Athalia C

07 Maret 2024 16:25

Iklan

Iklan

Athalia C

07 Maret 2024 16:25

Pertanyaan

jelaskan secara singkat kondisi sosial di Indonesia menjelang tumbangnya orde Baru! Tolong bantu jwb kak bsk dikumpul

jelaskan secara singkat kondisi sosial di Indonesia menjelang tumbangnya orde Baru! 

Tolong bantu jwb kak bsk dikumpul 


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 21:08

Jawaban terverifikasi

<p>Menjelang tumbangnya Orde Baru di Indonesia pada tahun 1998, kondisi sosial ditandai oleh gejolak politik, ekonomi, dan sosial. Beberapa faktor yang memengaruhi kondisi sosial yang meliputi:</p><p><strong>Ketidakpuasan Politik:</strong> Masyarakat mengalami ketidakpuasan terhadap rezim Orde Baru yang telah berkuasa selama lebih dari tiga dekade. Tuntutan untuk reformasi politik dan kebebasan berpendapat semakin meningkat.</p><p><strong>Krisis Ekonomi:</strong> Krisis ekonomi yang melanda Asia pada akhir 1990-an, termasuk Indonesia, memperburuk kondisi sosial. Terjadi penurunan nilai tukar rupiah, inflasi tinggi, dan meningkatnya pengangguran yang menyebabkan ketidakpuasan ekonomi di kalangan masyarakat.</p><p><strong>Protes dan Demonstrasi Mahasiswa:</strong> Mahasiswa memainkan peran penting dalam protes dan demonstrasi menuntut reformasi. Kondisi sosial dipengaruhi oleh partisipasi aktif mahasiswa dalam menentang rezim dan menyerukan perubahan politik.</p><p><strong>Krisis Kepercayaan Terhadap Pemerintah:</strong> Terungkapnya berbagai kasus korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia oleh pemerintah Orde Baru membuat kepercayaan masyarakat semakin tergerus, memperkuat desakan untuk perubahan.</p><p><strong>Kerusuhan dan Kerusuhan Sosial:</strong> Beberapa peristiwa kerusuhan dan bentrokan sosial terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Unjuk rasa dan bentrokan dengan aparat keamanan semakin meningkat menjelang tumbangnya Orde Baru.</p><p><strong>Desakan Reformasi dan Pemilihan Umum:</strong> Masyarakat menuntut reformasi politik dan pemilihan umum yang lebih demokratis. Adanya desakan untuk meleburkan orde lama dan mendirikan sistem politik yang lebih inklusif dan representatif.</p>

Menjelang tumbangnya Orde Baru di Indonesia pada tahun 1998, kondisi sosial ditandai oleh gejolak politik, ekonomi, dan sosial. Beberapa faktor yang memengaruhi kondisi sosial yang meliputi:

Ketidakpuasan Politik: Masyarakat mengalami ketidakpuasan terhadap rezim Orde Baru yang telah berkuasa selama lebih dari tiga dekade. Tuntutan untuk reformasi politik dan kebebasan berpendapat semakin meningkat.

Krisis Ekonomi: Krisis ekonomi yang melanda Asia pada akhir 1990-an, termasuk Indonesia, memperburuk kondisi sosial. Terjadi penurunan nilai tukar rupiah, inflasi tinggi, dan meningkatnya pengangguran yang menyebabkan ketidakpuasan ekonomi di kalangan masyarakat.

Protes dan Demonstrasi Mahasiswa: Mahasiswa memainkan peran penting dalam protes dan demonstrasi menuntut reformasi. Kondisi sosial dipengaruhi oleh partisipasi aktif mahasiswa dalam menentang rezim dan menyerukan perubahan politik.

Krisis Kepercayaan Terhadap Pemerintah: Terungkapnya berbagai kasus korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia oleh pemerintah Orde Baru membuat kepercayaan masyarakat semakin tergerus, memperkuat desakan untuk perubahan.

Kerusuhan dan Kerusuhan Sosial: Beberapa peristiwa kerusuhan dan bentrokan sosial terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Unjuk rasa dan bentrokan dengan aparat keamanan semakin meningkat menjelang tumbangnya Orde Baru.

Desakan Reformasi dan Pemilihan Umum: Masyarakat menuntut reformasi politik dan pemilihan umum yang lebih demokratis. Adanya desakan untuk meleburkan orde lama dan mendirikan sistem politik yang lebih inklusif dan representatif.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

08 Maret 2024 07:38

<p><strong>Penyebab jatuhnya Orde Baru</strong></p><ol><li>Perekonomian Indonesia yang melaju pesat dan pembangunan infrastruktur yang merata untuk masyarakat di masa Orde Baru diikuti dengan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.Hal ini menyebabkan kurangnya kepercayaan terhadap Presiden Soeharto dan memicu aksi demo mahasiswa dan masyarakat umum. Demonstrasi semakin gencar setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar di tanggal 4 Mei 1998.</li><li>Terjadi Tragedi Trisakti yaitu tertembaknya empat mahasiswa di depan Universitas Trisakti yang semakin mendorong masyarakat menentang kebijakan pemerintah.</li><li>Tahun 1997-1998 merupakan periode Orde Baru yang menjadi masa kelam bagi rakyat Indonesia. Perekonomian yang tadinya melesat langsung mengalami penurunan disusul dengan berakhirnya rezim Orde Baru.</li><li>Setelah tiga dasawarsa lebih menjabat, Orde Baru ambruk akibat krisis ekonomi yang melanda sejak tahun 1997. Ditambah besarnya gelombang demonstrasi di berbagai daerah membuat Presiden Soeharto mundur pada 21 Mei 1998.</li></ol>

Penyebab jatuhnya Orde Baru

  1. Perekonomian Indonesia yang melaju pesat dan pembangunan infrastruktur yang merata untuk masyarakat di masa Orde Baru diikuti dengan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.Hal ini menyebabkan kurangnya kepercayaan terhadap Presiden Soeharto dan memicu aksi demo mahasiswa dan masyarakat umum. Demonstrasi semakin gencar setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar di tanggal 4 Mei 1998.
  2. Terjadi Tragedi Trisakti yaitu tertembaknya empat mahasiswa di depan Universitas Trisakti yang semakin mendorong masyarakat menentang kebijakan pemerintah.
  3. Tahun 1997-1998 merupakan periode Orde Baru yang menjadi masa kelam bagi rakyat Indonesia. Perekonomian yang tadinya melesat langsung mengalami penurunan disusul dengan berakhirnya rezim Orde Baru.
  4. Setelah tiga dasawarsa lebih menjabat, Orde Baru ambruk akibat krisis ekonomi yang melanda sejak tahun 1997. Ditambah besarnya gelombang demonstrasi di berbagai daerah membuat Presiden Soeharto mundur pada 21 Mei 1998.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada masa Orde Baru, setiap tahap pembangunan disusun menurut rencana yang telah di tetapkan (Repelita). Tiap-tiap Repelita memiliki tujuannya masing-masing. Akan tetapi, pada dasarnya tujuan Repelita yaitu untuk membangun infrastruktur Indonesia. Pada Repelita I yang mulai dilaksanakan tanggal 1 April 1969 dan berakhir pada 31 Maret 1974 pelaksanaan pembangunan lebih ditekankan pada sektor pertanian. Hal ini di karenakan ….* A. tidak membutuhkan modal yang besar B. tersedianya lahan yang cukup luas C. mayoritas rakyat Indonesia bekerja di sektor agraris D.rakyat Indonesia mayoritas hidup dibawah garis kemiskinan

14

5.0

Jawaban terverifikasi