Caeris T

21 Agustus 2023 12:54

Iklan

Iklan

Caeris T

21 Agustus 2023 12:54

Pertanyaan

jelaskan proses pemisahan campuran dengan cara atau metode kromatografi!


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 12:59

Jawaban terverifikasi

Kromatografi adalah metode pemisahan campuran berdasarkan perbedaan afinitas atau kecepatan pergerakan komponen-komponen dalam fase diam (stationary phase) dan fase bergerak (mobile phase). Metode ini digunakan secara luas dalam berbagai bidang, termasuk kimia, biologi, kedokteran, dan industri farmasi. Proses pemisahan dalam kromatografi dimulai dengan menempatkan campuran yang akan dipisahkan pada fase diam, yang dapat berupa lembaran kertas, kolom berisi bahan terasiminasi, gel, atau lebih sering digunakan saat ini adalah fase diam dalam bentuk sel silica gel pada penyaring pipa kecil atau kolom. Fase bergerak kemudian dilewatkan melalui fase diam atau ditambahkan pada fase diam secara bertahap. Selama pergerakan, komponen dalam campuran akan berinteraksi dengan fase diam dan fase bergerak. Berdasarkan perbedaan sifat-sifat interaksi ini, komponen-komponen dalam campuran akan memiliki kecepatan pergerakan yang berbeda. Komponen yang lebih afinitas dengan fase bergerak akan bergerak lebih cepat, sedangkan komponen yang lebih afinitas dengan fase diam akan bergerak lebih lambat. Seiring pergerakan fase bergerak, komponen-komponen yang dipisahkan secara bertahap akan memisahkan dan membentuk "pita" atau "spot" yang berbeda. Setelah proses kromatografi selesai, pita tersebut dapat diidentifikasi dan diambil untuk analisis lebih lanjut. Pada praktiknya, ada beberapa metode kromatografi yang umum digunakan. Beberapa di antaranya termasuk kromatografi kertas, kromatografi kolom, kromatografi lapis tipis, kromatografi cair kinerja tinggi (HPLC), dan kromatografi gas. Kromatografi merupakan metode yang sangat berguna dalam menganalisis dan memisahkan campuran kompleks, karena memungkinkan pemisahan komponen-komponen secara selektif berdasarkan sifat-sifat yang berbeda. Metode ini memiliki berbagai aplikasi, mulai dari analisis zat-zat kimia dalam laboratorium hingga aplikasi dalam identifikasi substansi terlarang atau obat-obatan dalam bidang forensik.


Iklan

Iklan

Lucy A

Community

22 Agustus 2023 08:35

<p>merupakan metode pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel yang bercampur dalam suatu medium diam ketika dialiri suatu medium gerak.Pemisahan campuran dengan cara kromatografi pada umumnya digunakan untuk mengidentifikasi suatu zat yang berada dalam suatu campuran. Prinsip kerjanya didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel zat yang bercampur dalam suatu medium diam ketika dialiri suatu medium gerak.&nbsp;Contoh untuk mengidentifikasi kandungan zat tertentu dalam suatu bahan makanan, mengidentifikasi hasil pertanian yang tercemar oleh pestisida, dan masih banyak lagi penggunaan pemisahan campuran dalam kehidupan seharihari dengan menggunakan cara kromatografi. Jenis kromatografi yang paling banyak digunakan adalah kromatografi kertas. Jenis kromatografi lain adalah kromatografi lapis tipis dan kromatografi gas.</p><p>Pemisahan campuran dengan cara <strong>distilasi (penyulingan)</strong> banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan industri. Pemisahan campuran dengan cara penyulingan digunakan untuk memisahkan suatu zat cair dari campurannya. Prinsip kerjanya didasarkan pada perbedaan titik didih dari zat cair yang bercampur, sehingga saat menguap setiap zat akan terpisah.&nbsp;Dalam dunia industri, prinsip ini digunakan pada penyulingan minyak bumi. Minyak bumi terdiri atas atau terbagi atas berbagai macam komponen minyak bumi yang berbeda titik didihnya.</p>

merupakan metode pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel yang bercampur dalam suatu medium diam ketika dialiri suatu medium gerak.Pemisahan campuran dengan cara kromatografi pada umumnya digunakan untuk mengidentifikasi suatu zat yang berada dalam suatu campuran. Prinsip kerjanya didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel zat yang bercampur dalam suatu medium diam ketika dialiri suatu medium gerak. Contoh untuk mengidentifikasi kandungan zat tertentu dalam suatu bahan makanan, mengidentifikasi hasil pertanian yang tercemar oleh pestisida, dan masih banyak lagi penggunaan pemisahan campuran dalam kehidupan seharihari dengan menggunakan cara kromatografi. Jenis kromatografi yang paling banyak digunakan adalah kromatografi kertas. Jenis kromatografi lain adalah kromatografi lapis tipis dan kromatografi gas.

Pemisahan campuran dengan cara distilasi (penyulingan) banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan industri. Pemisahan campuran dengan cara penyulingan digunakan untuk memisahkan suatu zat cair dari campurannya. Prinsip kerjanya didasarkan pada perbedaan titik didih dari zat cair yang bercampur, sehingga saat menguap setiap zat akan terpisah. Dalam dunia industri, prinsip ini digunakan pada penyulingan minyak bumi. Minyak bumi terdiri atas atau terbagi atas berbagai macam komponen minyak bumi yang berbeda titik didihnya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tuliskan persamaan reaksi yang terjadi bila: C2H5OH + PCl5

211

0.0

Jawaban terverifikasi