Muhammad N

13 November 2020 06:09

Iklan

Iklan

Muhammad N

13 November 2020 06:09

Pertanyaan

Jelaskan penyimpangan politik luar negeri demokrasi terpimpin


30

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Anisa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

25 Januari 2022 11:47

Jawaban terverifikasi

Hai Muhammad N, Kakak bantu jawab ya. Terdapat beberapa penyimpangan politik luar negri yang menyimpang dari politik bebas dan aktif pada masa demokrasi terpimpin. Untuk lebih jelasnya yuk pahami penjelasan berikut. Beberapa penyimpangan politik luar negeri pada masa demokrasi terpimpin diantaranya: 1. Indonesia membagi kekuatan politik dunia menjadi dua. a) Nefo (New Emerging Forces), yaitu negara-negara baru penentang imperialisme dan kapitalisme. b) Oldefo (Old Established Forces), yaitu negara-negara Barat yang menganut imperialisme dan kapitalisme. 2. Membentuk poros Jakarta-Peking. Maksud poros ini adalah Indonesia menjalin persahabatan yang erat dengan Republik Rakyat China, padahal pada waktu itu RRC merupakan blok komunis. 3. Indonesia melaksanakan Politik Mercusuar Politik mercusuar adalah politik yang mengagungkan kemegahan Indonesia di mata dunia luar, seperti: a) Pembangunan Stadion Senayan Jakarta. b) Penyelenggaraan pesta olahraga negara-negara Nefo di Jakarta yang disebut Ganefo. 4. Indonesia Keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa Penyebab utama Indonesia keluar dari PBB adalah diterimanya Malaysia sebagai anggota Dewan Keamanan (DK) tidak tetap PBB. 5. Konfrontasi dengan Malaysia Presiden Soekarno menganggap bahwa Federasi Malaysia merupakan proyek Neo Kolonialisme Imperialisme (Nekolim) Inggris yang sangat membahayakan revolusi Indonesia. Semoga membantu ya..


Iklan

Iklan

Wauran W

15 November 2020 05:33

Saat itu pemerintah lebih condong ke Timur yang berpaham komunis, sedangkan Indonesia menerapkan politik bebas aktif yang artinya tidak memihak siapapun (Blok Barat ataupun Blok Timur)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

isi dari setiap pasal dalam uud ri 1945 hasil amandemen terakhir yang mengatur dan menjamin tentang hak dan kewajiban warganegara Indonesia

3

0.0

Jawaban terverifikasi