Era E

14 Februari 2024 14:21

Iklan

Iklan

Era E

14 Februari 2024 14:21

Pertanyaan

jelaskan mengenai masalah yang dihadapi kabinet Ali Sastroamidjojo II!

jelaskan mengenai masalah yang dihadapi kabinet Ali Sastroamidjojo II!


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 00:15

Jawaban terverifikasi

<p>Kabinet Ali Sastroamidjojo II yang menjabat pada tahun 1953-1955 di Indonesia menghadapi beberapa masalah selama masa pemerintahannya. Beberapa masalah tersebut antara lain:</p><p><strong>Krisis Ekonomi:</strong> Kabinet ini menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan, termasuk inflasi dan defisit anggaran. Upaya untuk mengatasi masalah ini memerlukan kebijakan ekonomi yang efektif.</p><p><strong>Ketidakstabilan Politik:</strong> Indonesia pada masa itu masih mengalami ketidakstabilan politik. Ada ketegangan politik dan sosial, termasuk konflik regional di beberapa daerah yang memerlukan penanganan khusus.</p><p><strong>Pemberontakan Darul Islam:</strong> Kabinet Ali Sastroamidjojo II dihadapkan pada pemberontakan Darul Islam di Jawa Barat, yang menunjukkan adanya ketegangan antara pemerintah dan kelompok-kelompok yang tidak puas dengan pemerintahan nasional.</p><p><strong>Konflik Agraria:</strong> Masalah agraria, terutama terkait dengan kepemilikan tanah dan ketidakpuasan petani, menjadi salah satu isu yang dihadapi kabinet ini.</p><p><strong>Hubungan Luar Negeri:</strong> Kabinet ini juga dihadapkan pada tantangan dalam menjaga hubungan luar negeri yang stabil, terutama dengan melibatkan diri dalam kebijakan luar negeri yang sesuai dengan dinamika geopolitik regional dan global.</p><p><strong>Implementasi Agraria dan Reformasi Ekonomi:</strong> Meskipun ada upaya untuk mereformasi sektor agraria dan ekonomi, implementasinya mungkin tidak sepenuhnya berhasil atau mendalam, menghadirkan tantangan dalam pencapaian tujuan tersebut.</p>

Kabinet Ali Sastroamidjojo II yang menjabat pada tahun 1953-1955 di Indonesia menghadapi beberapa masalah selama masa pemerintahannya. Beberapa masalah tersebut antara lain:

Krisis Ekonomi: Kabinet ini menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan, termasuk inflasi dan defisit anggaran. Upaya untuk mengatasi masalah ini memerlukan kebijakan ekonomi yang efektif.

Ketidakstabilan Politik: Indonesia pada masa itu masih mengalami ketidakstabilan politik. Ada ketegangan politik dan sosial, termasuk konflik regional di beberapa daerah yang memerlukan penanganan khusus.

Pemberontakan Darul Islam: Kabinet Ali Sastroamidjojo II dihadapkan pada pemberontakan Darul Islam di Jawa Barat, yang menunjukkan adanya ketegangan antara pemerintah dan kelompok-kelompok yang tidak puas dengan pemerintahan nasional.

Konflik Agraria: Masalah agraria, terutama terkait dengan kepemilikan tanah dan ketidakpuasan petani, menjadi salah satu isu yang dihadapi kabinet ini.

Hubungan Luar Negeri: Kabinet ini juga dihadapkan pada tantangan dalam menjaga hubungan luar negeri yang stabil, terutama dengan melibatkan diri dalam kebijakan luar negeri yang sesuai dengan dinamika geopolitik regional dan global.

Implementasi Agraria dan Reformasi Ekonomi: Meskipun ada upaya untuk mereformasi sektor agraria dan ekonomi, implementasinya mungkin tidak sepenuhnya berhasil atau mendalam, menghadirkan tantangan dalam pencapaian tujuan tersebut.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

15 Februari 2024 08:09

Jawaban terverifikasi

<p>Masalah serius yang harus dihadapi Kabinet Ali Sastroamidjojo II adalah bergolaknya gerakan separatis PRRI/Permesta di Sumatera dan Sulawesi. Saat itu terjadi gerakan separatis PRRI/Permesta di Sumatera dan Sulawesi. Gerakan ini dilakukan oleh para petinggi militer yang tidak puas dengan kinerja pemerintah pusat. Selain itu, muncul juga beberapa reaksi dari berbagai daerah yang menganggap pemerintah pusat kurang adil dalam mengatur perimbangan pembangunan pusat dan daerah. Masalah yang muncul membuat perpecahan di dalam kabinet Ali II. Pergolakan di daerah mengakibatkan banyaknya tuntutan dari parlemen, termasuk fraksi Masyumi yang meminta agar Ali Sastroamijoyo mundur.14 Maret 1957, Ali Sastroamidjojo mengembalikan mandatnya dan berakhirlah Kabinet Ali Sastroamidjojo II.</p>

Masalah serius yang harus dihadapi Kabinet Ali Sastroamidjojo II adalah bergolaknya gerakan separatis PRRI/Permesta di Sumatera dan Sulawesi. Saat itu terjadi gerakan separatis PRRI/Permesta di Sumatera dan Sulawesi. Gerakan ini dilakukan oleh para petinggi militer yang tidak puas dengan kinerja pemerintah pusat. Selain itu, muncul juga beberapa reaksi dari berbagai daerah yang menganggap pemerintah pusat kurang adil dalam mengatur perimbangan pembangunan pusat dan daerah. Masalah yang muncul membuat perpecahan di dalam kabinet Ali II. Pergolakan di daerah mengakibatkan banyaknya tuntutan dari parlemen, termasuk fraksi Masyumi yang meminta agar Ali Sastroamijoyo mundur.14 Maret 1957, Ali Sastroamidjojo mengembalikan mandatnya dan berakhirlah Kabinet Ali Sastroamidjojo II.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Hal-hal apa saja yang harus kita lakukan untuk membina nasionalisme Indonesia? Jelaskan!

4

5.0

Jawaban terverifikasi