Dhewi C

27 Maret 2024 02:05

Iklan

Iklan

Dhewi C

27 Maret 2024 02:05

Pertanyaan

jelaskan pemanfaatan cuaca dan iklim bagi nelayan!!! Tolong butuh cepat

jelaskan pemanfaatan cuaca dan iklim bagi nelayan!!!

 

Tolong butuh cepat


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:15

Jawaban terverifikasi

<p>Pemanfaatan cuaca dan iklim sangat penting bagi nelayan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penangkapan ikan serta keselamatan mereka di laut. Berikut adalah beberapa cara di mana nelayan memanfaatkan cuaca dan iklim:</p><p>Prediksi Cuaca: Nelayan memantau perkiraan cuaca secara teratur untuk mempersiapkan diri terhadap kondisi cuaca yang buruk, seperti badai atau angin kencang. Informasi cuaca ini membantu mereka menentukan kapan waktu yang tepat untuk melaut, serta kapan harus tinggal di pelabuhan untuk menghindari kondisi yang berbahaya.</p><p>Musim dan Siklus Iklim: Nelayan memahami pola musim dan siklus iklim yang berdampak pada pergerakan ikan dan produktivitas laut. Mereka akan menyesuaikan strategi penangkapan mereka dengan musim yang berubah-ubah, seperti musim mangsa ikan tertentu atau musim migrasi ikan tertentu.</p><p>Penggunaan Alat Bantu Navigasi: Nelayan menggunakan alat bantu navigasi, seperti GPS dan radar, untuk membantu mereka menavigasi lautan dengan lebih akurat. Hal ini membantu mereka menemukan lokasi penangkapan ikan yang lebih baik dan meningkatkan efisiensi operasi penangkapan.</p><p>Pengamatan Alam: Nelayan sering mengamati tanda-tanda alam, seperti perubahan warna air, pola awan, atau perubahan arah angin, untuk mendapatkan petunjuk tentang lokasi ikan dan kondisi lingkungan laut. Mereka menggunakan pengetahuan ini untuk menentukan tempat terbaik untuk menangkap ikan.</p><p>Keselamatan: Selain untuk kegiatan penangkapan ikan, pemahaman cuaca dan iklim juga penting untuk keselamatan nelayan di laut. Dengan memahami cuaca yang buruk atau perubahan iklim yang drastis, mereka dapat menghindari risiko kecelakaan dan kehilangan di laut.</p><p><br>&nbsp;</p>

Pemanfaatan cuaca dan iklim sangat penting bagi nelayan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penangkapan ikan serta keselamatan mereka di laut. Berikut adalah beberapa cara di mana nelayan memanfaatkan cuaca dan iklim:

Prediksi Cuaca: Nelayan memantau perkiraan cuaca secara teratur untuk mempersiapkan diri terhadap kondisi cuaca yang buruk, seperti badai atau angin kencang. Informasi cuaca ini membantu mereka menentukan kapan waktu yang tepat untuk melaut, serta kapan harus tinggal di pelabuhan untuk menghindari kondisi yang berbahaya.

Musim dan Siklus Iklim: Nelayan memahami pola musim dan siklus iklim yang berdampak pada pergerakan ikan dan produktivitas laut. Mereka akan menyesuaikan strategi penangkapan mereka dengan musim yang berubah-ubah, seperti musim mangsa ikan tertentu atau musim migrasi ikan tertentu.

Penggunaan Alat Bantu Navigasi: Nelayan menggunakan alat bantu navigasi, seperti GPS dan radar, untuk membantu mereka menavigasi lautan dengan lebih akurat. Hal ini membantu mereka menemukan lokasi penangkapan ikan yang lebih baik dan meningkatkan efisiensi operasi penangkapan.

Pengamatan Alam: Nelayan sering mengamati tanda-tanda alam, seperti perubahan warna air, pola awan, atau perubahan arah angin, untuk mendapatkan petunjuk tentang lokasi ikan dan kondisi lingkungan laut. Mereka menggunakan pengetahuan ini untuk menentukan tempat terbaik untuk menangkap ikan.

Keselamatan: Selain untuk kegiatan penangkapan ikan, pemahaman cuaca dan iklim juga penting untuk keselamatan nelayan di laut. Dengan memahami cuaca yang buruk atau perubahan iklim yang drastis, mereka dapat menghindari risiko kecelakaan dan kehilangan di laut.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

31 Maret 2024 09:45

Jawaban terverifikasi

<p>Pemanfaatan cuaca dan iklim sangat penting bagi nelayan karena aktivitas mereka sangat tergantung pada kondisi cuaca dan iklim. Berikut adalah beberapa cara di mana nelayan memanfaatkan informasi cuaca dan iklim:</p><p><strong>Perencanaan Penangkapan Ikan</strong>: Nelayan menggunakan informasi cuaca dan iklim untuk merencanakan waktu, lokasi, dan jenis penangkapan ikan yang optimal. Mereka memperhitungkan faktor-faktor seperti arah dan kecepatan angin, gelombang laut, suhu air, dan curah hujan untuk menentukan kapan dan di mana mereka harus pergi untuk menangkap ikan.</p><p><strong>Keamanan Navigasi</strong>: Cuaca buruk dan perubahan iklim dapat menyebabkan kondisi laut yang berbahaya seperti badai, gelombang tinggi, atau kabut tebal. Informasi cuaca yang akurat membantu nelayan merencanakan rute pelayaran yang aman dan menghindari daerah berisiko tinggi.</p><p><strong>Pemantauan Musim</strong>: Nelayan memanfaatkan informasi iklim jangka panjang untuk memahami pola musiman seperti musim kemarau dan musim hujan. Pengetahuan tentang musim-musim ini memungkinkan mereka untuk merencanakan penangkapan ikan jangka panjang dan menyesuaikan strategi penangkapan mereka dengan perubahan iklim.</p><p><strong>Pemantauan Suhu Air</strong>: Perubahan suhu air dapat mempengaruhi migrasi dan penyebaran ikan. Nelayan memantau perubahan suhu air untuk menemukan lokasi ikan yang potensial. Mereka juga dapat menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan alat tangkap mereka, seperti jaring atau pancing, agar sesuai dengan suhu dan kedalaman air yang tepat.</p><p><strong>Pemantauan Pola Aliran Laut</strong>: Pola aliran laut, seperti arus laut dan arus gelombang, dapat memengaruhi pergerakan ikan dan distribusi plankton. Nelayan menggunakan informasi tentang pola aliran laut untuk menemukan daerah yang kaya akan ikan dan meningkatkan hasil tangkapan mereka.</p><p><strong>Perlindungan Lingkungan</strong>: Kesadaran akan perubahan iklim dan dampaknya terhadap lingkungan laut juga penting bagi nelayan. Mereka memperhatikan perubahan suhu laut, kualitas air laut, dan perubahan ekosistem laut untuk melindungi sumber daya ikan jangka panjang dan menjaga keberlanjutan industri perikanan.</p><p><br>&nbsp;</p>

Pemanfaatan cuaca dan iklim sangat penting bagi nelayan karena aktivitas mereka sangat tergantung pada kondisi cuaca dan iklim. Berikut adalah beberapa cara di mana nelayan memanfaatkan informasi cuaca dan iklim:

Perencanaan Penangkapan Ikan: Nelayan menggunakan informasi cuaca dan iklim untuk merencanakan waktu, lokasi, dan jenis penangkapan ikan yang optimal. Mereka memperhitungkan faktor-faktor seperti arah dan kecepatan angin, gelombang laut, suhu air, dan curah hujan untuk menentukan kapan dan di mana mereka harus pergi untuk menangkap ikan.

Keamanan Navigasi: Cuaca buruk dan perubahan iklim dapat menyebabkan kondisi laut yang berbahaya seperti badai, gelombang tinggi, atau kabut tebal. Informasi cuaca yang akurat membantu nelayan merencanakan rute pelayaran yang aman dan menghindari daerah berisiko tinggi.

Pemantauan Musim: Nelayan memanfaatkan informasi iklim jangka panjang untuk memahami pola musiman seperti musim kemarau dan musim hujan. Pengetahuan tentang musim-musim ini memungkinkan mereka untuk merencanakan penangkapan ikan jangka panjang dan menyesuaikan strategi penangkapan mereka dengan perubahan iklim.

Pemantauan Suhu Air: Perubahan suhu air dapat mempengaruhi migrasi dan penyebaran ikan. Nelayan memantau perubahan suhu air untuk menemukan lokasi ikan yang potensial. Mereka juga dapat menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan alat tangkap mereka, seperti jaring atau pancing, agar sesuai dengan suhu dan kedalaman air yang tepat.

Pemantauan Pola Aliran Laut: Pola aliran laut, seperti arus laut dan arus gelombang, dapat memengaruhi pergerakan ikan dan distribusi plankton. Nelayan menggunakan informasi tentang pola aliran laut untuk menemukan daerah yang kaya akan ikan dan meningkatkan hasil tangkapan mereka.

Perlindungan Lingkungan: Kesadaran akan perubahan iklim dan dampaknya terhadap lingkungan laut juga penting bagi nelayan. Mereka memperhatikan perubahan suhu laut, kualitas air laut, dan perubahan ekosistem laut untuk melindungi sumber daya ikan jangka panjang dan menjaga keberlanjutan industri perikanan.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

20

0.0

Jawaban terverifikasi