Nythzzzz N

11 Juni 2024 02:53

Iklan

Iklan

Nythzzzz N

11 Juni 2024 02:53

Pertanyaan

Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air di perairan darat dan perairan laut

Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air di perairan darat dan perairan laut


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

11 Juni 2024 16:16

Jawaban terverifikasi

<p>pengertian 🌷</p><p>Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu Perairan Darat Perairan darat ialah <strong>air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai dan lain sebagainya, serta Perairan Laut Perairan laut ialah permukaan yang berada di lautan luas</strong>. Contohnya seperti air laut yang berada di laut</p><p>kualitas perairan laut 🌷</p><p>Faktor-faktor lain yang mensifati kualitas air laut antaranya adalah <i><strong>salinitas, suhu dan kandungan oksigen.</strong></i> Dalam era pembangunan Indonesia sekarang ini, idustri berkembang dengan pesat sementara penduduk pun bertambah dengan pesat pula.</p><p>kualitas perairan darat 🌷</p><p>Perairan darat meliputi sungai, danau, rawa, mas atau bendungan, empang, sawah, dan tambak.</p><p>Kualitas air darat dipengaruhi oleh muatan unsur hara dan sedimen. Kelebihan nitrogen dan/atau fosfor dapat menciptakan kondisi pertumbuhan alga dan pertumbuhan tanaman air yang menyebabkan eutrofikasi dan kematian ikan (Chapman, 1996).</p>

pengertian 🌷

Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu Perairan Darat Perairan darat ialah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai dan lain sebagainya, serta Perairan Laut Perairan laut ialah permukaan yang berada di lautan luas. Contohnya seperti air laut yang berada di laut

kualitas perairan laut 🌷

Faktor-faktor lain yang mensifati kualitas air laut antaranya adalah salinitas, suhu dan kandungan oksigen. Dalam era pembangunan Indonesia sekarang ini, idustri berkembang dengan pesat sementara penduduk pun bertambah dengan pesat pula.

kualitas perairan darat 🌷

Perairan darat meliputi sungai, danau, rawa, mas atau bendungan, empang, sawah, dan tambak.

Kualitas air darat dipengaruhi oleh muatan unsur hara dan sedimen. Kelebihan nitrogen dan/atau fosfor dapat menciptakan kondisi pertumbuhan alga dan pertumbuhan tanaman air yang menyebabkan eutrofikasi dan kematian ikan (Chapman, 1996).


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 04:15

Jawaban terverifikasi

<p>Kualitas air di perairan darat dan perairan laut dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kompleks, termasuk faktor alami dan manusia. Berikut adalah beberapa faktor utama yang mempengaruhi kualitas air di kedua jenis perairan tersebut:</p><p>Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Air di Perairan Darat:</p><p><strong>Sumber Air dan Polusi Alamiah</strong>: Kualitas air dapat dipengaruhi oleh sumber air utama seperti sungai, danau, atau waduk. Faktor alamiah seperti erosi tanah, aliran air, dan cuaca dapat mempengaruhi tingkat kekeruhan, sedimentasi, dan kandungan mineral dalam air.</p><p><strong>Aktivitas Manusia</strong>: Aktivitas pertanian, pemukiman, dan industri dapat menyebabkan pencemaran air dengan limbah organik (misalnya dari pupuk dan pestisida), limbah industri (seperti limbah kimia), dan limbah domestik (seperti air limbah domestik).</p><p><strong>Pencemaran Udara</strong>: Polusi udara juga dapat mempengaruhi kualitas air dengan menambahkan zat-zat beracun ke dalam air melalui proses deposisi.</p><p><strong>Penggunaan Air</strong>: Penggunaan air untuk irigasi pertanian, konsumsi manusia, dan kebutuhan industri dapat mempengaruhi jumlah air yang tersedia dan kualitasnya.</p><p><strong>Perubahan Iklim</strong>: Perubahan iklim dapat mempengaruhi siklus air, pola curah hujan, dan suhu air, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kualitas air.</p><p>Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Air di Perairan Laut:</p><p><strong>Sumber Air dan Aliran Air</strong>: Kualitas air di laut dipengaruhi oleh aliran air laut, arus laut, dan proses alamiah lainnya seperti evapotranspirasi.</p><p><strong>Pengaruh Daratan</strong>: Sungai-sungai dan aliran air dari daratan dapat membawa limbah dan polutan ke perairan laut, mempengaruhi kualitas air di daerah pesisir.</p><p><strong>Pencemaran Laut</strong>: Aktivitas manusia seperti pembuangan limbah industri, limbah domestik, dan limbah dari kapal dapat mencemari perairan laut.</p><p><strong>Ekosistem Terumbu Karang</strong>: Kesehatan ekosistem terumbu karang sangat penting untuk menjaga kualitas air di perairan tropis. Pencemaran dan perubahan suhu air dapat mengancam keberlangsungan terumbu karang.</p><p><strong>Aktivitas Pesisir</strong>: Aktivitas pariwisata, pembangunan pesisir, dan penggunaan laut untuk kegiatan rekreasi atau transportasi juga dapat mempengaruhi kualitas air di perairan laut.</p><p><strong>Perubahan Iklim dan Suhu</strong>: Peningkatan suhu laut akibat perubahan iklim dapat mengubah keseimbangan ekosistem laut dan mempengaruhi kualitas air.</p>

Kualitas air di perairan darat dan perairan laut dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kompleks, termasuk faktor alami dan manusia. Berikut adalah beberapa faktor utama yang mempengaruhi kualitas air di kedua jenis perairan tersebut:

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Air di Perairan Darat:

Sumber Air dan Polusi Alamiah: Kualitas air dapat dipengaruhi oleh sumber air utama seperti sungai, danau, atau waduk. Faktor alamiah seperti erosi tanah, aliran air, dan cuaca dapat mempengaruhi tingkat kekeruhan, sedimentasi, dan kandungan mineral dalam air.

Aktivitas Manusia: Aktivitas pertanian, pemukiman, dan industri dapat menyebabkan pencemaran air dengan limbah organik (misalnya dari pupuk dan pestisida), limbah industri (seperti limbah kimia), dan limbah domestik (seperti air limbah domestik).

Pencemaran Udara: Polusi udara juga dapat mempengaruhi kualitas air dengan menambahkan zat-zat beracun ke dalam air melalui proses deposisi.

Penggunaan Air: Penggunaan air untuk irigasi pertanian, konsumsi manusia, dan kebutuhan industri dapat mempengaruhi jumlah air yang tersedia dan kualitasnya.

Perubahan Iklim: Perubahan iklim dapat mempengaruhi siklus air, pola curah hujan, dan suhu air, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kualitas air.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Air di Perairan Laut:

Sumber Air dan Aliran Air: Kualitas air di laut dipengaruhi oleh aliran air laut, arus laut, dan proses alamiah lainnya seperti evapotranspirasi.

Pengaruh Daratan: Sungai-sungai dan aliran air dari daratan dapat membawa limbah dan polutan ke perairan laut, mempengaruhi kualitas air di daerah pesisir.

Pencemaran Laut: Aktivitas manusia seperti pembuangan limbah industri, limbah domestik, dan limbah dari kapal dapat mencemari perairan laut.

Ekosistem Terumbu Karang: Kesehatan ekosistem terumbu karang sangat penting untuk menjaga kualitas air di perairan tropis. Pencemaran dan perubahan suhu air dapat mengancam keberlangsungan terumbu karang.

Aktivitas Pesisir: Aktivitas pariwisata, pembangunan pesisir, dan penggunaan laut untuk kegiatan rekreasi atau transportasi juga dapat mempengaruhi kualitas air di perairan laut.

Perubahan Iklim dan Suhu: Peningkatan suhu laut akibat perubahan iklim dapat mengubah keseimbangan ekosistem laut dan mempengaruhi kualitas air.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa pengertian daging sapi 3D? 2) Apakah mesin daging sapi 3D tersedia di Indonesia? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh tempat perusahaan! (Jika ada) 3) Apa jadinya kalau semua orang mengkonsumsi daging dari mesin 3D? dan bagaimana nasib hewan sapi aslinya? Jelaskan kesimpulan!

7

5.0

Jawaban terverifikasi

Sekarang kita telah memasuki tahun 1446 H tepatnya di bulan Muharram, bulan pertama yang mengawali penanganan Hijriyah. Ada yang wajib kita sadari bahwa penetapan tahun Hijriyah bukan sekedar memberikan kesan, perubahan dan tanggal. lebih daripada itu, penetapan komentum hijriyah nabi S.A.W dari Mekkah ke yatsrib yang kelak telah menjadi Madinah suatu kota yang menginspirasi, mencerahkan dan berkemajuan seakan memberikan kesan pada kita setiap. Kita melangkah kapanpun itu dan dimanapun itu umat Islam dalam petunjuk yang Allah berikan pada mereka. Kurikulum kehidupan yang dibentuk oleh Allah sempurna pasti memberikan warna-warna yang mencerahkan sehingga dapat merubah suatu yang tertinggal menjadi berkemajuan, merubah suatu yang cenderung jenuh, menjadi sesuatu yang terang dan mencerahkan, merubah suasana yang sulit menjadi lapang inilah ciri khas muslim dengan membawa tuntunan Islam. Hijriyah juga dipahami di hadis nabi S.A.W dalam meninggalkan sesuatu yang kurang baik menuju kepada setiap yang mulia, meninggalkan yang salah dan menuju yang sholeh maka segala yang dilakukan itu dinamakan Muharram, segala sikap negatif disebut Muharram hukumnya haram. Jika kita ingin menjadikan semua itu sebagai landasan dan waktu serta momentum untuk memulai meninggalkan segala yang dilarang maka, secepatnya tambah alif lam di depan Muharram yang jadinya Al Muharram (bulan pertama di tahun Hijriyah) kata Muharram yang bukan sekedar menunjukkan waktu berubah, mengganti bulan, mengganti waktunya tapi esensinya ini memberikan pelajaran yang dalam kepada kita semua. Jika kita ingin berhijrah maka mulailah meninggalkan segala sesuatu yang Allah dan rasulnya larang maka dengan itu akan terbuka peluang-peluang kebaikan yang mampu dilakukan oleh seluruh tubuh kita. tolong text tersebut dirangkum intinya

9

0.0

Jawaban terverifikasi