Gregory A

04 Desember 2023 12:31

Iklan

Iklan

Gregory A

04 Desember 2023 12:31

Pertanyaan

Jelaskan hubungan antara biaya peluang dengan keinginan, kelangkaan, serta kebutuhan!

Jelaskan hubungan antara biaya peluang dengan keinginan, kelangkaan, serta kebutuhan!


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Felicia V

04 Desember 2023 13:02

Jawaban terverifikasi

Biaya peluang memiliki keterkaitan erat dengan keinginan, kelangkaan, dan kebutuhan dalam konteks ekonomi. Keinginan manusia yang tak terbatas bertabrakan dengan kenyataan kelangkaan sumber daya, memaksa individu untuk membuat pilihan. Dalam membuat keputusan, biaya peluang muncul sebagai nilai dari alternatif terbaik yang harus dikorbankan. Kelangkaan sumber daya yang menyebabkan trade-off ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan dasar manusia, yang sering kali menjadi dasar dari keinginan tersebut. Dengan kata lain, biaya peluang mencerminkan nilai dari apa yang diorbankan dalam mencapai suatu keinginan atau memenuhi kebutuhan, menggambarkan kompleksitas dalam konteks ketidaksempurnaan sumber daya dan keputusan ekonomi. Semoga membantu yah Kalo panjang, ambil aja poin² pentingnya


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 April 2024 00:09

Jawaban terverifikasi

<p>Biaya peluang merupakan konsep ekonomi yang menggambarkan nilai terbaik dari alternatif yang dikorbankan ketika memilih satu tindakan atau penggunaan sumber daya tertentu. Hubungan antara biaya peluang dengan keinginan, kelangkaan, dan kebutuhan adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Keinginan</strong>: Keinginan adalah keinginan atau kebutuhan yang tidak terbatas dari individu atau masyarakat untuk memiliki barang atau layanan tertentu. Biaya peluang terkait dengan keinginan terjadi ketika individu harus memilih satu keinginan tertentu untuk dipenuhi, sementara meninggalkan keinginan lainnya yang mungkin kurang penting atau lebih sulit dipenuhi.</p><p><strong>Kelangkaan</strong>: Kelangkaan merujuk pada keterbatasan jumlah sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan yang tidak terbatas. Biaya peluang terkait dengan kelangkaan terjadi karena sumber daya yang digunakan untuk memenuhi satu kebutuhan atau keinginan tidak dapat lagi digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan lainnya yang mungkin lebih mendesak atau menguntungkan.</p><p><strong>Kebutuhan</strong>: Kebutuhan adalah hal-hal dasar yang diperlukan oleh individu atau masyarakat untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kesehatan. Biaya peluang terkait dengan kebutuhan terjadi ketika individu harus memilih antara memenuhi satu kebutuhan tertentu dengan cara tertentu, sementara meninggalkan kebutuhan lainnya yang mungkin juga penting.</p><p><br>&nbsp;</p>

Biaya peluang merupakan konsep ekonomi yang menggambarkan nilai terbaik dari alternatif yang dikorbankan ketika memilih satu tindakan atau penggunaan sumber daya tertentu. Hubungan antara biaya peluang dengan keinginan, kelangkaan, dan kebutuhan adalah sebagai berikut:

Keinginan: Keinginan adalah keinginan atau kebutuhan yang tidak terbatas dari individu atau masyarakat untuk memiliki barang atau layanan tertentu. Biaya peluang terkait dengan keinginan terjadi ketika individu harus memilih satu keinginan tertentu untuk dipenuhi, sementara meninggalkan keinginan lainnya yang mungkin kurang penting atau lebih sulit dipenuhi.

Kelangkaan: Kelangkaan merujuk pada keterbatasan jumlah sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan yang tidak terbatas. Biaya peluang terkait dengan kelangkaan terjadi karena sumber daya yang digunakan untuk memenuhi satu kebutuhan atau keinginan tidak dapat lagi digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan lainnya yang mungkin lebih mendesak atau menguntungkan.

Kebutuhan: Kebutuhan adalah hal-hal dasar yang diperlukan oleh individu atau masyarakat untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kesehatan. Biaya peluang terkait dengan kebutuhan terjadi ketika individu harus memilih antara memenuhi satu kebutuhan tertentu dengan cara tertentu, sementara meninggalkan kebutuhan lainnya yang mungkin juga penting.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu faktor penghambat perdagangan internasional adalah ....

643

0.0

Jawaban terverifikasi