Latifatuz Z

26 Februari 2024 01:08

Iklan

Iklan

Latifatuz Z

26 Februari 2024 01:08

Pertanyaan

jelaskan lapisan jaringan pada mata manusia

jelaskan lapisan jaringan pada mata manusia


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nico V

26 Februari 2024 01:44

Jawaban terverifikasi

<p>Mata manusia terdiri dari beberapa lapisan yang berperan dalam proses penglihatan. Berikut adalah penjelasan singktat tentang lapisan-lapisan tersebut:</p><p>1. Kornea: Lapisan luar yang transparan dan melengkung di depan bola mata. Kornea membantu memfokuskan cahaya ke dalam mata.</p><p>2. Kornea Epitel: Lapisan sel-sel epitel yang melapisi permukaan kornea, bertindak sebagai lapisan pelindung.</p><p>3. Iris: Bagian berwarna di tengah mata yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata dengan mengatur ukuran pupil.</p><p>4. Pupil: Lubang kecil di tengah iris yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.</p><p>5. Lens: Lensa di belakang iris yang dapat berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya ke titik-titik pada retina.</p><p>6. Retina: Lapisan yang sensitif terhadap cahaya dibagian dalam mata yang mengandung sel-sel fotoreseptor (batang dan kerucut) yang mendeteksi cahaya dan mengirimkan sinyal ke otak melalui saraf optik.</p><p>7. Batu mata (Sclera): Lapisan luar yang kuat dan putih, yang membentuk "putih mata" dan memberikan struktur dan perlindungan untuk struktur internal mata.</p><p>8. Koroid: Lapisan di antara sklera dan retina yang mengandung pembuluh darah dan menyediakan oksigen dan nutrisi bagi retina.</p><p>9. Humor Kaca Mata: Cairan jernih di ruang di belakang lensa yang membantu menjaga bentuk bola mata dan memberikan dukungan mekanis.</p><p>10. Humor Akuosit: Cairan jernih di ruang &nbsp;di depan lensa yang membantu menjaga tekanan dalam mata dan memberikan nutrisi pada struktur di depan lensa.</p>

Mata manusia terdiri dari beberapa lapisan yang berperan dalam proses penglihatan. Berikut adalah penjelasan singktat tentang lapisan-lapisan tersebut:

1. Kornea: Lapisan luar yang transparan dan melengkung di depan bola mata. Kornea membantu memfokuskan cahaya ke dalam mata.

2. Kornea Epitel: Lapisan sel-sel epitel yang melapisi permukaan kornea, bertindak sebagai lapisan pelindung.

3. Iris: Bagian berwarna di tengah mata yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata dengan mengatur ukuran pupil.

4. Pupil: Lubang kecil di tengah iris yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

5. Lens: Lensa di belakang iris yang dapat berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya ke titik-titik pada retina.

6. Retina: Lapisan yang sensitif terhadap cahaya dibagian dalam mata yang mengandung sel-sel fotoreseptor (batang dan kerucut) yang mendeteksi cahaya dan mengirimkan sinyal ke otak melalui saraf optik.

7. Batu mata (Sclera): Lapisan luar yang kuat dan putih, yang membentuk "putih mata" dan memberikan struktur dan perlindungan untuk struktur internal mata.

8. Koroid: Lapisan di antara sklera dan retina yang mengandung pembuluh darah dan menyediakan oksigen dan nutrisi bagi retina.

9. Humor Kaca Mata: Cairan jernih di ruang di belakang lensa yang membantu menjaga bentuk bola mata dan memberikan dukungan mekanis.

10. Humor Akuosit: Cairan jernih di ruang  di depan lensa yang membantu menjaga tekanan dalam mata dan memberikan nutrisi pada struktur di depan lensa.


Iklan

Iklan

El E

26 Februari 2024 12:01

Jawaban terverifikasi

<p>1.&nbsp;Kornea: Ini adalah lapisan terluar pada mata yang transparan dan melindungi mata dari debu, kotoran, dan infeksi. Kornea juga membantu memfokuskan cahaya yang masuk ke mata.<br>2.&nbsp;Sklera: Lapisan ini terletak di belakang kornea dan merupakan lapisan putih yang kuat. Sklera memberikan struktur dan melindungi bagian dalam mata.<br>3.&nbsp;Iris: Ini adalah bagian yang memberikan warna pada mata. Iris juga mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata dengan mengendalikan ukuran pupil.<br>4.&nbsp;Pupil: Ini adalah lubang kecil di tengah iris yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Pupil akan melebar saat kondisi cahaya redup dan menyempit saat kondisi cahaya terang.<br>5.&nbsp;Lensa: Lensa terletak di belakang iris dan berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Lensa dapat berubah bentuk untuk membantu mengatur fokus pada objek yang berbeda.<br>6.&nbsp;Retina: Ini adalah lapisan sensitif cahaya di bagian belakang mata. Retina mengandung sel-sel saraf yang disebut fotoreseptor, yang mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak melalui saraf optik.<br>7.&nbsp;Koroid: Lapisan ini terletak di antara retina dan sklera. Koroid mengandung pembuluh darah yang memberikan nutrisi dan oksigen ke retina.<br>8.&nbsp;Saraf Optik: Ini adalah kumpulan serat saraf yang menghubungkan mata dengan otak. Saraf optik mengirimkan sinyal-sinyal listrik dari retina ke otak, di mana informasi visual diinterpretasikan.</p>

1. Kornea: Ini adalah lapisan terluar pada mata yang transparan dan melindungi mata dari debu, kotoran, dan infeksi. Kornea juga membantu memfokuskan cahaya yang masuk ke mata.
2. Sklera: Lapisan ini terletak di belakang kornea dan merupakan lapisan putih yang kuat. Sklera memberikan struktur dan melindungi bagian dalam mata.
3. Iris: Ini adalah bagian yang memberikan warna pada mata. Iris juga mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata dengan mengendalikan ukuran pupil.
4. Pupil: Ini adalah lubang kecil di tengah iris yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Pupil akan melebar saat kondisi cahaya redup dan menyempit saat kondisi cahaya terang.
5. Lensa: Lensa terletak di belakang iris dan berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Lensa dapat berubah bentuk untuk membantu mengatur fokus pada objek yang berbeda.
6. Retina: Ini adalah lapisan sensitif cahaya di bagian belakang mata. Retina mengandung sel-sel saraf yang disebut fotoreseptor, yang mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak melalui saraf optik.
7. Koroid: Lapisan ini terletak di antara retina dan sklera. Koroid mengandung pembuluh darah yang memberikan nutrisi dan oksigen ke retina.
8. Saraf Optik: Ini adalah kumpulan serat saraf yang menghubungkan mata dengan otak. Saraf optik mengirimkan sinyal-sinyal listrik dari retina ke otak, di mana informasi visual diinterpretasikan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada reproduksi virus siklus lisogenik tahapan yang tidak ada seperti pada litik adalah a.Adsorbsi b.Penetrasi c.Lisis dan sintesis d.Penggabungan DNA virus dan DNA inang e.Penggandaan DNA

6

5.0

Jawaban terverifikasi