Varyna N

22 Agustus 2023 12:12

Iklan

Iklan

Varyna N

22 Agustus 2023 12:12

Pertanyaan

Jelaskan dampak positif (manfaat) dan dampak negatif dari: 1. Pernafasan Anaerob/Fermentasi 2. Perkaratan atau korosi 3. Fotosintesis 4. Pernafasan Aerob 5. Pembakaran Sempurna 6. Reaksi sabun atau detergen dalam air Serta solusi dari dampak/efek negatif tersebut?


6

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 13:02

Jawaban terverifikasi

1. Pernafasan Anaerob/Fermentasi: - Dampak Positif: Menghasilkan energi dalam kondisi kurangnya oksigen. - Dampak Negatif: Menghasilkan sedikit energi dan akumulasi produk sampingan yang bisa beracun. - Solusi: Penggunaan proses pernafasan aerob yang lebih efisien saat oksigen tersedia. 2. Perkaratan atau Korosi: - Dampak Positif: Tidak ada dampak positif secara umum. - Dampak Negatif: Kerusakan dan penurunan daya tahan bahan logam akibat reaksi dengan oksigen dan air. - Solusi: Pelapisan pelindung atau penggunaan bahan yang tahan korosi untuk menghambat reaksi kimia. 3. Fotosintesis: - Dampak Positif: Menghasilkan oksigen dan sumber energi (glukosa) bagi organisme. - Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan secara umum. - Solusi: Tidak ada solusi yang diperlukan. 4. Pernafasan Aerob: - Dampak Positif: Menghasilkan energi secara efisien dalam kondisi oksigen cukup. - Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan secara umum. - Solusi: Tidak ada solusi yang diperlukan. 5. Pembakaran Sempurna: - Dampak Positif: Menghasilkan energi dan produk sampingan yang lebih sedikit. - Dampak Negatif: Emisi gas buang yang mencemari udara, seperti karbon dioksida dan polutan. - Solusi: Menggunakan teknologi pembakaran yang lebih bersih dan efisien, serta beralih ke sumber energi terbarukan. 6. Reaksi Sabun atau Detergen dalam Air: - Dampak Positif: Membantu membersihkan permukaan dan menghilangkan kotoran. - Dampak Negatif: Pencemaran air akibat bahan kimia dalam sabun atau detergen. - Solusi: Menggunakan produk pembersih yang ramah lingkungan dan lebih mudah terurai, serta mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya. Penting untuk selalu mempertimbangkan dampak lingkungan dan kesehatan saat menggunakan atau mengandalkan proses-proses ini.


Varyna N

22 Agustus 2023 18:42

Terimakasih ya πŸ™

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 15:03

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah penjelasan mengenai dampak positif (manfaat) dan dampak negatif dari beberapa fenomena kimia, beserta solusi untuk mengatasi dampak negatifnya:</p><p><strong>1. Pernafasan Anaerob/Fermentasi:</strong></p><ul><li>Dampak Positif: Menghasilkan energi (ATP) dalam kondisi kurangnya oksigen.</li><li>Dampak Negatif: Menghasilkan produk sampingan berupa asam laktat atau etanol yang dapat menyebabkan penumpukan asam dan penurunan pH, serta produksi energi yang lebih rendah daripada pernafasan aerob.</li><li>Solusi: Mengurangi produksi produk sampingan dengan mengarahkan proses respirasi ke arah pernafasan aerob yang lebih efisien.</li></ul><p><strong>2. Perkaratan atau Korosi:</strong></p><ul><li>Dampak Positif: Tidak ada dampak positif dari perkaratan atau korosi.</li><li>Dampak Negatif: Kerusakan dan penurunan masa pakai logam akibat oksidasi dengan oksigen dan kelembaban udara.</li><li>Solusi: Penggunaan pelapis atau lapisan protektif, seperti cat atau pelapis anti-korosi, untuk mencegah kontak langsung logam dengan udara dan air.</li></ul><p><strong>3. Fotosintesis:</strong></p><ul><li>Dampak Positif: Menghasilkan oksigen dan glukosa (energi) melalui reaksi kimia dengan energi matahari.</li><li>Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan dari fotosintesis.</li><li>Solusi: -</li></ul><p><strong>4. Pernafasan Aerob:</strong></p><ul><li>Dampak Positif: Menghasilkan energi (ATP) dengan efisiensi lebih tinggi daripada pernafasan anaerob.</li><li>Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan dari pernafasan aerob.</li><li>Solusi: -</li></ul><p><strong>5. Pembakaran Sempurna:</strong></p><ul><li>Dampak Positif: Menghasilkan energi dan produk hasil pembakaran yang lebih bersih (karbon dioksida dan air).</li><li>Dampak Negatif: Emisi polutan seperti nitrogen oksida dan partikel berbahaya dari pembakaran bahan bakar fosil.</li><li>Solusi: Penggunaan teknologi yang lebih bersih dan efisien dalam pembakaran, serta beralih ke sumber energi terbarukan.</li></ul><p><strong>6. Reaksi Sabun atau Detergen dalam Air:</strong></p><ul><li>Dampak Positif: Memudahkan membersihkan kotoran dari permukaan dan membentuk emulsi untuk mengangkat minyak dan lemak.</li><li>Dampak Negatif: Pencemaran lingkungan air akibat fosfat dalam detergen yang dapat mengakibatkan eutrofikasi dan merusak ekosistem air.</li><li>Solusi: Menggunakan detergen bebas fosfat, penggunaan yang bijak, dan pengolahan air limbah yang tepat.</li></ul><p>Penting untuk mencari solusi yang tepat guna mengurangi dampak negatif dari proses kimia dan fenomena alam ini untuk menjaga lingkungan dan keseimbangan ekosistem.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Berikut adalah penjelasan mengenai dampak positif (manfaat) dan dampak negatif dari beberapa fenomena kimia, beserta solusi untuk mengatasi dampak negatifnya:

1. Pernafasan Anaerob/Fermentasi:

  • Dampak Positif: Menghasilkan energi (ATP) dalam kondisi kurangnya oksigen.
  • Dampak Negatif: Menghasilkan produk sampingan berupa asam laktat atau etanol yang dapat menyebabkan penumpukan asam dan penurunan pH, serta produksi energi yang lebih rendah daripada pernafasan aerob.
  • Solusi: Mengurangi produksi produk sampingan dengan mengarahkan proses respirasi ke arah pernafasan aerob yang lebih efisien.

2. Perkaratan atau Korosi:

  • Dampak Positif: Tidak ada dampak positif dari perkaratan atau korosi.
  • Dampak Negatif: Kerusakan dan penurunan masa pakai logam akibat oksidasi dengan oksigen dan kelembaban udara.
  • Solusi: Penggunaan pelapis atau lapisan protektif, seperti cat atau pelapis anti-korosi, untuk mencegah kontak langsung logam dengan udara dan air.

3. Fotosintesis:

  • Dampak Positif: Menghasilkan oksigen dan glukosa (energi) melalui reaksi kimia dengan energi matahari.
  • Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan dari fotosintesis.
  • Solusi: -

4. Pernafasan Aerob:

  • Dampak Positif: Menghasilkan energi (ATP) dengan efisiensi lebih tinggi daripada pernafasan anaerob.
  • Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan dari pernafasan aerob.
  • Solusi: -

5. Pembakaran Sempurna:

  • Dampak Positif: Menghasilkan energi dan produk hasil pembakaran yang lebih bersih (karbon dioksida dan air).
  • Dampak Negatif: Emisi polutan seperti nitrogen oksida dan partikel berbahaya dari pembakaran bahan bakar fosil.
  • Solusi: Penggunaan teknologi yang lebih bersih dan efisien dalam pembakaran, serta beralih ke sumber energi terbarukan.

6. Reaksi Sabun atau Detergen dalam Air:

  • Dampak Positif: Memudahkan membersihkan kotoran dari permukaan dan membentuk emulsi untuk mengangkat minyak dan lemak.
  • Dampak Negatif: Pencemaran lingkungan air akibat fosfat dalam detergen yang dapat mengakibatkan eutrofikasi dan merusak ekosistem air.
  • Solusi: Menggunakan detergen bebas fosfat, penggunaan yang bijak, dan pengolahan air limbah yang tepat.

Penting untuk mencari solusi yang tepat guna mengurangi dampak negatif dari proses kimia dan fenomena alam ini untuk menjaga lingkungan dan keseimbangan ekosistem.

 

 


 


Varyna N

22 Agustus 2023 18:43

Terimakasih ya πŸ™

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

23 Agustus 2023 02:22

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini. Pembahasan: 1. Pernafasan Anaerob/Fermentasi: - Manfaat: Mampu menghasilkan energi dalam kondisi kurang oksigen. - Dampak Negatif: Menghasilkan asam laktat yang dapat menyebabkan kelelahan otot. - Solusi: Istirahat dan pemulihan untuk menghilangkan asam laktat, serta meningkatkan kondisi aerobik tubuh. 2. Perkaratan atau Korosi: - Manfaat: Tidak ada manfaat yang signifikan, ini adalah proses merusak logam. - Dampak Negatif: Merusak struktur logam, mengurangi umur pakai dan keamanannya. - Solusi: Penggunaan pelapis anti-korosi, pemeliharaan rutin, dan penghindaran kontak dengan zat-zat penyebab korosi. 3. Fotosintesis: - Manfaat: Menghasilkan oksigen dan gula yang diperlukan oleh makhluk hidup. - Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan dari fotosintesis itu sendiri. - Solusi: Tidak ada solusi yang diperlukan untuk dampak negatifnya. 4. Pernafasan Aerob: - Manfaat: Menghasilkan energi dalam jumlah besar dengan efisiensi tinggi. - Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan dari pernafasan aerob itu sendiri. - Solusi: Tidak ada solusi yang diperlukan untuk dampak negatifnya. 5. Pembakaran Sempurna: - Manfaat: Menghasilkan energi dan panas dengan mengurangi emisi polusi. - Dampak Negatif: Tidak ada dampak negatif yang signifikan dari pembakaran sempurna itu sendiri. - Solusi: Memastikan penggunaan bahan bakar yang lebih bersih dan teknologi yang lebih efisien. 6. Reaksi Sabun atau Detergen dalam Air: - Manfaat: Meningkatkan kemampuan membersihkan air dan permukaan. - Dampak Negatif: Detergen berlebihan dapat mencemari air dan merusak lingkungan. - Solusi: Menggunakan detergen yang ramah lingkungan, mengurangi pemakaian, dan memproses air limbah dengan baik.


Varyna N

24 Agustus 2023 13:17

Terimakasih Kak πŸ™

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pH dari larutan NH4F 0,1M (Ka= 10^-5 dan Kb=10^-7) adalah.... *

662

5.0

Jawaban terverifikasi