Naila C

14 Februari 2024 16:30

Iklan

Iklan

Naila C

14 Februari 2024 16:30

Pertanyaan

Jelaskan pembagian iklim sedang dikaitkan dengan gerak semu tahunan matahari

Jelaskan pembagian iklim sedang dikaitkan dengan gerak semu tahunan matahari


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

16 Februari 2024 23:15

Jawaban terverifikasi

<p>Pembagian iklim sedang dikaitkan dengan gerak semu tahunan matahari karena iklim suatu wilayah dipengaruhi oleh intensitas sinar matahari yang diterimanya sepanjang tahun. Gerak semu tahunan matahari, yang mencakup musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin, memainkan peran kunci dalam penentuan iklim suatu daerah.</p><p><strong>Musim Semi (Vernal Equinox):</strong></p><ul><li>Terjadi ketika Matahari berada tepat di atas garis ekuator.</li><li>Hari dan malam memiliki durasi yang sama di seluruh dunia.</li><li>Ini menandai awal musim semi dan pembagian antara belahan utara dan selatan terlihat sama.</li></ul><p><strong>Musim Panas (Summer Solstice):</strong></p><ul><li>Terjadi ketika Matahari mencapai titik tertinggi di atas garis ekuator.</li><li>Di belahan utara, ini terjadi pada pertengahan tahun (biasanya 21 Juni), menandai awal musim panas di sana.</li><li>Di belahan selatan, ini menandai awal musim dingin.</li></ul><p><strong>Musim Gugur (Autumnal Equinox):</strong></p><ul><li>Terjadi ketika Matahari kembali berada tepat di atas garis ekuator.</li><li>Hari dan malam memiliki durasi yang sama di seluruh dunia.</li><li>Ini menandai awal musim gugur di belahan utara dan awal musim semi di belahan selatan.</li></ul><p><strong>Musim Dingin (Winter Solstice):</strong></p><ul><li>Terjadi ketika Matahari mencapai titik terendah di atas garis ekuator.</li><li>Di belahan utara, ini terjadi pada pertengahan tahun (biasanya 21 Desember), menandai awal musim dingin di sana.</li><li>Di belahan selatan, ini menandai awal musim panas.</li></ul>

Pembagian iklim sedang dikaitkan dengan gerak semu tahunan matahari karena iklim suatu wilayah dipengaruhi oleh intensitas sinar matahari yang diterimanya sepanjang tahun. Gerak semu tahunan matahari, yang mencakup musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin, memainkan peran kunci dalam penentuan iklim suatu daerah.

Musim Semi (Vernal Equinox):

  • Terjadi ketika Matahari berada tepat di atas garis ekuator.
  • Hari dan malam memiliki durasi yang sama di seluruh dunia.
  • Ini menandai awal musim semi dan pembagian antara belahan utara dan selatan terlihat sama.

Musim Panas (Summer Solstice):

  • Terjadi ketika Matahari mencapai titik tertinggi di atas garis ekuator.
  • Di belahan utara, ini terjadi pada pertengahan tahun (biasanya 21 Juni), menandai awal musim panas di sana.
  • Di belahan selatan, ini menandai awal musim dingin.

Musim Gugur (Autumnal Equinox):

  • Terjadi ketika Matahari kembali berada tepat di atas garis ekuator.
  • Hari dan malam memiliki durasi yang sama di seluruh dunia.
  • Ini menandai awal musim gugur di belahan utara dan awal musim semi di belahan selatan.

Musim Dingin (Winter Solstice):

  • Terjadi ketika Matahari mencapai titik terendah di atas garis ekuator.
  • Di belahan utara, ini terjadi pada pertengahan tahun (biasanya 21 Desember), menandai awal musim dingin di sana.
  • Di belahan selatan, ini menandai awal musim panas.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 01:25

<p>Pembagian iklim sedang dikaitkan dengan gerak semu tahunan matahari karena letak geografis dan posisi relatif bumi terhadap matahari memengaruhi distribusi energi matahari di permukaan bumi. Gerak semu tahunan matahari, seperti rotasi bumi pada sumbunya dan revolusi bumi mengelilingi matahari, menyebabkan perubahan dalam intensitas dan distribusi cahaya matahari yang diterima oleh berbagai wilayah di permukaan bumi.</p><p>Iklim sedang, yang umumnya ditemukan di daerah berada pada garis lintang antara 23,5° hingga 66,5° utara dan selatan, memperlihatkan perubahan musiman yang disebabkan oleh gerak semu tahunan matahari. Ini terjadi karena sumbu bumi yang miring relatif terhadap bidang orbitnya sepanjang tahun. Beberapa karakteristik pembagian iklim sedang yang dikaitkan dengan gerak semu tahunan matahari meliputi:</p><p><strong>Perubahan Musim:</strong> Gerak semu tahunan matahari menyebabkan perubahan musim di wilayah-wilayah dengan iklim sedang. Ini terjadi karena selama revolusi bumi mengelilingi matahari, cahaya matahari jatuh dengan sudut yang berbeda tergantung pada waktu tahunnya, sehingga menghasilkan perbedaan musim.</p><p><strong>Panjang Hari:</strong> Gerak semu tahunan matahari juga memengaruhi panjang hari di berbagai belahan bumi. Pada musim panas, ketika salah satu belahan bumi condong ke arah matahari, hari menjadi lebih panjang, sedangkan pada musim dingin, hari menjadi lebih pendek.</p><p><strong>Intensitas Sinar Matahari:</strong> Distribusi sinar matahari yang lebih intens pada daerah yang menerima sinar matahari secara langsung (daerah tropis) dibandingkan dengan daerah yang menerima sinar matahari secara miring (daerah sedang) juga merupakan hasil dari gerak semu tahunan matahari.</p><p><br>&nbsp;</p>

Pembagian iklim sedang dikaitkan dengan gerak semu tahunan matahari karena letak geografis dan posisi relatif bumi terhadap matahari memengaruhi distribusi energi matahari di permukaan bumi. Gerak semu tahunan matahari, seperti rotasi bumi pada sumbunya dan revolusi bumi mengelilingi matahari, menyebabkan perubahan dalam intensitas dan distribusi cahaya matahari yang diterima oleh berbagai wilayah di permukaan bumi.

Iklim sedang, yang umumnya ditemukan di daerah berada pada garis lintang antara 23,5° hingga 66,5° utara dan selatan, memperlihatkan perubahan musiman yang disebabkan oleh gerak semu tahunan matahari. Ini terjadi karena sumbu bumi yang miring relatif terhadap bidang orbitnya sepanjang tahun. Beberapa karakteristik pembagian iklim sedang yang dikaitkan dengan gerak semu tahunan matahari meliputi:

Perubahan Musim: Gerak semu tahunan matahari menyebabkan perubahan musim di wilayah-wilayah dengan iklim sedang. Ini terjadi karena selama revolusi bumi mengelilingi matahari, cahaya matahari jatuh dengan sudut yang berbeda tergantung pada waktu tahunnya, sehingga menghasilkan perbedaan musim.

Panjang Hari: Gerak semu tahunan matahari juga memengaruhi panjang hari di berbagai belahan bumi. Pada musim panas, ketika salah satu belahan bumi condong ke arah matahari, hari menjadi lebih panjang, sedangkan pada musim dingin, hari menjadi lebih pendek.

Intensitas Sinar Matahari: Distribusi sinar matahari yang lebih intens pada daerah yang menerima sinar matahari secara langsung (daerah tropis) dibandingkan dengan daerah yang menerima sinar matahari secara miring (daerah sedang) juga merupakan hasil dari gerak semu tahunan matahari.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

derajat polinomial P(x) hasil dan sisa dari : P(x) = x⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠ 4 -4x³+3x²-7x+2 dibagi dengan x²-3x+1. gunakan metode horner dan pembagian bersusun

21

5.0

Jawaban terverifikasi