A B

02 Juni 2023 12:12

Iklan

A B

02 Juni 2023 12:12

Pertanyaan

Jelaskan mengapa Persaingan tak sempurna ( Murni ) , Eksternalitas , dan Barang public, menjadi faktor penyebab kegagalan pasar ? jelaskan pula bagaimana cara mengatasi kegagalan pasar masing masing factor tersebut

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

17

:

18

:

27

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Selvi

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Ujung Pandang

02 Juni 2023 22:37

Jawaban terverifikasi

<p>Simak jawabannya pada pembahasan berikut!</p><p>&nbsp;</p><p>Kegagalan pasar adalah tidak teralokasikannya sumber daya secara optimal akibat ketidakmampuan pasar untuk memberikan respon terhadap suatu produk meski sedang terjadi over supply (kelebihan penawaran) dan over demand (kelebihan permintaan), dalam hal ini harga yang diberlakukan tidak mampu membatasi demand (permintaan) dan tidak mampu meningkatkan supply (penawaran).&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Kegagalan pasar terjadi disebabkan oleh persaingan tak sempurna, eksternalitas, barang publik, distribusi pendapatan yang tidak merata, dan kegagalan penyesuaian dalam mencapai efisiensi.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut penjelasan mengenai kegagalan pasar akibat persaingan tak sempurna, eksternalitas, barang publik dan cara mengatasinya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>1. Persaingan tak sempurna</strong></p><p>Persaingan pasar tak sempurna menjadi penyebab terjadinya kegagalan pasar karena dalam pasar ini, penjualan produk hanya dikuasai oleh beberapa penjual saja. Sehingga penjual/produsen menjadi pihak yang berperan sebagai price maker, dimana harga yang berlaku ditentukan oleh produsen dan bukan melalui mekanisme pasar. Ketidakmampuan pasar dalam membentuk harga, menjadi penyebab terjadinya kegagalan pasar.</p><p>&nbsp;</p><p>Cara mengatasi kegagalan pasar akibat persaingan pasar tak sempurna adalah melalui penetapan harga tertinggi dan harga terendah oleh pemerintah. Sehingga, produsen tidak menetapkan harga sesuai keinginannya saja.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. Eksternalitas</strong></p><p>Eksternalitas diartikan sebagai biaya yang harus ditanggung pihak ketiga atau konsumen, yang tidak berkaitan dengan transaksi yang dilakukan dengan produsen. Eksternalitas memiliki dua jenis, yaitu ekternalitas positif dan negatif. Eksternalitas positif memberikan dampak yang positif kepada konsumen, seperti ketika membayar biaya pendidikan, di mana pendidikan ini tidak hanya bermanfaat untuk siswa, namun juga dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak. Sedangkan eksternalitas negatif memberikan dampak yang negatif bagi konsumen, seperti pengendara sepeda motor yang dapat menimbulkan polusi udara. Kerugian yang dialami pihak ketiga akibat kegiatan konsumsi suatu produk merupakan bentuk dari kegagalan pasar.</p><p>&nbsp;</p><p>Cara untuk mengatasi kegagalan pasar akibat eksternalitas adalah pemerintah sebagai pihak yang membuat regulasi menetapkan UU atau aturan terkait penggunaan produk. Seperti larangan penggunaan kendaraan saat hari minggu di area tertentu untuk meminimalisir pencemaran polusi udara.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>3. Barang publik</strong></p><p>Barang publik menjadi penyebab kegagalan pasar karena barang tersebut dinikmati bersama. Penggunaan barang publik oleh salah satu konsumen, tidak akan mengurangi pemakaian barang publik konsumen yang lain. Contoh barang publik adalah jalan raya, jembatan, penerangan jalan, taman, dll. Ada beberapa orang yang membayar pajak dan membiayai pembangunan barang publik, sementara beberapa orang tidak. Namun yang bayar pajak dan tidak membayar pajak sama-sama menikmati barang publik tersebut. Inilah yang menjadi penyebab barang publik menjadi pemicu terjadinya kegagalan pasar.</p><p>&nbsp;</p><p>Cara mengatasinya adalah pemerintah berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendistribusikan pendapatan secara lebih merata, agar pendapatan masyarakat meningkat dan masuk kategori sebagai wajib pajak. Dengan demikian jumlah masyarakat yang membayar pajak akan meningkat, dan dapat digunakan untuk membiayai pembangunan barang-barang publik.</p>

Simak jawabannya pada pembahasan berikut!

 

Kegagalan pasar adalah tidak teralokasikannya sumber daya secara optimal akibat ketidakmampuan pasar untuk memberikan respon terhadap suatu produk meski sedang terjadi over supply (kelebihan penawaran) dan over demand (kelebihan permintaan), dalam hal ini harga yang diberlakukan tidak mampu membatasi demand (permintaan) dan tidak mampu meningkatkan supply (penawaran). 

 

Kegagalan pasar terjadi disebabkan oleh persaingan tak sempurna, eksternalitas, barang publik, distribusi pendapatan yang tidak merata, dan kegagalan penyesuaian dalam mencapai efisiensi.

 

Berikut penjelasan mengenai kegagalan pasar akibat persaingan tak sempurna, eksternalitas, barang publik dan cara mengatasinya.

 

1. Persaingan tak sempurna

Persaingan pasar tak sempurna menjadi penyebab terjadinya kegagalan pasar karena dalam pasar ini, penjualan produk hanya dikuasai oleh beberapa penjual saja. Sehingga penjual/produsen menjadi pihak yang berperan sebagai price maker, dimana harga yang berlaku ditentukan oleh produsen dan bukan melalui mekanisme pasar. Ketidakmampuan pasar dalam membentuk harga, menjadi penyebab terjadinya kegagalan pasar.

 

Cara mengatasi kegagalan pasar akibat persaingan pasar tak sempurna adalah melalui penetapan harga tertinggi dan harga terendah oleh pemerintah. Sehingga, produsen tidak menetapkan harga sesuai keinginannya saja.

 

2. Eksternalitas

Eksternalitas diartikan sebagai biaya yang harus ditanggung pihak ketiga atau konsumen, yang tidak berkaitan dengan transaksi yang dilakukan dengan produsen. Eksternalitas memiliki dua jenis, yaitu ekternalitas positif dan negatif. Eksternalitas positif memberikan dampak yang positif kepada konsumen, seperti ketika membayar biaya pendidikan, di mana pendidikan ini tidak hanya bermanfaat untuk siswa, namun juga dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak. Sedangkan eksternalitas negatif memberikan dampak yang negatif bagi konsumen, seperti pengendara sepeda motor yang dapat menimbulkan polusi udara. Kerugian yang dialami pihak ketiga akibat kegiatan konsumsi suatu produk merupakan bentuk dari kegagalan pasar.

 

Cara untuk mengatasi kegagalan pasar akibat eksternalitas adalah pemerintah sebagai pihak yang membuat regulasi menetapkan UU atau aturan terkait penggunaan produk. Seperti larangan penggunaan kendaraan saat hari minggu di area tertentu untuk meminimalisir pencemaran polusi udara.

 

3. Barang publik

Barang publik menjadi penyebab kegagalan pasar karena barang tersebut dinikmati bersama. Penggunaan barang publik oleh salah satu konsumen, tidak akan mengurangi pemakaian barang publik konsumen yang lain. Contoh barang publik adalah jalan raya, jembatan, penerangan jalan, taman, dll. Ada beberapa orang yang membayar pajak dan membiayai pembangunan barang publik, sementara beberapa orang tidak. Namun yang bayar pajak dan tidak membayar pajak sama-sama menikmati barang publik tersebut. Inilah yang menjadi penyebab barang publik menjadi pemicu terjadinya kegagalan pasar.

 

Cara mengatasinya adalah pemerintah berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendistribusikan pendapatan secara lebih merata, agar pendapatan masyarakat meningkat dan masuk kategori sebagai wajib pajak. Dengan demikian jumlah masyarakat yang membayar pajak akan meningkat, dan dapat digunakan untuk membiayai pembangunan barang-barang publik.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada neraca saldo per 31 Desember 2017 terdapat akun sewa dibayar di muka Rp20.000.000,00. Sewa tersebut dibayar 1 September 2017, Atas dasar informasi tersebut maka pada waktu tutup buku per 31 Desember 2017 diminta anda untuk mencatat a. jurnal penyesuaian

340

5.0

Jawaban terverifikasi