Atheia V

02 Mei 2024 04:50

Iklan

Iklan

Atheia V

02 Mei 2024 04:50

Pertanyaan

jelaskan apa yang dimaksud dengan alatpembayaran internasional

jelaskan apa yang dimaksud dengan alatpembayaran internasional


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

02 Mei 2024 05:12

Jawaban terverifikasi

<p>Alat pembayaran internasional adalah instrumen yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan lintas negara. Beberapa alat pembayaran internasional yang umum digunakan antara lain:</p><p><strong>Uang Tunai</strong>: Uang tunai dalam mata uang asing dapat digunakan untuk pembayaran langsung dalam transaksi internasional, meskipun penggunaan uang tunai dalam transaksi besar cenderung jarang karena risiko keamanan dan keterbatasan jumlahnya.</p><p><strong>Transfer Bank</strong>: Transfer bank adalah cara yang umum digunakan untuk melakukan pembayaran internasional. Ini melibatkan pengiriman dana dari rekening bank satu negara ke rekening bank lainnya dalam mata uang asing.</p><p><strong>Cek Asing</strong>: Cek asing adalah cek yang dikeluarkan dalam mata uang asing, biasanya oleh bank atau lembaga keuangan internasional. Cek asing dapat dicairkan di bank atau lembaga keuangan setempat dalam mata uang asing yang sesuai.</p><p><strong>Kartu Kredit</strong>: Kartu kredit internasional memungkinkan pembayaran langsung atau transaksi kredit dalam mata uang asing di berbagai negara di seluruh dunia. Penggunaan kartu kredit memudahkan pembayaran internasional dan umumnya lebih aman daripada membawa uang tunai.</p><p><strong>Transfer Elektronik</strong>: Transfer elektronik atau pembayaran melalui sistem pembayaran elektronik, seperti PayPal atau transfer bank elektronik internasional, memungkinkan pengiriman dana secara instan antara rekening bank di berbagai negara.</p><p><strong>Wesel</strong>: Wesel adalah instrumen keuangan yang berisi perintah pembayaran dari satu pihak kepada pihak lain, baik dalam negeri maupun internasional. Wesel dapat diperdagangkan dan dicairkan oleh penerima.</p>

Alat pembayaran internasional adalah instrumen yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan lintas negara. Beberapa alat pembayaran internasional yang umum digunakan antara lain:

Uang Tunai: Uang tunai dalam mata uang asing dapat digunakan untuk pembayaran langsung dalam transaksi internasional, meskipun penggunaan uang tunai dalam transaksi besar cenderung jarang karena risiko keamanan dan keterbatasan jumlahnya.

Transfer Bank: Transfer bank adalah cara yang umum digunakan untuk melakukan pembayaran internasional. Ini melibatkan pengiriman dana dari rekening bank satu negara ke rekening bank lainnya dalam mata uang asing.

Cek Asing: Cek asing adalah cek yang dikeluarkan dalam mata uang asing, biasanya oleh bank atau lembaga keuangan internasional. Cek asing dapat dicairkan di bank atau lembaga keuangan setempat dalam mata uang asing yang sesuai.

Kartu Kredit: Kartu kredit internasional memungkinkan pembayaran langsung atau transaksi kredit dalam mata uang asing di berbagai negara di seluruh dunia. Penggunaan kartu kredit memudahkan pembayaran internasional dan umumnya lebih aman daripada membawa uang tunai.

Transfer Elektronik: Transfer elektronik atau pembayaran melalui sistem pembayaran elektronik, seperti PayPal atau transfer bank elektronik internasional, memungkinkan pengiriman dana secara instan antara rekening bank di berbagai negara.

Wesel: Wesel adalah instrumen keuangan yang berisi perintah pembayaran dari satu pihak kepada pihak lain, baik dalam negeri maupun internasional. Wesel dapat diperdagangkan dan dicairkan oleh penerima.


Iklan

Iklan

Dea K

03 Mei 2024 00:41

Jawaban terverifikasi

<p>Alat pembayaran internasional adalah instrumen keuangan yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan lintas batas negara yang memungkinkan individu, perusahaan, dan negara untuk melakukan pembayaran atau penerimaan pembayaran dalam mata uang asing atau dalam bentuk instrumen keuangan yang diakui secara internasional.</p><p>&nbsp;Beberapa contoh alat pembayaran internasional meliputi:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Uang Tunai Asing:</strong> Mata uang asing dalam bentuk uang tunai adalah salah satu alat pembayaran internasional yang paling umum. Ini digunakan untuk melakukan pembayaran langsung dalam mata uang asing di negara lain.</p><p><strong>Transfer Bank Internasional:</strong> Transfer bank internasional memungkinkan transfer dana antar bank di berbagai negara. Ini biasanya dilakukan menggunakan layanan transfer bank internasional seperti SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).</p><p><strong>Cek Asing:</strong> Cek asing adalah cek yang ditarik dalam mata uang asing. Mereka dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dalam mata uang asing di negara lain.</p><p><strong>Kartu Kredit dan Debit Internasional:</strong> Kartu kredit dan debit internasional dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di luar negeri dalam mata uang asing. Mereka biasanya diterbitkan oleh penyedia kartu kredit internasional seperti Visa, Mastercard, atau American Express.</p><p><strong>Instrumen Keuangan Internasional:</strong> Instrumen keuangan internasional seperti surat wesel, cek perjalanan, atau wesel bayar dapat digunakan untuk melakukan pembayaran internasional.</p>

Alat pembayaran internasional adalah instrumen keuangan yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan lintas batas negara yang memungkinkan individu, perusahaan, dan negara untuk melakukan pembayaran atau penerimaan pembayaran dalam mata uang asing atau dalam bentuk instrumen keuangan yang diakui secara internasional.

 Beberapa contoh alat pembayaran internasional meliputi:

 

Uang Tunai Asing: Mata uang asing dalam bentuk uang tunai adalah salah satu alat pembayaran internasional yang paling umum. Ini digunakan untuk melakukan pembayaran langsung dalam mata uang asing di negara lain.

Transfer Bank Internasional: Transfer bank internasional memungkinkan transfer dana antar bank di berbagai negara. Ini biasanya dilakukan menggunakan layanan transfer bank internasional seperti SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).

Cek Asing: Cek asing adalah cek yang ditarik dalam mata uang asing. Mereka dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dalam mata uang asing di negara lain.

Kartu Kredit dan Debit Internasional: Kartu kredit dan debit internasional dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di luar negeri dalam mata uang asing. Mereka biasanya diterbitkan oleh penyedia kartu kredit internasional seperti Visa, Mastercard, atau American Express.

Instrumen Keuangan Internasional: Instrumen keuangan internasional seperti surat wesel, cek perjalanan, atau wesel bayar dapat digunakan untuk melakukan pembayaran internasional.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa gaya renang yang dapat mempercepat pertumbuhan tinggi tubuh?

0

4.0

Jawaban terverifikasi