Laura C

10 Oktober 2022 14:36

Iklan

Iklan

Laura C

10 Oktober 2022 14:36

Pertanyaan

Jelaskan apa yang terjadi setelah penyerbukan! tolong bantu jawab yaaa


35

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

U. Hanum

17 April 2023 07:32

Jawaban terverifikasi

<p>Yang terjadi setelah penyerbukan yaitu proses pembuahan.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembuahan merupakan proses yang terjadi setelah penyerbukan dimana terjadi peleburan/penyatuan sel gamet jantan dan sel gamet betina sehingga terbentuk individu baru. Penyerbukan dapat terjadi pada tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Gymnospermae tidak memiliki bunga dan sporofil terpisah membentuk strobilus jantan dan strobilus betina. Penyerbukan pada Gymnospermae hampir selalu dibantu oleh angin dan serbuk sari jatuh langsung pada bakal biji. Serbuk sari akan menyebar dan melakukan pembuahan.&nbsp;</p><p>Pembuahan pada Gymnospermae merupakan pembuahan tunggal. Sedangkan pada Angiospermae sudah memiliki bunga. Proses penyerbukan pada Angiospermae melalui beberapa tahap, yaitu :&nbsp;</p><ol><li>Kepala sari pecah dan serbuk sari keluar.&nbsp;</li><li>Serbuk sari berkecambah dan terbentuk buluh serbuk sari yang tumbuh ke arah bakal biji.</li><li>&nbsp;Buluh serbuk sari membelah menjadi dua yaitu inti vegetatif dan inti generatif. Inti vegetatif berperan sebagai penunjuk jalan ke liang bakal biji sedangkan inti generatif akan membelah menjadi dua inti sperma.&nbsp;</li><li>Setelah sampai di liang bakal biji, inti vegetatif akan hancur dan inti generatif 1 buluh serbuk sari akan membuahi ovum dan kemudian membentuk zigot, sedangkan inti generatif 2 akan membuahi inti kandung lembaga sekunder dan menjadi endosperma (cadangan makanan). Karena pembuahan terjadi dua kali, maka pada Angiospermae disebut pembuahan ganda.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Jadi, yang terjadi setelah penyerbukan yaitu proses pembuahan.</p>

Yang terjadi setelah penyerbukan yaitu proses pembuahan.

 

Pembuahan merupakan proses yang terjadi setelah penyerbukan dimana terjadi peleburan/penyatuan sel gamet jantan dan sel gamet betina sehingga terbentuk individu baru. Penyerbukan dapat terjadi pada tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). 

 

Gymnospermae tidak memiliki bunga dan sporofil terpisah membentuk strobilus jantan dan strobilus betina. Penyerbukan pada Gymnospermae hampir selalu dibantu oleh angin dan serbuk sari jatuh langsung pada bakal biji. Serbuk sari akan menyebar dan melakukan pembuahan. 

Pembuahan pada Gymnospermae merupakan pembuahan tunggal. Sedangkan pada Angiospermae sudah memiliki bunga. Proses penyerbukan pada Angiospermae melalui beberapa tahap, yaitu : 

  1. Kepala sari pecah dan serbuk sari keluar. 
  2. Serbuk sari berkecambah dan terbentuk buluh serbuk sari yang tumbuh ke arah bakal biji.
  3.  Buluh serbuk sari membelah menjadi dua yaitu inti vegetatif dan inti generatif. Inti vegetatif berperan sebagai penunjuk jalan ke liang bakal biji sedangkan inti generatif akan membelah menjadi dua inti sperma. 
  4. Setelah sampai di liang bakal biji, inti vegetatif akan hancur dan inti generatif 1 buluh serbuk sari akan membuahi ovum dan kemudian membentuk zigot, sedangkan inti generatif 2 akan membuahi inti kandung lembaga sekunder dan menjadi endosperma (cadangan makanan). Karena pembuahan terjadi dua kali, maka pada Angiospermae disebut pembuahan ganda.

 

Jadi, yang terjadi setelah penyerbukan yaitu proses pembuahan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan adalah … A. Akar B. Batang C. Daun D. Bunga

460

0.0

Jawaban terverifikasi