''.Nau.Rah.'' '

16 Juli 2023 01:52

Iklan

''.Nau.Rah.'' '

16 Juli 2023 01:52

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan Cangkok Setek Dan enten

Jelaskan perbedaan

Cangkok

Setek

Dan enten

 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

01

:

47

:

38

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Dewii D

16 Juli 2023 03:45

Jawaban terverifikasi

Perkembangbiakan cangkok harus melalui tahap pengupasan, pelapisan, pembalutan, sedangkan stek hanya perlu memotong dahan atau ranting dan bisa langsung ditanam. Nah, itulah perbedaan perkembangbiakan cangkok dan stek tumbuhan. Dan enten adalah menempelkan tampang pada pohon lain untuk memperoleh buah yang baik dan banyak.


Iklan

Maharani M

17 Juli 2023 07:12

Jawaban terverifikasi

<p>1) Mencangkok adalah cara perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan dengan <strong>menumbuhkan akar pada cabang atau batang tanaman</strong>. Cara melakukan cangkok ini cukup mudah yakni dengan menguliti bagian batang yang berkambium lalu menempelkan tanah yang dibungkus menggunakan serabut kelapa atau plastik.</p><p>2)Setek atau stek adalah <strong>metode perbanyakan tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman (akar, daun, batang)</strong>. Setiap bagian tubuh tanaman memiliki sifat totipotensi, dimana satu sel dapat membelah menjadi sel lain. Sehingga meski Streptocarpus ditumbuhkan dari potongan daun, sel akar dan batang dapat terbentuk.</p><p>3)Menyambung (enten)</p><p>Menyambung adalah <strong>cara mengembangbiakan tanaman dengan cara menyambungkan bagian pucuk dahan/ pohon ke dahan yang lain tanaman yang sejenis</strong>. Tumbuhan yang dapat disambung, antara lain kopi, ubi, karet, jambu, durian, dan sebagainya.</p>

1) Mencangkok adalah cara perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan dengan menumbuhkan akar pada cabang atau batang tanaman. Cara melakukan cangkok ini cukup mudah yakni dengan menguliti bagian batang yang berkambium lalu menempelkan tanah yang dibungkus menggunakan serabut kelapa atau plastik.

2)Setek atau stek adalah metode perbanyakan tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman (akar, daun, batang). Setiap bagian tubuh tanaman memiliki sifat totipotensi, dimana satu sel dapat membelah menjadi sel lain. Sehingga meski Streptocarpus ditumbuhkan dari potongan daun, sel akar dan batang dapat terbentuk.

3)Menyambung (enten)

Menyambung adalah cara mengembangbiakan tanaman dengan cara menyambungkan bagian pucuk dahan/ pohon ke dahan yang lain tanaman yang sejenis. Tumbuhan yang dapat disambung, antara lain kopi, ubi, karet, jambu, durian, dan sebagainya.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan