Era E

27 September 2023 10:35

Iklan

Era E

27 September 2023 10:35

Pertanyaan

jelaskan dan gambarkan terjadinya gerhana matahari

jelaskan dan gambarkan terjadinya gerhana matahari

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

10

:

20

:

48

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

27 September 2023 11:04

Jawaban terverifikasi

<p>Gerhana matahari terjadi <strong>jika posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus atau jika bulan berada di antara bumi dan matahari. Bulan yang terletak di antara bumi dan matahari, menyebabkan bayang-bayang bulan mengenai bumi, sehingga cahaya matahari yang menuju bumi terhalang oleh bulan. Gerhana matahari terjadi pada siang hari. </strong><i>(Gambar pada lampiran)</i></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pembahasan</strong></p><p>Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang terjadi pada siang hari. Gerhana matahari terjadi karena posisi matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus, sehingga bulang menghalangi cahaya matahari untuk sampai ke bumi. Bagian bumi yang tertutup oleh bulan akan gelap.</p><p><strong>Berdasarkan posisi bayangan yang dihasilkan bulan, gerhana matahari dibedakan menjadi empat yaitu:</strong></p><ol><li><strong>Gerhana matahari total,</strong> jika bulan menutupi matahari sepenuhnya.</li><li><strong>Gerhana matahari sebagian,</strong> jika bulan hanya melintasi titik tegah matahari.</li><li><strong>Gerhana matahari cincin,</strong> jika piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari.</li><li><strong>Gerhana matahari hibrida atau campuran,</strong> terjadi karena kondisi ini berubah saat gerhana sedang berlangsung. Gerhana matahari ini dangat indah..</li></ol>

Gerhana matahari terjadi jika posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus atau jika bulan berada di antara bumi dan matahari. Bulan yang terletak di antara bumi dan matahari, menyebabkan bayang-bayang bulan mengenai bumi, sehingga cahaya matahari yang menuju bumi terhalang oleh bulan. Gerhana matahari terjadi pada siang hari. (Gambar pada lampiran)

 

Pembahasan

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang terjadi pada siang hari. Gerhana matahari terjadi karena posisi matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus, sehingga bulang menghalangi cahaya matahari untuk sampai ke bumi. Bagian bumi yang tertutup oleh bulan akan gelap.

Berdasarkan posisi bayangan yang dihasilkan bulan, gerhana matahari dibedakan menjadi empat yaitu:

  1. Gerhana matahari total, jika bulan menutupi matahari sepenuhnya.
  2. Gerhana matahari sebagian, jika bulan hanya melintasi titik tegah matahari.
  3. Gerhana matahari cincin, jika piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari.
  4. Gerhana matahari hibrida atau campuran, terjadi karena kondisi ini berubah saat gerhana sedang berlangsung. Gerhana matahari ini dangat indah..
alt

Iklan

Nanda R

Community

27 September 2023 11:26

<p>Proses terjadinya gerhana matahari diawali dengan tergelincirnya bayang-bayang bulan ke permukaan bumi, karena bulan menghalangi sinar matahari ke bumi. Fenomena ini dapat terjadi jika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari yang terhalang oleh bulan tidak sampai ke bumi.</p>

Proses terjadinya gerhana matahari diawali dengan tergelincirnya bayang-bayang bulan ke permukaan bumi, karena bulan menghalangi sinar matahari ke bumi. Fenomena ini dapat terjadi jika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari yang terhalang oleh bulan tidak sampai ke bumi.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan