Im N

17 Mei 2024 10:35

Iklan

Iklan

Im N

17 Mei 2024 10:35

Pertanyaan

Jelaskan pengaruh kebijakan Raffles terhadap kehidupan masyarakat Indonesia min. 3

Jelaskan pengaruh kebijakan Raffles terhadap kehidupan masyarakat Indonesia min. 3

 


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Alki A

18 Mei 2024 08:10

Jawaban terverifikasi

Pengaruh kebijakan Raffles terhadap masyarakat Indonesia antara lain: 1. Bidang sosial Raffles menghapuskan perbudakan dan perjudian untuk menjaga ketertiban masyarakat. 2. Bidang politik dan pemerintahan Raffles membagi Jawa menjadi 18 karesidenan, mengubah sistem pemerintahan feodal menjadi kolonial bercorak barat, dan mengubah penguasa pribumi (bupati) menjadi pegawai pemerintahan kolonial. 3. Bidang ekonomi Raffles menghapus pajak hasil bumi, menetapkan sistem sewa tanah, menghapus sistem tanam paksa dan kerja rodi, dan memberikan kebebasan kepada pribumi untuk menanam. 4. Bidang ilmu pengetahuan Raffles menulis buku History of Java, mendirikan Kebun Raya Bogor, dan mendukung Bataviaach Genootschap, sebuah perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

20 Mei 2024 03:53

Jawaban terverifikasi

Kebijakan Raffles memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kolonial Belanda. Berikut adalah beberapa pengaruh kebijakan Raffles terhadap kehidupan masyarakat Indonesia: 1. **Pengenalan Sistem Tanam Paksa**: Salah satu dampak utama dari kebijakan Raffles adalah pengenalan sistem tanam paksa di Hindia Belanda. Sistem ini mengharuskan petani pribumi untuk menanam tanaman komoditas tertentu seperti kopi, tebu, dan nila untuk diekspor kepada pemerintah kolonial. Hal ini menyebabkan eksploitasi tenaga kerja lokal dan penindasan terhadap petani pribumi. 2. **Perubahan Struktur Pemerintahan**: Kebijakan administratif yang diperkenalkan oleh Raffles juga membawa perubahan dalam struktur pemerintahan di wilayah jajahan Belanda di Indonesia. Pusat-pusat administratif baru didirikan dengan sistem birokrasi yang lebih terpusat, memperkuat kontrol kolonial atas daerah-daerah tersebut. 3. **Modernisasi Pendidikan**: Di bawah kepemimpinan Raffles, pendidikan formal mulai dikembangkan di Hindia Belanda dengan mendirikan sekolah-sekolah Eropa dan institusi pendidikan Barat lainnya. Meskipun tujuannya adalah meningkatkan literasi dan pengetahuan masyarakat setempat, namun pendidikan tersebut cenderung mengarah pada asimilasi budaya Barat dan mereduksi nilai-nilai tradisional lokal. Dengan demikian, kebijakan-kebijakan yang diperkenalkan oleh Thomas Stamford Raffles selama masa kepemimpinannya memiliki dampak besar bagi kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya masyarakat Indonesia pada saat itu serta memberi kontribusi penting dalam pembentukan sejarah bangsa Indonesia secara keseluruhan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kerusuhan 1998 dipicu karena ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah masa itu.Akibatnya dari kerusuhan, terjadi kekerasan dan pembakaran terjadi di beberapa wilayah Indonesia. b. Konflik sampit merupakan konflik yang terjadi di Kalimantan Tengah pada tahun 2001. Konflik ini merupakan konflik antara suku Dayak dan suku Madura. Konflik ini dipicu oleh perkelahian antara dua suku. Dari cerita diatas maka factor penyebab terjadinya konflik sosial adalah karena?

3

0.0

Jawaban terverifikasi