Ebor E

25 Januari 2022 10:11

Iklan

Iklan

Ebor E

25 Januari 2022 10:11

Pertanyaan

Jelaskan macam-macam relief dasar laut.


21

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Diah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

26 Januari 2022 09:19

Jawaban terverifikasi

Halo Ebor, kakak bantu jawab ya. Relief dasar laut terdiri dari beberapa bagian yaitu continental shelf, continental slope, continental rise, abyssal plain, palung laut, volcanic island, dan mid ocean ridge. Berikut adalah penjelasannya. Bagian-bagian relief dasar laut adalah sebagai berikut: a. Continental Shelf, yaitu bagian dasar lautan yang memiliki dasar lautan yang dangkal dan daratan yang meluas serta terdapat di sepanjang pantai dengan kedalaman 100 -200 meter, dengan kemiringan sudut kira-kira 0,1 derajat. b. Continental slope, yaitu bagian yang memiliki kedalaman lebih dari 200 meter dengan kemiringan sudut 4 derajat dan merupakan bagian yang terjal dari tepi landas benua. c. Continental rise, memiliki kedalaman 2000 - 3000 meter dengan sudut kemiringan 0,1 %. Continental rise tersusun dari sedimen yang diturunkan dari benua dan batas yang bersebelahan. d. Abyssal plain, yaitu dataran bawah air pada dasar samudera dengan kedalaman antara 3.000 dan 6.000 m. Dataran abisal tersusun oleh akumulasi sedimen yang sangat tebal dan dapat dijumpai sebagai bagian dari dasar samudera pada semua lautan. e. Palung laut, yaitu bagian dasar laut yang sangat dalam dan berdinding curam dengan kedalaman mencapai 7000-11000 meter. Kondisi palung laut semakin ke dasar semakin sempit. Palung sempit dan tidak terlalu curam disebut trench sedangkan jika lebih lebar dan curam disebut trog. f. Volcanic island, adalah gunung yang naik dari dasar laut hingga terlihat di permukaan laut. g. Mid ocean ridge, yaitu rangkaian gunung berapi bawah laut di mana kerak bumi baru terbentuk dari lelehan magma dan aktivitas gunung berapi. Rangkaian mid ocean ridge dapat memanjang hingga sekitar 65.000 km. Jadi, relief dasar laut terdiri dari bagian continental shelf, continental slope, continental rise, abyssal plain, palung laut, volcanic island, dan mid ocean ridge. Semoga membantu ya!

alt

Iklan

Iklan

Syahrul R

02 Oktober 2023 13:23

Fenomenanya lautan saat ini sedang mengalami suatu krisis yang luar biasa, karena kondisi lautan mempengaruhi bentukan aktifitas manusia atau makhluk hidup di daratan. Apa saja yang menjadi pengaruh yang di hadapi ekosistem lautan sehingga berpengaruh terhadap kondisi aktifitas makhluk hidup terutama manusia di daratan, sebutkan dan jelaskan dari fenomena lautan tersebut!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

indonesia merupakan negara yang sangat subur yang mana sektor pertanian sangat berpotensi untuk menjadi pendorong kemajuan nasional, namun saaat ini sektor agrikutur masih mengalami banyak hambatan, jelaskan yang menjadi penghambat perkembangan agrikultur di indonesia

342

0.0

Jawaban terverifikasi