Hilarius S

27 September 2020 12:30

Iklan

Iklan

Hilarius S

27 September 2020 12:30

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan?


16

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Delfia F

27 September 2020 13:56

Jawaban terverifikasi

Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya tinggi, volume, atau massa tubuh pada makhluk hidup yang bersifat kuantitatif (bisa diukur dan dihitung dengan angka). Pertumbuhan ini bisa dilihat dengan melihat tampilan fisik makhluk hidup tersebut. Pertumbuhan punya waktu yang terbatas atau jangka pendek. Biasanya, waktu tersebut dipengaruhi oleh usia atau kemampuan objek tersebut buat bisa tumbuh. Perkembangan merupakan sebuah proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif (gak bisa dituliskan dengan angka). Perkembangan merupakan suatu proses differensiasi, organogenesis, dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan lebih dewasa.


Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

18 Maret 2022 16:50

Jawaban terverifikasi

Halo Hilarius, kakak bantu jawab yaa :) Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran pada suatu makhluk hidup. Oleh sebab itu, pertumbuhan pada suatu makhluk hidup dapat terukur secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan angka. Pertumbuhan dapat terjadi pada beberapa komponen, antara lain tinggi, berat, panjang, dan bentuk tubuh. Pertumbuhan bersifat tetap dan irreversible, artinya perubahan yang telah terjadi tidak dapat kembali ke kondisi semula. Contoh peristiwa pertumbuhan, antara lain penambahan tinggi dan bobot dari suatu makhluk hidup. Perkembangan dapat diartikan sebagai proses perubahan yang menyertai pertumbuhan. Perubahan tersebut meliputi perubahan bentuk dan tingkat kematangan makhluk hidup. Secara sederhana, perkembangan merupakan proses perubahan menjadi dewasa. Dalam proses tersebut, terjadi diferensiasi sel (perubahan struktur dan fungsi sel), histogenesis (pembentukan jaringan), organogenesis (pembentukan organ), dan gametogenesis (pembentukan sel-sel kelamin). Berbeda dari pertumbuhan, perkembangan merupakan suatu konsep kualitatif. Semoga membantu ya!


Delfia F

27 September 2020 13:57

Pertumbuhan bisa dari segi fisik melalui pengelihatan luar. Contohnya: Melihat seseorang yang bertambang tinggi badannya. Sedangkan, Perkembangan cuma bisa diidentifikasi secara fisiologis dari kenampakan dalam. Contohnya: Mengukur tingkat perkembangan dari pikiran seseorang.


Fidelya K

06 Maret 2023 10:59

Beri contoh penamaan ilmiah pada tumbuhan Padi


Fitri H

06 Agustus 2023 07:21

jelaskan perbedaan pertumbuhan dengan perkembangan pada makhluk hidup


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mengapa pada pembelahan meiosis terjadi 2 kali pembelahan?

6

0.0

Jawaban terverifikasi