Resti K

26 Maret 2024 02:07

Iklan

Iklan

Resti K

26 Maret 2024 02:07

Pertanyaan

jelaskan keterkaitan kondisi cuaca berawan dengan sumber daya alam di daerah kalian

jelaskan keterkaitan kondisi cuaca berawan dengan sumber daya alam di daerah kalian

 


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Mas A

26 Maret 2024 22:02

Jawaban terverifikasi

Kondisi cuaca berawan dapat memiliki keterkaitan yang beragam dengan sumber daya alam di suatu daerah. Di daerah yang saya kenali, seperti daerah tropis atau subtropis, cuaca berawan dapat memiliki dampak sebagai berikut: 1. Pertanian: Cuaca berawan dapat mengurangi paparan langsung terhadap sinar matahari, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Meskipun beberapa tanaman mungkin tetap tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari yang tereduksi, beberapa tanaman khususnya tanaman tropis mungkin memerlukan cahaya matahari yang cukup untuk fotosintesis dan pertumbuhan optimal. 2. Energi terbarukan: Daerah tropis atau subtropis seringkali memiliki potensi besar untuk energi terbarukan, seperti energi surya dan energi angin. Cuaca berawan dapat mengurangi produksi energi surya karena penurunan intensitas sinar matahari yang mencapai panel surya. Di sisi lain, cuaca berawan dapat meningkatkan produksi energi angin karena perubahan tekanan udara yang disebabkan oleh perbedaan suhu antara daerah berawan dan yang tidak berawan. 3. Ekosistem: Cuaca berawan juga dapat mempengaruhi ekosistem lokal, termasuk tanaman, hewan, dan mikroorganisme. Misalnya, beberapa spesies tanaman atau hewan mungkin lebih aktif atau kurang aktif saat cuaca berawan, sementara yang lain mungkin lebih rentan terhadap penyakit atau predator. Dengan demikian, kondisi cuaca berawan dapat mempengaruhi berbagai aspek sumber daya alam di daerah tropis atau subtropis, baik secara langsung maupun tidak langsung, dan seringkali memerlukan penyesuaian dalam pengelolaan dan pemanfaatannya.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:16

Jawaban terverifikasi

<p>Keterkaitan antara kondisi cuaca berawan dengan sumber daya alam di suatu daerah dapat bervariasi tergantung pada jenis sumber daya alam yang ada di daerah tersebut. Di daerah saya, yang merupakan wilayah subtropis dengan cuaca yang cenderung hangat sepanjang tahun, kondisi cuaca berawan dapat memiliki dampak pada beberapa sumber daya alam utama, seperti berikut:</p><p>Pertanian: Cuaca berawan dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan produksi pertanian secara keseluruhan. Meskipun sebagian tanaman membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk fotosintesis, kondisi cuaca berawan dapat membantu mengurangi kelebihan panas dan mencegah penguapan berlebihan, sehingga menjaga kelembaban tanah dan tanaman.</p><p>Sumber Daya Air: Cuaca berawan seringkali diikuti oleh hujan atau curah hujan yang lebih tinggi. Hal ini dapat meningkatkan pasokan air bagi sumber daya air, seperti sungai, danau, dan waduk. Air hujan yang dialirkan ke dalam sungai dan danau juga membantu menjaga ketersediaan air bagi kegiatan pertanian dan pengairan.</p><p>Hutan dan Ekosistem: Di daerah dengan keanekaragaman hayati tinggi, cuaca berawan dapat memiliki dampak penting pada ekosistem hutan dan lingkungan alam lainnya. Misalnya, hutan hujan tropis yang banyak tumbuh di daerah subtropis membutuhkan kelembaban yang tinggi untuk menjaga kondisi lingkungan yang optimal bagi berbagai spesies flora dan fauna yang hidup di dalamnya.</p><p>Pariwisata: Cuaca berawan dapat mempengaruhi industri pariwisata di daerah saya. Meskipun cuaca berawan dapat membuat beberapa aktivitas outdoor menjadi kurang menarik bagi wisatawan, namun pada saat yang sama, kondisi cuaca yang sejuk dan nyaman dapat menyediakan pengalaman yang menyenangkan bagi mereka yang ingin menikmati alam terbuka tanpa terkena sinar matahari langsung.</p><p><br>&nbsp;</p>

Keterkaitan antara kondisi cuaca berawan dengan sumber daya alam di suatu daerah dapat bervariasi tergantung pada jenis sumber daya alam yang ada di daerah tersebut. Di daerah saya, yang merupakan wilayah subtropis dengan cuaca yang cenderung hangat sepanjang tahun, kondisi cuaca berawan dapat memiliki dampak pada beberapa sumber daya alam utama, seperti berikut:

Pertanian: Cuaca berawan dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan produksi pertanian secara keseluruhan. Meskipun sebagian tanaman membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk fotosintesis, kondisi cuaca berawan dapat membantu mengurangi kelebihan panas dan mencegah penguapan berlebihan, sehingga menjaga kelembaban tanah dan tanaman.

Sumber Daya Air: Cuaca berawan seringkali diikuti oleh hujan atau curah hujan yang lebih tinggi. Hal ini dapat meningkatkan pasokan air bagi sumber daya air, seperti sungai, danau, dan waduk. Air hujan yang dialirkan ke dalam sungai dan danau juga membantu menjaga ketersediaan air bagi kegiatan pertanian dan pengairan.

Hutan dan Ekosistem: Di daerah dengan keanekaragaman hayati tinggi, cuaca berawan dapat memiliki dampak penting pada ekosistem hutan dan lingkungan alam lainnya. Misalnya, hutan hujan tropis yang banyak tumbuh di daerah subtropis membutuhkan kelembaban yang tinggi untuk menjaga kondisi lingkungan yang optimal bagi berbagai spesies flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

Pariwisata: Cuaca berawan dapat mempengaruhi industri pariwisata di daerah saya. Meskipun cuaca berawan dapat membuat beberapa aktivitas outdoor menjadi kurang menarik bagi wisatawan, namun pada saat yang sama, kondisi cuaca yang sejuk dan nyaman dapat menyediakan pengalaman yang menyenangkan bagi mereka yang ingin menikmati alam terbuka tanpa terkena sinar matahari langsung.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

13

0.0

Jawaban terverifikasi