Fira F

24 Maret 2024 14:21

Iklan

Iklan

Fira F

24 Maret 2024 14:21

Pertanyaan

Jelaskan proses terbentuknya tanah yang merupakan hasil pelapukan batuan!

Jelaskan proses terbentuknya tanah yang merupakan hasil pelapukan batuan!


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sandrina E

24 Maret 2024 17:40

Jawaban terverifikasi

Proses pembentukan tanah diawali dari pelapukan batuan, baik dari pelapukan fisik maupun pelapukan kimia. Prosesnya dimulai ketika batuan menjadi lunak atau berubah komposisinya. Saat batuan melapuk, beberapa bahan tanah mulai muncul perlahan sampai akhirnya bahan induk tersebut berubah menjadi tanah.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

25 Maret 2024 01:10

Jawaban terverifikasi

<p>Proses pembentukan tanah diawali dari pelapukan batuan, baik pelapukan fisik, kimiawi, maupun biologis. Dari proses pelapukan ini, batuan akan menjadi lunak dan berubah komposisinya. Pada tahap ini batuan yang lapuk belum dikatakan sebagai tanah, tetapi sebagai bahan tanah (regolith) karena masih menunjukkan struktur batuan induk. Proses pelapukan terus berlangsung hingga akhirnya bahan induk tanah berubah menjadi tanah. Selain karena pelapukan, batuan dan bahan induk pembentuk tanah lainnya juga bisa hancur karena proses erosi. Erosi ini menyebabkan batuan hancur dan mengalami perpindahan tempat karena gerakan air, angin, dan lain-lain. Proses pelapukan dan erosi ini menjadi awal terbentuknya tanah.</p><p>&nbsp;</p><p>Setelah mengalami proses pelapukan dan erosi, batuan akan berubah menjadi butiran yang lebih kecil. Kemudian, butiran-butiran tanah tersebut mengendap di suatu tempat hingga membentuk lapisan tanah. Proses pembentukan tanah ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti iklim, topografi, waktu, dan lain-lain.</p>

Proses pembentukan tanah diawali dari pelapukan batuan, baik pelapukan fisik, kimiawi, maupun biologis. Dari proses pelapukan ini, batuan akan menjadi lunak dan berubah komposisinya. Pada tahap ini batuan yang lapuk belum dikatakan sebagai tanah, tetapi sebagai bahan tanah (regolith) karena masih menunjukkan struktur batuan induk. Proses pelapukan terus berlangsung hingga akhirnya bahan induk tanah berubah menjadi tanah. Selain karena pelapukan, batuan dan bahan induk pembentuk tanah lainnya juga bisa hancur karena proses erosi. Erosi ini menyebabkan batuan hancur dan mengalami perpindahan tempat karena gerakan air, angin, dan lain-lain. Proses pelapukan dan erosi ini menjadi awal terbentuknya tanah.

 

Setelah mengalami proses pelapukan dan erosi, batuan akan berubah menjadi butiran yang lebih kecil. Kemudian, butiran-butiran tanah tersebut mengendap di suatu tempat hingga membentuk lapisan tanah. Proses pembentukan tanah ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti iklim, topografi, waktu, dan lain-lain.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang anda ketahui data Center jelaskan?

3

0.0

Jawaban terverifikasi