Marvella Y

26 Januari 2023 09:53

Iklan

Iklan

Marvella Y

26 Januari 2023 09:53

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana interaksi di antara golongan kapitalis, menengah, dan proletar pada masa pemerintahan Jokowi. Berikan contoh kasusnya. Mohon bantuannya, terima kasih. Materi : Stratifikasi Sosial Mata pelajaran : Sosiologi

Jelaskan bagaimana interaksi di antara golongan kapitalis, menengah, dan proletar pada masa pemerintahan Jokowi. Berikan contoh kasusnya. 

Mohon bantuannya, terima kasih.

Materi : Stratifikasi Sosial

Mata pelajaran : Sosiologi


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Meanazwa M

01 Februari 2023 02:23

Jawaban terverifikasi

<p>Interaksi antara golongan kapitalis, menengah, dan proletar pada masa pemerintahan Jokowi dipengaruhi oleh perbedaan posisi ekonomi dan sosial yang dimiliki oleh setiap kelompok. Kapitalis, sebagai pemilik modal dan perusahaan, memiliki kepentingan untuk memperoleh keuntungan ekonomi yang maksimal. Sementara itu, golongan menengah dan proletar memiliki kepentingan untuk memperoleh gaji dan penghasilan yang layak, serta perlindungan dari pemerintah.</p><p>Interaksi antar kelompok ini dapat dilihat dalam beberapa kasus seperti:</p><p>1.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pembangunan infrastruktur: Jokowi memfokuskan pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, bandara, dan pelabuhan untuk meningkatkan konektivitas dan produktivitas ekonomi. Hal ini memberikan manfaat bagi golongan kapitalis, karena akan memperluas pasar dan mempermudah akses pasokan bahan baku. Sementara golongan menengah dan proletar akan merasakan manfaat dari peningkatan konektivitas dan aksesibilitas transportasi.</p><p>2.&nbsp;&nbsp;&nbsp; Reformasi ekonomi: Jokowi juga melakukan beberapa reformasi ekonomi, seperti liberalisasi sektor usaha, untuk memperkuat daya saing ekonomi Indonesia. Hal ini memberikan kesempatan bagi golongan kapitalis untuk memperluas usahanya dan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Namun, reformasi ini juga membawa dampak bagi golongan menengah dan proletar, karena beberapa sektor usaha yang tidak kompetitif mungkin harus tutup dan menimbulkan pengangguran.</p><p>Contoh kasus lainnya seperti perbaikan kualitas pendidikan, program-program sosial, dan peningkatan perlindungan hak asasi manusia dapat mempengaruhi interaksi antar kelompok sosial dan menunjukkan bagaimana pemerintah mencoba memenuhi kepentingan setiap kelompok sosial dalam masyarakat.</p><p>&nbsp;</p>

Interaksi antara golongan kapitalis, menengah, dan proletar pada masa pemerintahan Jokowi dipengaruhi oleh perbedaan posisi ekonomi dan sosial yang dimiliki oleh setiap kelompok. Kapitalis, sebagai pemilik modal dan perusahaan, memiliki kepentingan untuk memperoleh keuntungan ekonomi yang maksimal. Sementara itu, golongan menengah dan proletar memiliki kepentingan untuk memperoleh gaji dan penghasilan yang layak, serta perlindungan dari pemerintah.

Interaksi antar kelompok ini dapat dilihat dalam beberapa kasus seperti:

1.    Pembangunan infrastruktur: Jokowi memfokuskan pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, bandara, dan pelabuhan untuk meningkatkan konektivitas dan produktivitas ekonomi. Hal ini memberikan manfaat bagi golongan kapitalis, karena akan memperluas pasar dan mempermudah akses pasokan bahan baku. Sementara golongan menengah dan proletar akan merasakan manfaat dari peningkatan konektivitas dan aksesibilitas transportasi.

2.    Reformasi ekonomi: Jokowi juga melakukan beberapa reformasi ekonomi, seperti liberalisasi sektor usaha, untuk memperkuat daya saing ekonomi Indonesia. Hal ini memberikan kesempatan bagi golongan kapitalis untuk memperluas usahanya dan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Namun, reformasi ini juga membawa dampak bagi golongan menengah dan proletar, karena beberapa sektor usaha yang tidak kompetitif mungkin harus tutup dan menimbulkan pengangguran.

Contoh kasus lainnya seperti perbaikan kualitas pendidikan, program-program sosial, dan peningkatan perlindungan hak asasi manusia dapat mempengaruhi interaksi antar kelompok sosial dan menunjukkan bagaimana pemerintah mencoba memenuhi kepentingan setiap kelompok sosial dalam masyarakat.

 


Iklan

Iklan

Rayhan J

15 Januari 2024 02:55

Jawaban terverifikasi

Interaksi antara golongan kapitalis, menengah, dan proletar pada masa pemerintahan Jokowi dipengaruhi oleh perbedaan posisi ekonomi dan sosial yang dimiliki oleh masing-masing. Berikut adalah beberapa contoh kasus dan cara interaksi antara golongan-golongan tersebut: Golongan Kapitalis: Masyarakat kapitalis melibatkan individu yang memiliki kekayaan dan aset, seperti perusahaan, saham, atau investasi. Interaksi antara golongan kapitalis dan proletar mungkin melibatkan percayaan pada pemerintahan Jokowi untuk melindungi kekayaan mereka dan menjaga stabilitas pasar. Masyarakat kapitalis mungkin berguna untuk menginvestasikan kebijakan pemerintah yang menjadi bantuan untuk mereka, seperti pemerintahan untuk infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Golongan Menengah: Masyarakat menengah mencakup individu yang memiliki pendidikan tinggi, pekerjaan stabil, dan kehidupan yang lebih komfort. Interaksi antara golongan menengah dan proletar mungkin melibatkan percayaan pada pemerintahan Jokowi untuk menjaga kesejahteraan masyarakat dan memantu mereka memperoleh kehidupan yang lebih baik. Masyarakat menengah mungkin berguna untuk mendukung kebijakan pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti program pemerintah untuk membantu masyarakat yang miskin. Golongan Proletar: 1. Masyarakat proletar melibatkan individu yang bekerja buruh dan mendapatkan penghasilan terbatas 2. Interaksi antara golongan proletar dan kapitalis mungkin melibatkan percayaan pada pemerintahan Jokowi untuk melindungi hak-hak pekerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat 3. Masyarakat proletar mungkin berguna untuk mendukung kebijakan pemerintah yang meningkatkan minat pekerja, seperti program pemerintah untuk membantu masyarakat yang miskin


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Identifikasikan lima dampak positif konflik sosial!

20

0.0

Jawaban terverifikasi