SILVIA A

09 Januari 2024 10:52

Iklan

Iklan

SILVIA A

09 Januari 2024 10:52

Pertanyaan

Jelaskan proses-proses dalam siklus hidrologi di atas beserta penjelasannya !

Jelaskan proses-proses dalam siklus hidrologi di atas beserta penjelasannya !

alt

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

14 Februari 2024 02:32

Jawaban terverifikasi

<p>Siklus hidrologi adalah suatu proses alam yang melibatkan perpindahan air dari atmosfer ke permukaan bumi, kemudian ke dalam tanah, dan kembali ke atmosfer melalui berbagai mekanisme. Siklus hidrologi mencakup beberapa proses utama yang terus-menerus berlangsung di berbagai tempat di seluruh dunia. Berikut adalah proses-proses utama dalam siklus hidrologi beserta penjelasannya:</p><p><strong>Penguapan (Evaporation):</strong></p><ul><li>Penguapan adalah proses di mana air dari permukaan bumi, seperti sungai, danau, atau lautan, berubah menjadi uap air di atmosfer karena panas matahari.</li><li>Energi matahari menyediakan energi yang diperlukan untuk mengubah air menjadi uap.</li></ul><p><strong>Transpirasi:</strong></p><ul><li>Transpirasi terjadi ketika tanaman menyerap air dari tanah melalui akar dan mengeluarkannya melalui stomata (pori-pori) di daun dalam bentuk uap air.</li><li>Ini adalah proses alami yang membantu pendinginan tanaman dan memasok air ke atmosfer.</li></ul><p><strong>Konveksi:</strong></p><ul><li>Proses konveksi terjadi ketika uap air naik ke atmosfer karena panas matahari, membentuk awan di atmosfer.</li><li>Awalnya, uap air yang terangkat menjadi dingin dan mengembun membentuk awan.</li></ul><p><strong>Pembentukan Awan (Condensation):</strong></p><ul><li>Pada tahap ini, uap air yang terangkat dalam konveksi mengalami pendinginan dan mengembun membentuk tetesan air atau kristal es, membentuk awan.</li><li>Awannya kemudian dapat berkumpul dan berkondensasi lebih lanjut menjadi partikel air yang lebih besar.</li></ul><p><strong>Presipitasi:</strong></p><ul><li>Presipitasi adalah turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dalam bentuk hujan, salju, hujan es, atau embun beku.</li><li>Ini adalah fase di mana air kembali ke permukaan bumi.</li></ul><p><strong>Infiltrasi:</strong></p><ul><li>Infiltrasi adalah pergerakan air dari permukaan ke dalam tanah melalui pori-pori tanah dan batuan.</li><li>Air hujan atau air permukaan yang meresap ke dalam tanah dapat menjadi sumber air tanah.</li></ul><p><strong>Aliran Permukaan:</strong></p><ul><li>Aliran permukaan terjadi ketika air mengalir di atas permukaan tanah menuju sungai, danau, atau lautan.</li><li>Ini terjadi ketika curah hujan atau air tumpahan melebihi kapasitas infiltasi tanah.</li></ul><p><strong>Limbaung (Sublimation) dan Transpirasi Tanaman:</strong></p><ul><li>Selain penguapan dan transpirasi, terdapat juga proses sublimasi, di mana es langsung berubah menjadi uap tanpa melalui fase cair, dan transpirasi tanaman sebagai bagian dari siklus hidrologi.</li></ul>

Siklus hidrologi adalah suatu proses alam yang melibatkan perpindahan air dari atmosfer ke permukaan bumi, kemudian ke dalam tanah, dan kembali ke atmosfer melalui berbagai mekanisme. Siklus hidrologi mencakup beberapa proses utama yang terus-menerus berlangsung di berbagai tempat di seluruh dunia. Berikut adalah proses-proses utama dalam siklus hidrologi beserta penjelasannya:

Penguapan (Evaporation):

  • Penguapan adalah proses di mana air dari permukaan bumi, seperti sungai, danau, atau lautan, berubah menjadi uap air di atmosfer karena panas matahari.
  • Energi matahari menyediakan energi yang diperlukan untuk mengubah air menjadi uap.

Transpirasi:

  • Transpirasi terjadi ketika tanaman menyerap air dari tanah melalui akar dan mengeluarkannya melalui stomata (pori-pori) di daun dalam bentuk uap air.
  • Ini adalah proses alami yang membantu pendinginan tanaman dan memasok air ke atmosfer.

Konveksi:

  • Proses konveksi terjadi ketika uap air naik ke atmosfer karena panas matahari, membentuk awan di atmosfer.
  • Awalnya, uap air yang terangkat menjadi dingin dan mengembun membentuk awan.

Pembentukan Awan (Condensation):

  • Pada tahap ini, uap air yang terangkat dalam konveksi mengalami pendinginan dan mengembun membentuk tetesan air atau kristal es, membentuk awan.
  • Awannya kemudian dapat berkumpul dan berkondensasi lebih lanjut menjadi partikel air yang lebih besar.

Presipitasi:

  • Presipitasi adalah turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dalam bentuk hujan, salju, hujan es, atau embun beku.
  • Ini adalah fase di mana air kembali ke permukaan bumi.

Infiltrasi:

  • Infiltrasi adalah pergerakan air dari permukaan ke dalam tanah melalui pori-pori tanah dan batuan.
  • Air hujan atau air permukaan yang meresap ke dalam tanah dapat menjadi sumber air tanah.

Aliran Permukaan:

  • Aliran permukaan terjadi ketika air mengalir di atas permukaan tanah menuju sungai, danau, atau lautan.
  • Ini terjadi ketika curah hujan atau air tumpahan melebihi kapasitas infiltasi tanah.

Limbaung (Sublimation) dan Transpirasi Tanaman:

  • Selain penguapan dan transpirasi, terdapat juga proses sublimasi, di mana es langsung berubah menjadi uap tanpa melalui fase cair, dan transpirasi tanaman sebagai bagian dari siklus hidrologi.

SILVIA A

15 Februari 2024 12:57

Terima kasih kak

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

15 Februari 2024 12:20

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan topik siklus hidrologi atau daur air. Siklus hidrologi adalah proses berkelanjutan dimana air bergerak di bawah, di atas, dan di atas permukaan bumi. Proses ini melibatkan beberapa tahapan, yaitu: penguapan, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi. Penjelasan: 1. Penguapan: Proses ini terjadi ketika air di permukaan bumi (seperti di lautan, danau, atau sungai) berubah menjadi uap air karena panas matahari. Uap air ini kemudian naik ke atmosfer. 2. Kondensasi: Ketika uap air naik ke atmosfer dan bertemu dengan udara yang dingin, uap air tersebut akan berubah menjadi titik-titik air atau es, membentuk awan atau kabut. 3. Presipitasi: Jika titik-titik air atau es dalam awan menjadi cukup berat, mereka akan jatuh ke permukaan bumi dalam bentuk hujan, salju, atau jenis presipitasi lainnya. 4. Infiltrasi: Setelah air mencapai permukaan bumi, beberapa akan meresap ke dalam tanah, proses ini disebut infiltrasi. Air yang meresap ini bisa menjadi bagian dari aliran bawah tanah atau bisa juga digunakan oleh tumbuhan. Kesimpulan: Siklus hidrologi adalah proses berkelanjutan dimana air bergerak di bawah, di atas, dan di atas permukaan bumi. Proses ini melibatkan penguapan, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami siklus hidrologi dengan lebih baik 🙂.


SILVIA A

15 Februari 2024 12:57

Terima kasih

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan mengenai proses pembentukan tanah melalui pelapukan!

7

0.0

Jawaban terverifikasi