ShiAnn S

11 November 2023 15:05

Iklan

Iklan

ShiAnn S

11 November 2023 15:05

Pertanyaan

Jelaskan fungsi, contoh aplikasi dan penerapan fitur sistem informasi geografis (SIG) manipulasi dan analis data spasial " scoring "

Jelaskan fungsi, contoh aplikasi dan penerapan fitur sistem informasi geografis (SIG) manipulasi dan analis data spasial "scoring"


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kenn K

12 November 2023 13:04

Jawaban terverifikasi

<p>Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, menganalisis, dan memvisualisasikan data geografis. Salah satu fitur penting dalam SIG adalah kemampuan manipulasi dan analisis data spasial "scoring". Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk memberikan penilaian atau skor pada data spasial berdasarkan kriteria tertentu.Contoh aplikasi dari fitur manipulasi dan analisis data spasial "scoring" dalam SIG adalah dalam pemetaan risiko bencana. Misalnya, dalam pemetaan risiko banjir, data spasial seperti curah hujan, topografi, dan penggunaan lahan dapat dianalisis dan diberi skor untuk menentukan daerah-daerah yang rentan terhadap banjir. Skor ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan tindakan mitigasi atau perencanaan pengembangan yang lebih baik.Penerapan fitur manipulasi dan analisis data spasial "scoring" dalam SIG juga dapat ditemukan dalam pengambilan keputusan bisnis. Misalnya, dalam industri ritel, data spasial seperti lokasi toko, demografi konsumen, dan persaingan dapat dianalisis dan diberi skor untuk menentukan lokasi yang potensial untuk membuka toko baru. Skor ini dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan strategi ekspansi dan meningkatkan keuntungan.Fitur manipulasi dan analisis data spasial "scoring" dalam SIG juga dapat digunakan dalam perencanaan transportasi. Misalnya, dalam perencanaan rute transportasi umum, data spasial seperti jaringan jalan, lokasi halte, dan lain lain.</p>

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, menganalisis, dan memvisualisasikan data geografis. Salah satu fitur penting dalam SIG adalah kemampuan manipulasi dan analisis data spasial "scoring". Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk memberikan penilaian atau skor pada data spasial berdasarkan kriteria tertentu.Contoh aplikasi dari fitur manipulasi dan analisis data spasial "scoring" dalam SIG adalah dalam pemetaan risiko bencana. Misalnya, dalam pemetaan risiko banjir, data spasial seperti curah hujan, topografi, dan penggunaan lahan dapat dianalisis dan diberi skor untuk menentukan daerah-daerah yang rentan terhadap banjir. Skor ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan tindakan mitigasi atau perencanaan pengembangan yang lebih baik.Penerapan fitur manipulasi dan analisis data spasial "scoring" dalam SIG juga dapat ditemukan dalam pengambilan keputusan bisnis. Misalnya, dalam industri ritel, data spasial seperti lokasi toko, demografi konsumen, dan persaingan dapat dianalisis dan diberi skor untuk menentukan lokasi yang potensial untuk membuka toko baru. Skor ini dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan strategi ekspansi dan meningkatkan keuntungan.Fitur manipulasi dan analisis data spasial "scoring" dalam SIG juga dapat digunakan dalam perencanaan transportasi. Misalnya, dalam perencanaan rute transportasi umum, data spasial seperti jaringan jalan, lokasi halte, dan lain lain.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 April 2024 01:49

Jawaban terverifikasi

<p>Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki fitur manipulasi dan analisis data spasial yang sangat berguna, salah satunya adalah "scoring". Berikut adalah penjelasan tentang fungsi, contoh aplikasi, dan penerapan fitur tersebut:</p><p><strong>Fungsi:</strong></p><p>Fitur "scoring" dalam SIG digunakan untuk memberikan nilai atau skor pada lokasi-lokasi tertentu berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Fungsi utamanya adalah untuk membantu dalam pengambilan keputusan dengan memberikan penilaian atau peringkat terhadap lokasi-lokasi berdasarkan kepentingan atau preferensi tertentu.</p><p><strong>Contoh Aplikasi:</strong></p><p><strong>Penilaian Risiko Bencana</strong>: Dalam mitigasi bencana, "scoring" dapat digunakan untuk memberikan nilai risiko pada berbagai lokasi berdasarkan faktor-faktor seperti kemiringan lereng, jenis tanah, tingkat erosi, dan jarak terhadap sumber air.</p><p><strong>Penentuan Lokasi Usaha</strong>: Dalam perencanaan bisnis, "scoring" dapat digunakan untuk memberikan penilaian pada lokasi-lokasi potensial untuk membuka usaha baru, berdasarkan kriteria seperti aksesibilitas, demografi penduduk, dan persaingan pasar.</p><p><strong>Penentuan Lokasi Fasilitas Umum</strong>: Dalam perencanaan kota, "scoring" dapat digunakan untuk menentukan lokasi yang optimal untuk membangun fasilitas umum seperti taman, sekolah, atau rumah sakit, berdasarkan kebutuhan masyarakat dan ketersediaan lahan.</p><p><strong>Penerapan:</strong></p><p><strong>Pengambilan Keputusan</strong>: Hasil skor atau nilai dari analisis "scoring" dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam berbagai bidang, seperti perencanaan kota, manajemen lingkungan, atau investasi bisnis.</p><p><strong>Perencanaan dan Pengembangan</strong>: Analisis "scoring" dapat membantu dalam perencanaan dan pengembangan suatu wilayah atau proyek dengan memberikan informasi tentang lokasi-lokasi yang memiliki nilai atau potensi tertinggi.</p><p><strong>Evaluasi dan Pemantauan</strong>: Setelah suatu kebijakan atau proyek diimplementasikan, "scoring" dapat digunakan untuk evaluasi dan pemantauan terhadap efektivitas dan dampaknya terhadap berbagai lokasi yang terlibat.</p><p><br>&nbsp;</p>

Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki fitur manipulasi dan analisis data spasial yang sangat berguna, salah satunya adalah "scoring". Berikut adalah penjelasan tentang fungsi, contoh aplikasi, dan penerapan fitur tersebut:

Fungsi:

Fitur "scoring" dalam SIG digunakan untuk memberikan nilai atau skor pada lokasi-lokasi tertentu berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Fungsi utamanya adalah untuk membantu dalam pengambilan keputusan dengan memberikan penilaian atau peringkat terhadap lokasi-lokasi berdasarkan kepentingan atau preferensi tertentu.

Contoh Aplikasi:

Penilaian Risiko Bencana: Dalam mitigasi bencana, "scoring" dapat digunakan untuk memberikan nilai risiko pada berbagai lokasi berdasarkan faktor-faktor seperti kemiringan lereng, jenis tanah, tingkat erosi, dan jarak terhadap sumber air.

Penentuan Lokasi Usaha: Dalam perencanaan bisnis, "scoring" dapat digunakan untuk memberikan penilaian pada lokasi-lokasi potensial untuk membuka usaha baru, berdasarkan kriteria seperti aksesibilitas, demografi penduduk, dan persaingan pasar.

Penentuan Lokasi Fasilitas Umum: Dalam perencanaan kota, "scoring" dapat digunakan untuk menentukan lokasi yang optimal untuk membangun fasilitas umum seperti taman, sekolah, atau rumah sakit, berdasarkan kebutuhan masyarakat dan ketersediaan lahan.

Penerapan:

Pengambilan Keputusan: Hasil skor atau nilai dari analisis "scoring" dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam berbagai bidang, seperti perencanaan kota, manajemen lingkungan, atau investasi bisnis.

Perencanaan dan Pengembangan: Analisis "scoring" dapat membantu dalam perencanaan dan pengembangan suatu wilayah atau proyek dengan memberikan informasi tentang lokasi-lokasi yang memiliki nilai atau potensi tertinggi.

Evaluasi dan Pemantauan: Setelah suatu kebijakan atau proyek diimplementasikan, "scoring" dapat digunakan untuk evaluasi dan pemantauan terhadap efektivitas dan dampaknya terhadap berbagai lokasi yang terlibat.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

indonesia merupakan negara yang sangat subur yang mana sektor pertanian sangat berpotensi untuk menjadi pendorong kemajuan nasional, namun saaat ini sektor agrikutur masih mengalami banyak hambatan, jelaskan yang menjadi penghambat perkembangan agrikultur di indonesia

731

0.0

Jawaban terverifikasi