Irhamduwila I

24 Mei 2024 10:16

Iklan

Iklan

Irhamduwila I

24 Mei 2024 10:16

Pertanyaan

jelaskan makna surah al-an am [6] ayat 48


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dea K

24 Mei 2024 12:05

Jawaban terverifikasi

<p>Surah Al-An'am [6] ayat 48 berbunyi:</p><p>إِنَّمَا نُرْسِلُ ٱلْمُرْسَلِينَ مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَۖ فَمَنْ ءَامَنَ وَأَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ</p><p>Terjemahan: "Dan Kami tidak mengutus para rasul melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Barangsiapa beriman dan memperbaiki diri, maka tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak akan bersedih hati."</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Makna Ayat</strong></p><p><strong>Tujuan Pengutusan Rasul</strong>:</p><ul><li>Ayat ini menegaskan bahwa para rasul diutus oleh Allah dengan dua tujuan utama: sebagai <strong>pembawa berita gembira</strong> dan <strong>pemberi peringatan</strong>. Mereka memberikan kabar gembira tentang ganjaran dan surga bagi mereka yang beriman dan beramal saleh, serta memperingatkan tentang azab dan neraka bagi mereka yang ingkar dan berbuat dosa.</li></ul><p><strong>Iman dan Perbaikan Diri</strong>:</p><ul><li>Ayat ini memberikan janji kepada mereka yang <strong>beriman</strong> (percaya kepada Allah dan rasul-Nya) dan <strong>memperbaiki diri</strong> (beramal saleh, bertobat dari dosa, dan meningkatkan kualitas hidup menurut ajaran agama).</li></ul><p><strong>Ketenangan dan Kebahagiaan</strong>:</p><ul><li>Janji Allah untuk mereka yang beriman dan memperbaiki diri adalah bahwa mereka tidak akan merasakan <strong>takut</strong> dan tidak akan <strong>bersedih hati</strong>. Ini mencakup kehidupan di dunia dan di akhirat. Di dunia, mereka akan merasa tenang dan damai karena keyakinan dan amal saleh mereka, dan di akhirat mereka akan mendapatkan balasan yang baik dan tidak akan mengalami penderitaan.</li></ul>

Surah Al-An'am [6] ayat 48 berbunyi:

إِنَّمَا نُرْسِلُ ٱلْمُرْسَلِينَ مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَۖ فَمَنْ ءَامَنَ وَأَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Terjemahan: "Dan Kami tidak mengutus para rasul melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Barangsiapa beriman dan memperbaiki diri, maka tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak akan bersedih hati."

 

Makna Ayat

Tujuan Pengutusan Rasul:

  • Ayat ini menegaskan bahwa para rasul diutus oleh Allah dengan dua tujuan utama: sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Mereka memberikan kabar gembira tentang ganjaran dan surga bagi mereka yang beriman dan beramal saleh, serta memperingatkan tentang azab dan neraka bagi mereka yang ingkar dan berbuat dosa.

Iman dan Perbaikan Diri:

  • Ayat ini memberikan janji kepada mereka yang beriman (percaya kepada Allah dan rasul-Nya) dan memperbaiki diri (beramal saleh, bertobat dari dosa, dan meningkatkan kualitas hidup menurut ajaran agama).

Ketenangan dan Kebahagiaan:

  • Janji Allah untuk mereka yang beriman dan memperbaiki diri adalah bahwa mereka tidak akan merasakan takut dan tidak akan bersedih hati. Ini mencakup kehidupan di dunia dan di akhirat. Di dunia, mereka akan merasa tenang dan damai karena keyakinan dan amal saleh mereka, dan di akhirat mereka akan mendapatkan balasan yang baik dan tidak akan mengalami penderitaan.

Iklan

Iklan

Navniaaa N

24 Mei 2024 14:40

Jawaban terverifikasi

<p>48. Para rasul yang Kami utus itu adalah untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.</p><p>Yakni kabar gembira bagi orang yang taat kepada para Rasul berupa pahala yang besar yang disiapkan Allah bagi mereka. Yakni peringatan bagi orang yang durhaka terhadap para Rasul berupa azab yang pedih.</p><p>adapun Nama al-An'ām digunakan untuk nama surah ini karena banyak berbicara mengenai <strong>hukum-hukum terkait hewan ternak</strong>. Surah ini juga membahas tentang hubungan hewan ternak tersebut dengan adat istiadat dan kepercayaan masyarakat jahiliah.</p><p>&nbsp;</p>

48. Para rasul yang Kami utus itu adalah untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

Yakni kabar gembira bagi orang yang taat kepada para Rasul berupa pahala yang besar yang disiapkan Allah bagi mereka. Yakni peringatan bagi orang yang durhaka terhadap para Rasul berupa azab yang pedih.

adapun Nama al-An'ām digunakan untuk nama surah ini karena banyak berbicara mengenai hukum-hukum terkait hewan ternak. Surah ini juga membahas tentang hubungan hewan ternak tersebut dengan adat istiadat dan kepercayaan masyarakat jahiliah.

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan di bawah ini 1. memberi pendidikan agama 2. menyediakan tempat kediaman 3. memberi nafkah sesuai kemampuan 4. bersyukur atas nafkah yang ia terima 5. memberi kebebasan berfikir dan bertindak 6. taat pada perintahnya selama tidak bertentangan dengan agama Berdasarkan pernyataan diatas, yang termasuk kewajiban suami terhadap istri ditunjukan oleh nomor? A. 1, 2, dan 5 B. 2, 3, dan 6 C. 3, 4, dan 1 D. 4, 5, dan 2 E. 5, 6, dan 3 Bantu jawab ya ges🙏🏻

29

5.0

Jawaban terverifikasi