RANI R

03 Maret 2024 07:20

Iklan

Iklan

RANI R

03 Maret 2024 07:20

Pertanyaan

jelaskan apa itu sel saraf praganglion dan pascaganglion

jelaskan apa itu sel saraf praganglion dan pascaganglion


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Raysha A

03 Maret 2024 14:41

Jawaban terverifikasi

<p>Sel saraf praganglion dan pascaganglion adalah bagian-bagian dari sistem saraf otonom, yang mengatur fungsi-fungsi tubuh yang tidak disadari, seperti denyut jantung, pernapasan, dan pencernaan.</p><p>1. Sel Saraf Praganglion: Ini adalah sel saraf yang terletak sebelum ganglion dalam jalur saraf otonom. Mereka bertindak sebagai penghubung antara neuron sensorik yang menerima informasi dari lingkungan atau organ tubuh, dan neuron motorik yang mengirimkan sinyal ke organ target. Sel saraf praganglion biasanya terlibat dalam pengaturan refleks otomatis dan respons cepat terhadap perubahan lingkungan.</p><p>2. Sel Saraf Pascaganglion: Ini adalah sel saraf yang terletak setelah ganglion dalam jalur saraf otonom. Mereka menerima sinyal dari neuron motorik dalam ganglion dan mentransmisikannya ke organ target. Sel saraf pascaganglion berperan dalam mengatur aktivitas organ tubuh seperti kontraksi otot, sekresi kelenjar, dan fungsi-fungsi lainnya yang diperlukan untuk menjaga homeostasis tubuh.</p>

Sel saraf praganglion dan pascaganglion adalah bagian-bagian dari sistem saraf otonom, yang mengatur fungsi-fungsi tubuh yang tidak disadari, seperti denyut jantung, pernapasan, dan pencernaan.

1. Sel Saraf Praganglion: Ini adalah sel saraf yang terletak sebelum ganglion dalam jalur saraf otonom. Mereka bertindak sebagai penghubung antara neuron sensorik yang menerima informasi dari lingkungan atau organ tubuh, dan neuron motorik yang mengirimkan sinyal ke organ target. Sel saraf praganglion biasanya terlibat dalam pengaturan refleks otomatis dan respons cepat terhadap perubahan lingkungan.

2. Sel Saraf Pascaganglion: Ini adalah sel saraf yang terletak setelah ganglion dalam jalur saraf otonom. Mereka menerima sinyal dari neuron motorik dalam ganglion dan mentransmisikannya ke organ target. Sel saraf pascaganglion berperan dalam mengatur aktivitas organ tubuh seperti kontraksi otot, sekresi kelenjar, dan fungsi-fungsi lainnya yang diperlukan untuk menjaga homeostasis tubuh.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bantu jawaban nya yang tepat dan akurat plisss dibutuh cepattt!!

0

5.0

Jawaban terverifikasi