Neni M

18 Maret 2024 14:59

Iklan

Iklan

Neni M

18 Maret 2024 14:59

Pertanyaan

jelaskan secara singkat mengenai peristiwa rengasdengklok!

jelaskan secara singkat mengenai peristiwa rengasdengklok!


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

19 Maret 2024 02:26

Jawaban terverifikasi

<p>Para tokoh yang mengikuti perkembangan Perang Dunia II memiliki ide untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa menunggu keputusan Jepang. Namun terjadi perbedaan antara golongan tua dan golonngan muda. Golongan muda mendesak agar Indonesia segera memproklamasikan kemerdekaan. Sementara golongan tua lebih menghindari pertumpahan darah, mengingat pasukan Jepang masih banyak di Indonesia. Akibatnya dari hal ini, terjadi peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa ini terjadi agar Soekarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan tanpa terpengaruh oleh Jepang. Setelah perundingan yang alot, Soekarno dan para tokoh lainnya sepakat untuk memilih tanggal 17 Agustus 1945 sebagai proklamasi Kemerdekaan Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>Sekembalinya dari Rengasdengklok, rombongan Soekarno dan Hatta tiba di Jakarta pukul 23.00 WIB pada 16 Agustus 1945, kemudian Soekarno dan Moh Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang bertempat di rumah Laksamana Muda Maeda Tadashi. Di rumah tersebutlah, Soekarno, Hatta dan dibantu Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Hingga kemudian pada jam 10 pagi tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno dan Moh Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.</p>

Para tokoh yang mengikuti perkembangan Perang Dunia II memiliki ide untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa menunggu keputusan Jepang. Namun terjadi perbedaan antara golongan tua dan golonngan muda. Golongan muda mendesak agar Indonesia segera memproklamasikan kemerdekaan. Sementara golongan tua lebih menghindari pertumpahan darah, mengingat pasukan Jepang masih banyak di Indonesia. Akibatnya dari hal ini, terjadi peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa ini terjadi agar Soekarno dan Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan tanpa terpengaruh oleh Jepang. Setelah perundingan yang alot, Soekarno dan para tokoh lainnya sepakat untuk memilih tanggal 17 Agustus 1945 sebagai proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 

Sekembalinya dari Rengasdengklok, rombongan Soekarno dan Hatta tiba di Jakarta pukul 23.00 WIB pada 16 Agustus 1945, kemudian Soekarno dan Moh Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang bertempat di rumah Laksamana Muda Maeda Tadashi. Di rumah tersebutlah, Soekarno, Hatta dan dibantu Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Hingga kemudian pada jam 10 pagi tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno dan Moh Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 02:30

Jawaban terverifikasi

<p>Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, di desa Rengasdengklok, Jawa Barat, Indonesia. Peristiwa ini merupakan salah satu insiden penting dalam sejarah Indonesia yang terkait dengan proklamasi kemerdekaan. Pada saat itu, sejumlah pemimpin pemuda dan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) merasa tidak puas dengan keterlambatan pengumuman kemerdekaan oleh pemerintah Jepang.</p><p>Di Rengasdengklok, kelompok pemuda yang dipimpin oleh Soekarni dan Wikana menangkap beberapa tokoh penting seperti Soekarno, Hatta, dan Radjiman Wediodiningrat yang pada waktu itu sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke Rengasdengklok. Mereka kemudian dipaksa untuk mengumumkan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini dianggap sebagai salah satu dorongan penting untuk percepatan pengumuman kemerdekaan Indonesia yang akhirnya terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Peristiwa Rengasdengklok mencerminkan semangat perjuangan pemuda Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, di desa Rengasdengklok, Jawa Barat, Indonesia. Peristiwa ini merupakan salah satu insiden penting dalam sejarah Indonesia yang terkait dengan proklamasi kemerdekaan. Pada saat itu, sejumlah pemimpin pemuda dan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) merasa tidak puas dengan keterlambatan pengumuman kemerdekaan oleh pemerintah Jepang.

Di Rengasdengklok, kelompok pemuda yang dipimpin oleh Soekarni dan Wikana menangkap beberapa tokoh penting seperti Soekarno, Hatta, dan Radjiman Wediodiningrat yang pada waktu itu sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke Rengasdengklok. Mereka kemudian dipaksa untuk mengumumkan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini dianggap sebagai salah satu dorongan penting untuk percepatan pengumuman kemerdekaan Indonesia yang akhirnya terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Peristiwa Rengasdengklok mencerminkan semangat perjuangan pemuda Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

 

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bagaimana hubungan antara kemajuan bangsa dengan literasi digital?

35

0.0

Jawaban terverifikasi