Iklan

Iklan

Haura A

04 Maret 2024 05:59

Pertanyaan

Jelaskan sifat magnet pada kompas!

Jelaskan sifat magnet pada kompas!


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Muhammad I

04 Maret 2024 09:43

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jarum pada kompas akan menunjuk arah utara dan selatan</strong>. Hal ini berkaitan dengan kutub utara dan selatan bumi.</p>

Jarum pada kompas akan menunjuk arah utara dan selatan. Hal ini berkaitan dengan kutub utara dan selatan bumi.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 03:18

Jawaban terverifikasi

<p>Sifat magnet pada kompas didasarkan pada prinsip bahwa jarum magnet pada kompas memiliki kutub utara dan selatan. Ketika sebuah kompas ditempatkan dalam medan magnetik bumi, jarum magnet kompas akan mengalami gaya tarik dan menunjuk ke arah utara magnetik. Ini karena kutub utara magnet pada jarum kompas akan tertarik menuju kutub utara magnetik di Bumi.</p><p>Dengan demikian, sifat magnet pada kompas memungkinkan penggunanya untuk menentukan arah utara dan mengorientasikan diri dalam navigasi. Jarum kompas selalu cenderung menunjukkan arah utara magnetik karena adanya interaksi dengan medan magnetik bumi.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Sifat magnet pada kompas didasarkan pada prinsip bahwa jarum magnet pada kompas memiliki kutub utara dan selatan. Ketika sebuah kompas ditempatkan dalam medan magnetik bumi, jarum magnet kompas akan mengalami gaya tarik dan menunjuk ke arah utara magnetik. Ini karena kutub utara magnet pada jarum kompas akan tertarik menuju kutub utara magnetik di Bumi.

Dengan demikian, sifat magnet pada kompas memungkinkan penggunanya untuk menentukan arah utara dan mengorientasikan diri dalam navigasi. Jarum kompas selalu cenderung menunjukkan arah utara magnetik karena adanya interaksi dengan medan magnetik bumi.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah persegi ABCD secara berturut turut terletak pada titik A(1, 1) B(4, 1) C(4,4) dan D(1, 4) Tentukanlah persamaan lingkaran yang menyinggung keempat sisi persegi ABCD tersebut!

43

0.0

Jawaban terverifikasi