Evelyn F

13 November 2023 04:53

Iklan

Iklan

Evelyn F

13 November 2023 04:53

Pertanyaan

Jelaskan makna kedaulatan secara etimologis.

Jelaskan makna kedaulatan secara etimologis.


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

13 November 2023 05:52

Jawaban terverifikasi

<p>Kedaulatan secara etimologi berarti kekuasaan tertinggi dan diambil dari bahasa Arab daulah dengan arti kekuasaan. Sementara itu, dalam bahasa Latin supremus dengan arti tertinggi. Jika dalam bahasa Latin, kedaulatan itu supremus dan berarti tertinggi, maka dalam bahasa Inggris, kedaulatan yaitu souvereignty</p>

Kedaulatan secara etimologi berarti kekuasaan tertinggi dan diambil dari bahasa Arab daulah dengan arti kekuasaan. Sementara itu, dalam bahasa Latin supremus dengan arti tertinggi. Jika dalam bahasa Latin, kedaulatan itu supremus dan berarti tertinggi, maka dalam bahasa Inggris, kedaulatan yaitu souvereignty


Iklan

Iklan

Erwin A

Community

13 November 2023 08:37

Jawaban terverifikasi

<p>Kedaulatan secara etimologi berarti <strong>kekuasaan tertinggi</strong> dan diambil dari bahasa Arab daulah dengan arti kekuasaan.</p><p>Secara etimologis, kedaulatan berasal dari bahasa Arab, yaitu <strong>daulah</strong> yang berarti kekuasaan. Kedaulatan juga dapat diartikan sebagai kekuasaan tertinggi yang tidak tunduk kepada kekuasaan lain.</p><p>Dalam konteks negara, kedaulatan berarti kekuasaan tertinggi yang dimiliki oleh negara dalam mengatur dan mengurus urusan internal dan eksternalnya. Kedaulatan negara ini diakui oleh negara-negara lain dan dilindungi oleh hukum internasional.</p><p>Secara umum, kedaulatan dapat dibagi menjadi dua, yaitu kedaulatan internal dan kedaulatan eksternal.</p><ul><li><strong>Kedaulatan internal</strong> adalah kekuasaan tertinggi yang dimiliki oleh negara dalam mengatur dan mengurus urusan internalnya, seperti urusan pemerintahan, hukum, dan keamanan.</li><li><strong>Kedaulatan eksternal</strong> adalah kekuasaan tertinggi yang dimiliki oleh negara dalam mengatur dan mengurus urusan eksternalnya, seperti hubungan luar negeri dan pertahanan.</li></ul><p>Kedaulatan negara merupakan salah satu unsur penting dalam negara berdaulat. Kedaulatan negara ini perlu dijaga dan dipertahankan agar negara dapat menjalankan fungsinya secara efektif dan efisien.</p>

Kedaulatan secara etimologi berarti kekuasaan tertinggi dan diambil dari bahasa Arab daulah dengan arti kekuasaan.

Secara etimologis, kedaulatan berasal dari bahasa Arab, yaitu daulah yang berarti kekuasaan. Kedaulatan juga dapat diartikan sebagai kekuasaan tertinggi yang tidak tunduk kepada kekuasaan lain.

Dalam konteks negara, kedaulatan berarti kekuasaan tertinggi yang dimiliki oleh negara dalam mengatur dan mengurus urusan internal dan eksternalnya. Kedaulatan negara ini diakui oleh negara-negara lain dan dilindungi oleh hukum internasional.

Secara umum, kedaulatan dapat dibagi menjadi dua, yaitu kedaulatan internal dan kedaulatan eksternal.

  • Kedaulatan internal adalah kekuasaan tertinggi yang dimiliki oleh negara dalam mengatur dan mengurus urusan internalnya, seperti urusan pemerintahan, hukum, dan keamanan.
  • Kedaulatan eksternal adalah kekuasaan tertinggi yang dimiliki oleh negara dalam mengatur dan mengurus urusan eksternalnya, seperti hubungan luar negeri dan pertahanan.

Kedaulatan negara merupakan salah satu unsur penting dalam negara berdaulat. Kedaulatan negara ini perlu dijaga dan dipertahankan agar negara dapat menjalankan fungsinya secara efektif dan efisien.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa tanggung jawab sangat penting dalam diri seseorang?

166

0.0

Jawaban terverifikasi