Annisa H

02 Januari 2024 02:54

Iklan

Annisa H

02 Januari 2024 02:54

Pertanyaan

Jawablah pertanyaan berikut : • Apa yang dimaksud dengan gempa vulkanik? • Apa yang dimaksud dengan gempa tektonik? Mohon dibantu jawab nya!

Jawablah pertanyaan berikut :

• Apa yang dimaksud dengan gempa vulkanik?
• Apa yang dimaksud dengan gempa tektonik?

Mohon dibantu jawab nya!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

02

:

11

:

24

:

47

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

02 Januari 2024 03:10

Jawaban terverifikasi

Pertanyaanmu terkait dengan dua jenis gempa bumi, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik. Kedua jenis gempa ini memiliki penyebab dan karakteristik yang berbeda. Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi akibat aktivitas vulkanik. Gempa ini biasanya terjadi di sekitar gunung berapi dan disebabkan oleh pergerakan magma atau gas di dalam gunung berapi. Gempa vulkanik biasanya memiliki kekuatan yang lebih kecil dibandingkan gempa tektonik, namun dapat menjadi tanda akan terjadinya erupsi gunung berapi. Sedangkan gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh pergerakan lapisan kulit Bumi. Gempa ini terjadi karena pergeseran lapisan kulit Bumi akibat lepasnya energi di zona penunjaman. Gempa Bumi tektonik memiliki kekuatan yang cukup dahsyat dan bisa memicu terjadinya tsunami. Sekitar 93 persen dari semua gempa yang terjadi di Bumi adalah gempa tektonik. Penjelasan: 1. Gempa vulkanik: disebabkan oleh aktivitas vulkanik, biasanya terjadi di sekitar gunung berapi dan disebabkan oleh pergerakan magma atau gas di dalam gunung berapi. 2. Gempa tektonik: disebabkan oleh pergerakan lapisan kulit Bumi, terjadi karena pergeseran lapisan kulit Bumi akibat lepasnya energi di zona penunjaman. Kesimpulan: Gempa vulkanik dan gempa tektonik adalah dua jenis gempa bumi yang memiliki penyebab dan karakteristik yang berbeda. Gempa vulkanik terjadi akibat aktivitas vulkanik, sedangkan gempa tektonik terjadi akibat pergerakan lapisan kulit Bumi. Semoga penjelasan ini membantu kamu memahami perbedaan antara kedua jenis gempa ini. 🙂


Annisa H

13 Mei 2024 13:25

wah terimakasih sangat membantu

Iklan

Sumber W

Community

02 Januari 2024 10:25

Jawaban terverifikasi

<p><i><strong>Gempa bumi vulkanik</strong></i> adalah gempa bumi yang terjadi akibat dari aktivitas gunung api. Gempa bumi ini mendahului erupsi gunung api, tetapi lebih sering terjadi secara bersamaan. Getaran gempa bumi ini lebih terasa dibandingkan getaran gempa bumi runtuhan.</p><p><i><strong>Gempa bumi tektonik</strong></i> adalah gempa bumi yang terjadi akibat dari proses tektonik di dalam litosfer yang berupa pergeseran lempeng bumi. Gempa bumi tektonik memiliki kekuatan yang sangat besar dan meliputi daerah yang sangat luas.</p>

Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang terjadi akibat dari aktivitas gunung api. Gempa bumi ini mendahului erupsi gunung api, tetapi lebih sering terjadi secara bersamaan. Getaran gempa bumi ini lebih terasa dibandingkan getaran gempa bumi runtuhan.

Gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang terjadi akibat dari proses tektonik di dalam litosfer yang berupa pergeseran lempeng bumi. Gempa bumi tektonik memiliki kekuatan yang sangat besar dan meliputi daerah yang sangat luas.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan