Salsabilla R

15 Juli 2022 07:45

Iklan

Iklan

Salsabilla R

15 Juli 2022 07:45

Pertanyaan

Jelaskan kebijakan pemerintah pendudukan Jepang di bidang militer


17

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Trinuria

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

08 Desember 2022 05:22

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban benar adalah membentuk pemerintahan militer Angkatan Darat yaituTentara Kedua Puluh Lima, Tentara Keenam Belas, dan pemerintahan militer Angkatan Laut.</p><p>&nbsp;</p><p>Tahun 1942 Jepang mulai menguasai Indonesia. Pada masa pendudukan Jepang, penduduk daerah mulai dilibatkan daam aktivitas pertahanan dan kemiliteran termasuk semimiliter. Oleh karena itu, pemerintah Jepang kemudian membentuk pemerintahan militer dan membagi menjadi tiga wilayah pemerintahan militer.</p><ol><li>Pemerintahan militer Angkatan Darat, yaitu Tentara Kedua Puluh Lima (Tomi Shudan) untuk Sumatera. Pusatnya di Bukittinggi.</li><li>Pemerintahan militer Angkatan Darat, yaitu Tentara Keenam Belas (Asamu Shudan) untuk Jawa dan Madura. Pusatnya di Jakarta. Kekuatan pemerintah militer ini kemudian ditambah dengan Angkatan Laut (Dai Ni Nankenkantai).</li><li>Pemerintahan militer Angkatan Laut, yaitu (Armada Selatan Kedua) untuk daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Pusatnya di Makassar.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Jadi, kebijakan pemerintah pendudukan Jepang di bidang militer adalah membentuk pemerintahan militer Angkatan Darat yaituTentara Kedua Puluh Lima, Tentara Keenam Belas, dan pemerintahan militer Angkatan Laut.</p>

Jawaban benar adalah membentuk pemerintahan militer Angkatan Darat yaituTentara Kedua Puluh Lima, Tentara Keenam Belas, dan pemerintahan militer Angkatan Laut.

 

Tahun 1942 Jepang mulai menguasai Indonesia. Pada masa pendudukan Jepang, penduduk daerah mulai dilibatkan daam aktivitas pertahanan dan kemiliteran termasuk semimiliter. Oleh karena itu, pemerintah Jepang kemudian membentuk pemerintahan militer dan membagi menjadi tiga wilayah pemerintahan militer.

  1. Pemerintahan militer Angkatan Darat, yaitu Tentara Kedua Puluh Lima (Tomi Shudan) untuk Sumatera. Pusatnya di Bukittinggi.
  2. Pemerintahan militer Angkatan Darat, yaitu Tentara Keenam Belas (Asamu Shudan) untuk Jawa dan Madura. Pusatnya di Jakarta. Kekuatan pemerintah militer ini kemudian ditambah dengan Angkatan Laut (Dai Ni Nankenkantai).
  3. Pemerintahan militer Angkatan Laut, yaitu (Armada Selatan Kedua) untuk daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Pusatnya di Makassar.

 

Jadi, kebijakan pemerintah pendudukan Jepang di bidang militer adalah membentuk pemerintahan militer Angkatan Darat yaituTentara Kedua Puluh Lima, Tentara Keenam Belas, dan pemerintahan militer Angkatan Laut.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Zaman renaissance merupakan zaman setelah abad pertengahan atau abad kegelapan. zaman renaissance menekankan pada ....

113

0.0

Jawaban terverifikasi