Silviani P

24 Januari 2023 02:00

Iklan

Iklan

Silviani P

24 Januari 2023 02:00

Pertanyaan

jelaskan mekanisme kerja jaringan publik

jelaskan mekanisme kerja jaringan publik


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Meanazwa M

28 Januari 2023 04:07

Jawaban terverifikasi

<p>Jaringan publik adalah jaringan yang dapat diakses oleh publik atau siapa saja tanpa harus memiliki akun atau login khusus. Mekanisme kerja jaringan publik meliputi beberapa hal:</p><p>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Routing: Proses pengiriman data dari satu jaringan ke jaringan lain. Router digunakan untuk menentukan jalur terbaik untuk mengirimkan data.</p><p>2.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Switching: Proses pengalihan data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan yang sama. Switch digunakan untuk mengalihkan data ke komputer yang dituju.</p><p>3.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Firewall: Proses pengamanan jaringan dari serangan yang tidak diinginkan. Firewall digunakan untuk mengontrol akses ke jaringan dan mengatur lalu lintas data.</p><p>4.&nbsp;&nbsp;&nbsp; IP addressing: Proses memberikan alamat IP unik pada setiap perangkat dalam jaringan. Ini digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dan mengirimkan data ke perangkat yang dituju.</p><p>5.&nbsp;&nbsp;&nbsp; DHCP: Proses memberikan alamat IP dinamis pada perangkat yang terhubung ke jaringan. DHCP digunakan untuk mengelola alokasi IP secara otomatis.</p><p>6.&nbsp;&nbsp;&nbsp; DNS: Proses menentukan nama domain yang sesuai dengan alamat IP. DNS digunakan untuk menentukan alamat IP dari domain yang dituju.</p><p>7.&nbsp;&nbsp;&nbsp; VPN: Proses membuat koneksi aman antara dua jaringan yang berbeda. VPN digunakan untuk mengakses jaringan yang tidak dapat diakses secara langsung.</p><p>&nbsp;</p>

Jaringan publik adalah jaringan yang dapat diakses oleh publik atau siapa saja tanpa harus memiliki akun atau login khusus. Mekanisme kerja jaringan publik meliputi beberapa hal:

1.    Routing: Proses pengiriman data dari satu jaringan ke jaringan lain. Router digunakan untuk menentukan jalur terbaik untuk mengirimkan data.

2.    Switching: Proses pengalihan data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan yang sama. Switch digunakan untuk mengalihkan data ke komputer yang dituju.

3.    Firewall: Proses pengamanan jaringan dari serangan yang tidak diinginkan. Firewall digunakan untuk mengontrol akses ke jaringan dan mengatur lalu lintas data.

4.    IP addressing: Proses memberikan alamat IP unik pada setiap perangkat dalam jaringan. Ini digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dan mengirimkan data ke perangkat yang dituju.

5.    DHCP: Proses memberikan alamat IP dinamis pada perangkat yang terhubung ke jaringan. DHCP digunakan untuk mengelola alokasi IP secara otomatis.

6.    DNS: Proses menentukan nama domain yang sesuai dengan alamat IP. DNS digunakan untuk menentukan alamat IP dari domain yang dituju.

7.    VPN: Proses membuat koneksi aman antara dua jaringan yang berbeda. VPN digunakan untuk mengakses jaringan yang tidak dapat diakses secara langsung.

 


Iklan

Iklan

Bumbu B

07 Desember 2023 16:13

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Mekanisme kerja secara umum dalam jaringan publik:</strong></p><p>1. Infrastruktur jaringan: Jaringan publik biasanya terdiri dari infrastruktur fisik yang meliputi kabel serat optik, kabel tembaga, router, switch, dan perangkat jaringan lainnya. Infrastruktur ini memungkinkan pengiriman data antara pengguna yang terhubung ke jaringan.</p><p>2. Protokol komunikasi: Jaringan publik menggunakan protokol komunikasi standar, seperti TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), untuk mengatur pengiriman data antara perangkat yang terhubung. Protokol ini memastikan bahwa data dikirim dengan aman dan efisien melalui jaringan.</p><p>3. Penyedia Layanan Internet (ISP): ISP adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan akses ke jaringan publik. Mereka menyediakan infrastruktur dan layanan yang memungkinkan pengguna terhubung ke Internet. ISP juga bertanggung jawab untuk mengelola lalu lintas data dan memastikan ketersediaan jaringan.</p><p>4. Rute dan switching: Data yang dikirim melalui jaringan publik melewati berbagai perangkat jaringan, seperti router dan switch. Perangkat ini mengarahkan data ke tujuan yang tepat melalui rute yang optimal. Mereka juga memastikan bahwa data dikirim dengan kecepatan dan keandalan yang diperlukan.</p><p>5. Keamanan jaringan: Jaringan publik harus dilindungi dari ancaman keamanan, seperti serangan malware, hacking, atau pencurian data. Untuk itu, berbagai mekanisme keamanan, seperti firewall, enkripsi data, dan protokol keamanan, digunakan untuk melindungi jaringan dan data pengguna.</p><p>6. Layanan dan aplikasi: Jaringan publik menyediakan berbagai layanan dan aplikasi yang dapat diakses oleh pengguna, seperti email, browsing web, media sosial, streaming video, dan lainnya. Mekanisme kerja jaringan memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan layanan ini dengan cepat dan efisien.</p>

Mekanisme kerja secara umum dalam jaringan publik:

1. Infrastruktur jaringan: Jaringan publik biasanya terdiri dari infrastruktur fisik yang meliputi kabel serat optik, kabel tembaga, router, switch, dan perangkat jaringan lainnya. Infrastruktur ini memungkinkan pengiriman data antara pengguna yang terhubung ke jaringan.

2. Protokol komunikasi: Jaringan publik menggunakan protokol komunikasi standar, seperti TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), untuk mengatur pengiriman data antara perangkat yang terhubung. Protokol ini memastikan bahwa data dikirim dengan aman dan efisien melalui jaringan.

3. Penyedia Layanan Internet (ISP): ISP adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan akses ke jaringan publik. Mereka menyediakan infrastruktur dan layanan yang memungkinkan pengguna terhubung ke Internet. ISP juga bertanggung jawab untuk mengelola lalu lintas data dan memastikan ketersediaan jaringan.

4. Rute dan switching: Data yang dikirim melalui jaringan publik melewati berbagai perangkat jaringan, seperti router dan switch. Perangkat ini mengarahkan data ke tujuan yang tepat melalui rute yang optimal. Mereka juga memastikan bahwa data dikirim dengan kecepatan dan keandalan yang diperlukan.

5. Keamanan jaringan: Jaringan publik harus dilindungi dari ancaman keamanan, seperti serangan malware, hacking, atau pencurian data. Untuk itu, berbagai mekanisme keamanan, seperti firewall, enkripsi data, dan protokol keamanan, digunakan untuk melindungi jaringan dan data pengguna.

6. Layanan dan aplikasi: Jaringan publik menyediakan berbagai layanan dan aplikasi yang dapat diakses oleh pengguna, seperti email, browsing web, media sosial, streaming video, dan lainnya. Mekanisme kerja jaringan memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan layanan ini dengan cepat dan efisien.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Microsoft Word adalah software yang termasuk ...... a. Sistem operasi b. program aplikasi c. aplikasi design d. aplikasi pengolah angka

29

0.0

Jawaban terverifikasi