Alika A

16 Februari 2024 10:42

Iklan

Iklan

Alika A

16 Februari 2024 10:42

Pertanyaan

Jelaskan apa pengertian sistem kesenian


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

17 Februari 2024 07:51

Jawaban terverifikasi

<h2>Sistem Kesenian: Pengertian dan Unsur-unsurnya</h2><p>Sistem kesenian adalah sebuah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk menghasilkan, memelihara, dan menyebarkan karya seni dalam suatu masyarakat. Elemen-elemen tersebut meliputi:</p><p><strong>1. Seniman:</strong></p><ul><li>Pencipta karya seni, baik individu maupun kelompok.</li><li>Memiliki bakat, keterampilan, dan pengetahuan dalam bidang seni.</li><li>Berperan dalam menghasilkan karya seni yang mencerminkan nilai-nilai dan budaya masyarakat.</li></ul><p><strong>2. Karya Seni:</strong></p><ul><li>Hasil ciptaan seniman yang memiliki nilai estetika dan makna.</li><li>Berbagai bentuk seni, seperti tari, musik, rupa, sastra, dan teater.</li><li>Mewakili ekspresi dan ide seniman serta mencerminkan budaya masyarakat.</li></ul><p><strong>3. Lembaga Kesenian:</strong></p><ul><li>Institusi yang mendukung dan memfasilitasi kegiatan kesenian.</li><li>Contohnya: museum, galeri seni, sanggar tari, dan sekolah seni.</li><li>Berperan dalam edukasi, pameran, dan pelestarian seni.</li></ul><p><strong>4. Penonton/Penikmat Seni:</strong></p><ul><li>Orang yang menerima dan mengapresiasi karya seni.</li><li>Memiliki peran penting dalam keberlangsungan sistem kesenian.</li><li>Memberikan kritik dan masukan yang membangun bagi seniman.</li></ul><p><strong>5. Nilai dan Budaya:</strong></p><ul><li>Landasan dan kerangka kerja bagi sistem kesenian.</li><li>Mempengaruhi bentuk, makna, dan nilai karya seni.</li><li>Memberikan identitas dan ciri khas pada seni suatu masyarakat.</li></ul><p><strong>6. Interaksi dan Dinamika:</strong></p><ul><li>Sistem kesenian tidak statis, melainkan terus berkembang dan berubah.</li><li>Interaksi antara seniman, karya seni, lembaga, dan penonton memicu dinamika dan evolusi seni.</li><li>Munculnya aliran seni baru, perpaduan budaya, dan inovasi dalam berkarya.</li></ul><p>&nbsp;</p>

Sistem Kesenian: Pengertian dan Unsur-unsurnya

Sistem kesenian adalah sebuah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk menghasilkan, memelihara, dan menyebarkan karya seni dalam suatu masyarakat. Elemen-elemen tersebut meliputi:

1. Seniman:

  • Pencipta karya seni, baik individu maupun kelompok.
  • Memiliki bakat, keterampilan, dan pengetahuan dalam bidang seni.
  • Berperan dalam menghasilkan karya seni yang mencerminkan nilai-nilai dan budaya masyarakat.

2. Karya Seni:

  • Hasil ciptaan seniman yang memiliki nilai estetika dan makna.
  • Berbagai bentuk seni, seperti tari, musik, rupa, sastra, dan teater.
  • Mewakili ekspresi dan ide seniman serta mencerminkan budaya masyarakat.

3. Lembaga Kesenian:

  • Institusi yang mendukung dan memfasilitasi kegiatan kesenian.
  • Contohnya: museum, galeri seni, sanggar tari, dan sekolah seni.
  • Berperan dalam edukasi, pameran, dan pelestarian seni.

4. Penonton/Penikmat Seni:

  • Orang yang menerima dan mengapresiasi karya seni.
  • Memiliki peran penting dalam keberlangsungan sistem kesenian.
  • Memberikan kritik dan masukan yang membangun bagi seniman.

5. Nilai dan Budaya:

  • Landasan dan kerangka kerja bagi sistem kesenian.
  • Mempengaruhi bentuk, makna, dan nilai karya seni.
  • Memberikan identitas dan ciri khas pada seni suatu masyarakat.

6. Interaksi dan Dinamika:

  • Sistem kesenian tidak statis, melainkan terus berkembang dan berubah.
  • Interaksi antara seniman, karya seni, lembaga, dan penonton memicu dinamika dan evolusi seni.
  • Munculnya aliran seni baru, perpaduan budaya, dan inovasi dalam berkarya.

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 13:08

Jawaban terverifikasi

<p>Sistem kesenian merujuk pada suatu kerangka atau struktur yang melibatkan unsur-unsur artistik, kreatif, dan estetika dalam suatu masyarakat atau budaya. Sistem ini mencakup berbagai aspek seperti seni rupa, musik, tari, sastra, teater, dan bentuk ekspresi seni lainnya. Sistem kesenian tidak hanya melibatkan pembuatan karya seni itu sendiri, tetapi juga melibatkan distribusi, penerimaan, dan interpretasi karya seni dalam konteks budaya dan sosial.</p><p>Dengan kata lain, sistem kesenian menggambarkan hubungan kompleks antara pelaku seni, karya seni, dan audiens, serta bagaimana seni memainkan peran dalam membentuk identitas, nilai-nilai, dan ekspresi dalam suatu masyarakat. Sistem kesenian dapat berbeda-beda di setiap budaya dan era waktu, mencerminkan keragaman dan perubahan dalam pemahaman dan ekspresi seni.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Sistem kesenian merujuk pada suatu kerangka atau struktur yang melibatkan unsur-unsur artistik, kreatif, dan estetika dalam suatu masyarakat atau budaya. Sistem ini mencakup berbagai aspek seperti seni rupa, musik, tari, sastra, teater, dan bentuk ekspresi seni lainnya. Sistem kesenian tidak hanya melibatkan pembuatan karya seni itu sendiri, tetapi juga melibatkan distribusi, penerimaan, dan interpretasi karya seni dalam konteks budaya dan sosial.

Dengan kata lain, sistem kesenian menggambarkan hubungan kompleks antara pelaku seni, karya seni, dan audiens, serta bagaimana seni memainkan peran dalam membentuk identitas, nilai-nilai, dan ekspresi dalam suatu masyarakat. Sistem kesenian dapat berbeda-beda di setiap budaya dan era waktu, mencerminkan keragaman dan perubahan dalam pemahaman dan ekspresi seni.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Hal-hal apa saja yang harus kita lakukan untuk membina nasionalisme Indonesia? Jelaskan!

4

5.0

Jawaban terverifikasi