Kaysa F

13 Februari 2024 00:03

Iklan

Iklan

Kaysa F

13 Februari 2024 00:03

Pertanyaan

Jelaskan mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), lalu tuliskan juga kelebihan dan kekurangan dari pembangkit listrik tersebut

Jelaskan mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), lalu tuliskan juga kelebihan dan kekurangan dari pembangkit listrik tersebut


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 22:07

Jawaban terverifikasi

<p>Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) adalah fasilitas pembangkit listrik yang menggunakan energi kinetik angin untuk menghasilkan listrik. PLTB biasanya terdiri dari turbin angin yang mengubah energi kinetik angin menjadi energi mekanis, dan generator listrik yang mengubah energi mekanis tersebut menjadi energi listrik.</p><p><strong>Kelebihan PLTB:</strong></p><ol><li><strong>Energi Bersih:</strong> PLTB merupakan sumber energi bersih dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara selama operasinya.</li><li><strong>Renewable:</strong> Angin adalah sumber daya yang dapat diperbaharui, sehingga PLTB membantu mengurangi ketergantungan pada sumber daya energi fosil yang terbatas.</li><li><strong>Biaya Operasional Rendah:</strong> Setelah instalasi, biaya operasional PLTB relatif rendah dibandingkan dengan beberapa sumber energi konvensional.</li></ol><p><strong>Kekurangan PLTB:</strong></p><ol><li><strong>Variabilitas:</strong> Ketersediaan angin tidak konsisten, yang dapat menyebabkan fluktuasi dalam produksi daya. Kekurangan ini dapat diatasi dengan penyimpanan energi atau penggunaan sumber daya lain sebagai cadangan.</li><li><strong>Pengaruh Lingkungan:</strong> Pembangunan PLTB dan pembangunan jaringan transmisi untuk menghubungkan lokasi yang terpencil dapat memiliki dampak pada lingkungan dan kehidupan satwa liar.</li><li><strong>Kebutuhan Ruang yang Besar:</strong> PLTB membutuhkan lahan yang luas untuk penempatan turbin angin, dan ini bisa menjadi kendala di daerah dengan kepadatan penduduk tinggi atau tanah yang terbatas.</li><li><strong>Biaya Awal:</strong> Meskipun biaya operasionalnya rendah, biaya awal investasi dalam pembangunan PLTB dapat tinggi. Namun, ini dapat terkompensasi dengan penurunan biaya teknologi seiring perkembangan waktu.</li></ol>

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) adalah fasilitas pembangkit listrik yang menggunakan energi kinetik angin untuk menghasilkan listrik. PLTB biasanya terdiri dari turbin angin yang mengubah energi kinetik angin menjadi energi mekanis, dan generator listrik yang mengubah energi mekanis tersebut menjadi energi listrik.

Kelebihan PLTB:

  1. Energi Bersih: PLTB merupakan sumber energi bersih dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara selama operasinya.
  2. Renewable: Angin adalah sumber daya yang dapat diperbaharui, sehingga PLTB membantu mengurangi ketergantungan pada sumber daya energi fosil yang terbatas.
  3. Biaya Operasional Rendah: Setelah instalasi, biaya operasional PLTB relatif rendah dibandingkan dengan beberapa sumber energi konvensional.

Kekurangan PLTB:

  1. Variabilitas: Ketersediaan angin tidak konsisten, yang dapat menyebabkan fluktuasi dalam produksi daya. Kekurangan ini dapat diatasi dengan penyimpanan energi atau penggunaan sumber daya lain sebagai cadangan.
  2. Pengaruh Lingkungan: Pembangunan PLTB dan pembangunan jaringan transmisi untuk menghubungkan lokasi yang terpencil dapat memiliki dampak pada lingkungan dan kehidupan satwa liar.
  3. Kebutuhan Ruang yang Besar: PLTB membutuhkan lahan yang luas untuk penempatan turbin angin, dan ini bisa menjadi kendala di daerah dengan kepadatan penduduk tinggi atau tanah yang terbatas.
  4. Biaya Awal: Meskipun biaya operasionalnya rendah, biaya awal investasi dalam pembangunan PLTB dapat tinggi. Namun, ini dapat terkompensasi dengan penurunan biaya teknologi seiring perkembangan waktu.

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah gelombang suara merambat di udara dengan cepat rambat sebesar 340 m/s dan memiliki panjang gelombang sebesar 0,85 m. Dengan menggunakan informasi tersebut, hitunglah frekuensi dan periodenya.

4

5.0

Jawaban terverifikasi