Andi N

25 Januari 2023 04:37

Iklan

Iklan

Andi N

25 Januari 2023 04:37

Pertanyaan

jelaskan nilai ekonomi yang didapat kemudian isikan pada tebal berikut

jelaskan nilai ekonomi yang didapat kemudian isikan pada tebal berikut


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 April 2024 06:53

Jawaban terverifikasi

<p><br>Nilai ekonomi merujuk pada manfaat atau kegunaan suatu barang atau layanan dalam konteks ekonomi. Nilai ini dapat diukur dalam berbagai aspek, termasuk nilai moneter, sosial, lingkungan, dan psikologis. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai nilai ekonomi:</p><p><strong>Nilai Moneter</strong>: Ini adalah nilai yang dinyatakan dalam bentuk uang. Nilai moneter mencerminkan harga yang diberikan pasar atas suatu barang atau layanan. Hal ini dapat diukur dengan harga yang dibayar oleh konsumen untuk membeli barang atau layanan tersebut, atau dengan pendapatan yang dihasilkan oleh produsen dalam memproduksinya.</p><p><strong>Nilai Sosial</strong>: Nilai ekonomi juga dapat dilihat dari perspektif sosial. Nilai ini mencakup manfaat yang diperoleh oleh masyarakat secara keseluruhan dari suatu barang atau layanan. Contohnya, pendidikan memberikan manfaat sosial berupa peningkatan kualitas hidup, kesempatan kerja yang lebih baik, dan kemajuan sosial yang lebih luas.</p><p><strong>Nilai Lingkungan</strong>: Ini mencerminkan manfaat yang diberikan oleh lingkungan alam bagi kehidupan manusia dan ekosistem. Contohnya, hutan menyediakan layanan ekosistem seperti penyimpanan karbon, perlindungan air, dan habitat bagi keanekaragaman hayati. Nilai lingkungan dapat diukur dengan biaya yang dikeluarkan untuk memulihkan atau mengganti kerusakan lingkungan.</p><p><strong>Nilai Psikologis</strong>: Ini merujuk pada manfaat psikologis atau emosional yang diberikan oleh suatu barang atau layanan kepada individu. Contohnya, kesenangan atau kebahagiaan yang dirasakan oleh seseorang ketika menggunakan suatu produk atau layanan. Nilai psikologis sulit diukur secara langsung, namun dapat tercermin dalam preferensi konsumen dan keputusan pembelian mereka.</p><p><br>&nbsp;</p>


Nilai ekonomi merujuk pada manfaat atau kegunaan suatu barang atau layanan dalam konteks ekonomi. Nilai ini dapat diukur dalam berbagai aspek, termasuk nilai moneter, sosial, lingkungan, dan psikologis. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai nilai ekonomi:

Nilai Moneter: Ini adalah nilai yang dinyatakan dalam bentuk uang. Nilai moneter mencerminkan harga yang diberikan pasar atas suatu barang atau layanan. Hal ini dapat diukur dengan harga yang dibayar oleh konsumen untuk membeli barang atau layanan tersebut, atau dengan pendapatan yang dihasilkan oleh produsen dalam memproduksinya.

Nilai Sosial: Nilai ekonomi juga dapat dilihat dari perspektif sosial. Nilai ini mencakup manfaat yang diperoleh oleh masyarakat secara keseluruhan dari suatu barang atau layanan. Contohnya, pendidikan memberikan manfaat sosial berupa peningkatan kualitas hidup, kesempatan kerja yang lebih baik, dan kemajuan sosial yang lebih luas.

Nilai Lingkungan: Ini mencerminkan manfaat yang diberikan oleh lingkungan alam bagi kehidupan manusia dan ekosistem. Contohnya, hutan menyediakan layanan ekosistem seperti penyimpanan karbon, perlindungan air, dan habitat bagi keanekaragaman hayati. Nilai lingkungan dapat diukur dengan biaya yang dikeluarkan untuk memulihkan atau mengganti kerusakan lingkungan.

Nilai Psikologis: Ini merujuk pada manfaat psikologis atau emosional yang diberikan oleh suatu barang atau layanan kepada individu. Contohnya, kesenangan atau kebahagiaan yang dirasakan oleh seseorang ketika menggunakan suatu produk atau layanan. Nilai psikologis sulit diukur secara langsung, namun dapat tercermin dalam preferensi konsumen dan keputusan pembelian mereka.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

14 Januari 2024 13:49

<p>Nilai ekonomi dapat merujuk pada berbagai konsep dalam ilmu ekonomi, seperti nilai tukar, nilai tambah, atau nilai intrinsik.&nbsp;</p>

Nilai ekonomi dapat merujuk pada berbagai konsep dalam ilmu ekonomi, seperti nilai tukar, nilai tambah, atau nilai intrinsik. 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jenis tanah humus adalah jenis tanah organosol. tanah ini cocok untuk budidaya tanaman padi, nanas dan kelapa. hal ini disebabkan tingginya kandungan a. silikat b. hara c. mineral d. air

22

5.0

Jawaban terverifikasi