Kusuma W

05 Januari 2023 04:44

Iklan

Iklan

Kusuma W

05 Januari 2023 04:44

Pertanyaan

Jelaskan proses terbentuknya benua dan samudra.


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Pramesti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

10 Januari 2023 07:24

Jawaban terverifikasi

<p>Jawban yang benar adalah kurang lebih 300 juta tahun yang lalu, bumi hanya memiliki satu daratan besar yang disebut Pangea. Kemudian, Pangea mengalami pergerakan/perpecahan lempengan yang membuat Pangea akhirnya terbagi menjadi benua-benua (Asia, Amerika, Eropa, Antartika, dan Australia. Samudra juga ikut terbagi seiring terpecahnya benua menjadi Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, dan Samudera Arktik</p><p>&nbsp;</p><p>Proses terbentuknya benua dan samudra berkaitan dengan Teori Apungan Benua dari Alfred Lothar Wegener.</p><p>&nbsp;</p><p>Terbentuknya benua dan samudra melalui proses yang panjang, yaitu :</p><ul><li>Kurang lebih 300 juta tahun yang lalu di Bumi hanya ada satu daratan yang begitu besar yang disebut dengan Pangea (benua Pangea).&nbsp;</li><li>Sekitar 135 juta tahun yang lalu, Pangea mengalami pergerakan lempengan yang menyebabkan Pangea terpecah menjadi dua yang dinamakan Laurasia (sebelah Utara) dan Gondwana (sebelah selatan).</li><li>Benua Laurasia terus bergerak ke arah utara menjauhi Gondwana yang sekarang menjadi benua Amerika Utara. Sementara, benua Gondwana terpecah menjadi beberapa benua, yaitu Amerika Selatan dan Afrika.</li><li>Bagian Eurasia membentuk benua Eropa dan juga Asia. Sementara pecahan yang bergerak ke arah selatan tadi ke arah selatan membentuk benua Antartika. Dan pecahan yang megarah ke timur laut membentuk benua Australia.&nbsp;</li><li>Samudera pada awalnya hanya ada satu, tetapi seiring memecahnya daratan, samudera kemudian dipecah juga menjadi 4 macam yaitu: Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, Samudera Arktik.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawaban yang benar adalah kurang lebih 300 juta tahun yang lalu, bumi hanya memiliki satu daratan besar yang disebut Pangea. Kemudian, Pangea mengalami pergerakan/perpecahan lempengan yang membuat Pangea akhirnya terbagi menjadi benua-benua (Asia, Amerika, Eropa, Antartika, dan Australia. Samudra juga ikut terbagi seiring terpecahnya benua menjadi Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, dan Samudera Arktik</p>

Jawban yang benar adalah kurang lebih 300 juta tahun yang lalu, bumi hanya memiliki satu daratan besar yang disebut Pangea. Kemudian, Pangea mengalami pergerakan/perpecahan lempengan yang membuat Pangea akhirnya terbagi menjadi benua-benua (Asia, Amerika, Eropa, Antartika, dan Australia. Samudra juga ikut terbagi seiring terpecahnya benua menjadi Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, dan Samudera Arktik

 

Proses terbentuknya benua dan samudra berkaitan dengan Teori Apungan Benua dari Alfred Lothar Wegener.

 

Terbentuknya benua dan samudra melalui proses yang panjang, yaitu :

  • Kurang lebih 300 juta tahun yang lalu di Bumi hanya ada satu daratan yang begitu besar yang disebut dengan Pangea (benua Pangea). 
  • Sekitar 135 juta tahun yang lalu, Pangea mengalami pergerakan lempengan yang menyebabkan Pangea terpecah menjadi dua yang dinamakan Laurasia (sebelah Utara) dan Gondwana (sebelah selatan).
  • Benua Laurasia terus bergerak ke arah utara menjauhi Gondwana yang sekarang menjadi benua Amerika Utara. Sementara, benua Gondwana terpecah menjadi beberapa benua, yaitu Amerika Selatan dan Afrika.
  • Bagian Eurasia membentuk benua Eropa dan juga Asia. Sementara pecahan yang bergerak ke arah selatan tadi ke arah selatan membentuk benua Antartika. Dan pecahan yang megarah ke timur laut membentuk benua Australia. 
  • Samudera pada awalnya hanya ada satu, tetapi seiring memecahnya daratan, samudera kemudian dipecah juga menjadi 4 macam yaitu: Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, Samudera Arktik.

 

Jadi, jawaban yang benar adalah kurang lebih 300 juta tahun yang lalu, bumi hanya memiliki satu daratan besar yang disebut Pangea. Kemudian, Pangea mengalami pergerakan/perpecahan lempengan yang membuat Pangea akhirnya terbagi menjadi benua-benua (Asia, Amerika, Eropa, Antartika, dan Australia. Samudra juga ikut terbagi seiring terpecahnya benua menjadi Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, dan Samudera Arktik


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengaruh urbanisasi terhadap keunggulan ekonomi negara, dan upaya positif pemerintah dalam urbanisasi?

67

0.0

Jawaban terverifikasi