Josua C

05 September 2023 08:03

Iklan

Iklan

Josua C

05 September 2023 08:03

Pertanyaan

jelaskan perbedaan antara autosom dan gonosom

jelaskan perbedaan antara autosom dan gonosom


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Silver

05 September 2023 08:38

Jawaban terverifikasi

Perbedaan antara autosom dan gonosom adalah sebagai berikut: 1. **Autosom**: - Autosom adalah kromosom yang tidak terlibat dalam menentukan jenis kelamin organisme (kelamin). - Pada manusia, ada 22 pasang autosom dalam genom. - Alel-alel pada autosom biasanya mengontrol sifat-sifat yang tidak berkaitan dengan jenis kelamin, seperti sifat fisik dan karakteristik tubuh lainnya. - Keturunan alel pada autosom mengikuti pola pewarisan genetik Mendel yang klasik (pewarisan resesif, dominan, dsb.). - Pada manusia, alel-alel autosom ada dalam pasangan homolog, yang berarti kita memiliki dua salinan dari setiap autosom (satu dari ibu dan satu dari ayah). 2. **Gonosom** (Jenis Kelamin): - Gonosom adalah kromosom yang terlibat dalam menentukan jenis kelamin organisme. - Pada manusia, ada dua jenis gonosom, yaitu X dan Y. Pria memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y (XY), sedangkan wanita memiliki dua kromosom X (XX). - Alel-alel pada gonosom mengontrol karakteristik yang berkaitan dengan jenis kelamin dan pewarisan sifat-sifat ini mengikuti pola yang berbeda dari pewarisan genetik Mendel. Contohnya, alel yang menyebabkan pewarisan warna mata pada manusia terletak pada kromosom X (gonosom X-linked). - Pewarisan jenis kelamin juga berbeda karena hanya pria yang dapat mewariskan kromosom Y kepada keturunan mereka, menentukan jenis kelamin anak laki-laki. Jadi, perbedaan utama antara autosom dan gonosom adalah peran mereka dalam menentukan jenis kelamin dan karakteristik tertentu dalam organisme serta cara pewarisan genetik yang berbeda.


Iklan

Iklan

Vincent M

Gold

05 September 2023 09:20

Jawaban terverifikasi

<p>Autosom merupakan <strong>kromosom tubuh dan tidak menentukan jenis kelamin</strong>. Autosom ini mempunyai bentuk pasangan antara jantan dan betina, dan memiliki jumlah n – 1 atau 2n – 2 dengan sifatnya diploid. Autosom biasanya disimbolkan dengan A.</p><p><strong>Autosom</strong> (kromosom somatis), berjumlah 22 pasang (44 buah) dan tidak berhubungan dengan penentuan jenis ke lamin.</p><p>autosom berfungsi mengatur pewarisan semua karakteristik organisme kecuali yang terpaut sek s.</p><p>Kromosom autosom terletak di <strong>semua bagian sel individu baik sel tubuh maupun sel germ</strong>. Kromosom gonosom terletak di semua bagian sel individu baik sel tubuh maupun sel germ. Kromosom autosom terletak di semua bagian sel tubuh individu.</p><p>&nbsp;</p><p>Gonosom&nbsp;</p><p>Gonosom merupakan <strong>kromosom sek s yang dapat menentukan jenis kelamin</strong> . Gonosom ini mempunyai bentuk pasangan tidak sama antara jantan dan betina, berupa kromosom se x X yang panjang (haploid) dan kromosom se x Y (haploid) yang lebih pendek, jumlahnya hanya sepasang.</p><p><strong>Gonosom memiliki 1 pasang</strong> kromosom sek s.</p><p>Kromosom gonosom terletak di <strong>semua bagian sel individu baik sel tubuh maupun sel germ</strong>. Kromosom autosom terletak di semua bagian sel tubuh individu.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Autosom merupakan kromosom tubuh dan tidak menentukan jenis kelamin. Autosom ini mempunyai bentuk pasangan antara jantan dan betina, dan memiliki jumlah n – 1 atau 2n – 2 dengan sifatnya diploid. Autosom biasanya disimbolkan dengan A.

Autosom (kromosom somatis), berjumlah 22 pasang (44 buah) dan tidak berhubungan dengan penentuan jenis ke lamin.

autosom berfungsi mengatur pewarisan semua karakteristik organisme kecuali yang terpaut sek s.

Kromosom autosom terletak di semua bagian sel individu baik sel tubuh maupun sel germ. Kromosom gonosom terletak di semua bagian sel individu baik sel tubuh maupun sel germ. Kromosom autosom terletak di semua bagian sel tubuh individu.

 

Gonosom 

Gonosom merupakan kromosom sek s yang dapat menentukan jenis kelamin . Gonosom ini mempunyai bentuk pasangan tidak sama antara jantan dan betina, berupa kromosom se x X yang panjang (haploid) dan kromosom se x Y (haploid) yang lebih pendek, jumlahnya hanya sepasang.

Gonosom memiliki 1 pasang kromosom sek s.

Kromosom gonosom terletak di semua bagian sel individu baik sel tubuh maupun sel germ. Kromosom autosom terletak di semua bagian sel tubuh individu.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa itu mendung

14

0.0

Jawaban terverifikasi

batik yang memiliki ciri khas corak pesisir adalah batik dari...... a.solo b.bali c.Pekalongan d.cirebon plissss dijawab😥😥😥😟😟😟😥😥😥😟😟😥😥😟😟😥😥😟

24

5.0

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan