Rani H

15 Januari 2023 15:52

Iklan

Iklan

Rani H

15 Januari 2023 15:52

Pertanyaan

Jelaskan sebab-sebab Jepang sering mengalami bencana alam.


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Suryanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Tarumanagara

08 Februari 2023 03:19

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban soal di atas adalah sebab terletak pada lempeng litosfer bumi</p><p>&nbsp;</p><p>Cermati pembahasan berikut!</p><p>Jepang dikenal sebagai negara yang sering mengalami bencana alam karena terletak di lempeng litosfer bumi. Litosfer sendiri merupakan selubung terluar Bumi, tercipta dari lempeng tektonik yang tidak bergerak atau hanya bergerak sedikit.</p><p>&nbsp;</p><p>Selain itu Jepang terletak di garis ring of fire. Ring of fire adalah jalur sepanjang Samudera Pasifik yang ditandai banyaknya gunung berapi aktif. Sebanyak 75 persen gunung berapi yang ada di Bumi terletak di ring of fire. Jumlahnya lebih dari 450 gunung berapi. Aktivitas vulkanik juga merupakan pemicu gempa bumi. Selain itu, ring of fire merupakan pertemuan dari beberapa lempeng bumi. Lempeng bumi selalu mengalami pergerakan. Ketika lempeng bumi bergerak dan bertabrakan satu sama lain, akan menyebabkan gempa bumi.</p><p>&nbsp;</p><p>Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah sebab terletak pada lempeng litosfer bumi</p>

Jawaban soal di atas adalah sebab terletak pada lempeng litosfer bumi

 

Cermati pembahasan berikut!

Jepang dikenal sebagai negara yang sering mengalami bencana alam karena terletak di lempeng litosfer bumi. Litosfer sendiri merupakan selubung terluar Bumi, tercipta dari lempeng tektonik yang tidak bergerak atau hanya bergerak sedikit.

 

Selain itu Jepang terletak di garis ring of fire. Ring of fire adalah jalur sepanjang Samudera Pasifik yang ditandai banyaknya gunung berapi aktif. Sebanyak 75 persen gunung berapi yang ada di Bumi terletak di ring of fire. Jumlahnya lebih dari 450 gunung berapi. Aktivitas vulkanik juga merupakan pemicu gempa bumi. Selain itu, ring of fire merupakan pertemuan dari beberapa lempeng bumi. Lempeng bumi selalu mengalami pergerakan. Ketika lempeng bumi bergerak dan bertabrakan satu sama lain, akan menyebabkan gempa bumi.

 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah sebab terletak pada lempeng litosfer bumi


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

faktor penurun pertumbuhan eropa

119

0.0

Lihat jawaban (1)