Rizqa N

21 Oktober 2021 05:00

Iklan

Iklan

Rizqa N

21 Oktober 2021 05:00

Pertanyaan

jelaskan faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial budaya


7

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Hariri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

26 Oktober 2021 04:48

Jawaban terverifikasi

Halo Rizqa N, kakak bantu jawab ya! :) Perubahan sosial bukanlah gejala yang berdiri sendiri. Perubahan tersebut tentu mempunyai faktor pendorongnya, diantaranya adalah sebagai berikut : 1) Kontak dengan budaya lain, penyampaian pengetahuan tentang ide, keyakinan, dan hasil-hasil budaya. Adanya kontak dengan budaya lain menjadikan satu kebudayaan bertemu dan saling bertukar pengetahuan. 2) Sistem pendidikan yang maju, pendidikan mengajarkan manusia untuk berpikir ilmiah dan objektif sehingga manusia dapat menilai bentuk kebudayaan yang sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. 3) Sikap menghargai hasil karya orang lain, dengan menghargai hasil karya individu lain, maka mendorong individu tersebut untuk berinovasi. 4) Sistem masyarakat terbuka, memungkinkan terjadinya gerak sosial vertikal yang lebih tinggi sehingga memberi kesempatan kepada individu untuk maju. 5) Ketidakpuasan terhadap bidang-bidang tertentu, dilatarbelakangi oleh rasa ketidakpuasan terhadap situasi dan kondisi saat itu hingga menimbulkan kekecewaan dan berujung pada revolusi dalam tubuh masyarakat. 6) Toleransi dalam perubahan sosial, menjadikan masyarakat lebih mudah menerima hal-hal baru. 7) Heterogenitas masyarakat dalam perubahan sosial, keberagaman dapat menimbulkan konflik antarkelompok dan konflik mendorong terjadinya perubahan sosial. Semoga jawabannya membantu ya! :)


Muhammad A

24 September 2022 07:09

Terimakasih kak

Iklan

Iklan

Cesarina A

21 Oktober 2021 11:55

Faktor-faktor Pendorong Terjadinya Perubahan Sosial Budaya adalah: 1. Kontak dengan kebudayaan lain 2. Sistem pendidikan formal yang maju 3. Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju 4. Toleransi terhadap perubahan-perubahan yang menyimpang 5. Penduduk yang heterogen.


Ahmad S

07 Maret 2023 00:30

Jelaskan faktor pendorong perubahan sosial dalam informasi tersebut


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Memberikan kasih sayang penuh kepada anak (2) Menanamkan perilaku bertang gungjawab pada setiap generasi (3) Menghargai hak demokrasi setiap warga (4). Membimbing genarasi untuk menjalankan keyakinan yang dianutnya Fungsi lembaga agama terdapat pada nomor .... a. 1 b. 2 c. 3 d. 4

65

0.0

Jawaban terverifikasi