Dwi K

29 September 2021 16:02

Iklan

Iklan

Dwi K

29 September 2021 16:02

Pertanyaan

Jelaskan dan berilah masing-masing 2 contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat.


348

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Kartika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

16 Januari 2022 18:05

Jawaban terverifikasi

Halo Dwi, kakak bantu jawab ya. Konflik dapat diartikan sebagai adanya dua hal atau lebih yang berseberangan, tidak selaras, dan bertentangan. Namun di sisi lain, konflik juga memiliki fungsi dan dampak positif bagi masyarakat. Adapun dampak positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakay yaitu: 1. Bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok. Perselishan, pertikaian akibat konflik menyebabkan rasa solidaritas suatu kelompok semakin kuat karena kesamaan untuk saling menajaga dan melindungi serta saling membutuhkan yang tinggi. Contohnya: konflik antar agama akan mempererat solidaritas suatu agama, konflik antar daerah akan memperkuat solidaritas kelompok daerah tersebut. 2. Memperkuat, memperbaiki, maupun membuat kebijakan baru yang positif. Karena konflik yang sering terjadi, menyebabkan pemerintah membuat atau mengubah kebijakan untuk memperketat agar konflik tersebut tidak terulang kembali. Contohnya: konflik di antara ormas akan memperketat kebijakan pemerintah mengenai ormas yang legal / ilegas yang sesuai dengan konstitusi, konflik antar buruh dan juga pemerintah akan membuat kebijakan yang menjadi lebih baik. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan roboguru, semoga membantu ya:)


Malika A

10 Januari 2023 01:00

mksii

— Tampilkan 1 balasan lainnya

Iklan

Iklan

INDRIS S

30 September 2021 04:41

Contoh akibat positif yang dimana berasal dari konflik yang terjadi pada sebuah kelompok masyarakat adalah : Contoh Positif 1. Akan terciptanya berbagai macam bentuk dair norma masyarakat yang dimana baru 2. Akan menghidupkan kembali berbagai macam bentuk norma yang diman telah ada sejak lama 3. Akan melkaukan penyesuaian terhadap berbagai macam bentuk dari norma yang ada pada sebuah masyarakat 4. Pada berbagai macam bentuk dari aspek kehidupan yang dimana masih belum jelas akan dapat dilakukan penuntasan dan juga dilakukan perjelasan 5. Akan meningkatkan rasa solidaritas yagn dimana dimiliki oleh sesama anggota masyarakat dan golongan. Contoh Masalah 1. Debat pendapat di sekolah : Akan mengajarkan kita untuk menghargai pendapat yang berada diantara yang satu dengan yang lainnya. 2. Konflik SARA : Akan dilakukannya peninjauan kembali apabila terdapat sebuah masalah pada Undang Undang yang telah dibuat sebelumnya.


Nayra A

11 Februari 2023 13:01

Terimakasih

Akun A

03 Januari 2023 07:52

Jelaskan dan berilah masing² 2 contoh akibat negatif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat


A R

16 Februari 2023 07:01

Jelaskan dan berilah masing masing 2 contoh akibat positif dari konflik yg terjadi dalam masyarakat


Tiara T

07 Maret 2024 12:31

Jelaskan dan berilah masing-masing 2 contoh akibat positif dari konflik yang terjadi dalam masyarakat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

menggambarkan wilayah dan pihak-pihak yang terlibat dalam perbedaan peta konflik (bentuk- bentuk konflik) disebut ..... a mapping of issue b geographical gmaps с mapping of power alignments d mapping of needs andi fears e semua jawaban benar

997

0.0

Jawaban terverifikasi