Jodhita P

05 Juli 2024 12:10

Iklan

Iklan

Jodhita P

05 Juli 2024 12:10

Pertanyaan

Jawaban bisa lebih dari 1

Jawaban bisa lebih dari 1

alt

16

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

05 Juli 2024 13:25

Jawaban terverifikasi

Kalimat baku pada gambar tersebut adalah nomor (2) dan (4). Alasannya: * Kalimat tersebut menggunakan kata baku yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). * Kalimat tersebut menggunakan ejaan yang disempurnakan (EYD). * Kalimat tersebut menggunakan struktur kalimat yang sesuai dengan tata bahasa Indonesia. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang kalimat-kalimat tersebut: Kalimat (1) Kalimat (1) tidak baku karena menggunakan kata "namun" setelah kata "walaupun". Kata "namun" dan "walaupun" memiliki makna yang sama, yaitu "tetapi". Oleh karena itu, kedua kata tersebut tidak perlu digunakan bersamaan dalam satu kalimat. Kalimat (2) Kalimat (2) baku karena menggunakan kata "walaupun" dengan tepat. Kata "walaupun" berfungsi untuk menghubungkan dua klausa yang bertentangan. Dalam kalimat ini, klausa pertama adalah "banyak mendapat protes" dan klausa kedua adalah "pemerintah tetap akan menaikkan harga BBM". Kalimat (3) Kalimat (3) tidak baku karena menggunakan kata "tetapi" setelah kata "walaupun". Kata "tetapi" dan "walaupun" memiliki makna yang sama, yaitu "tetapi". Oleh karena itu, kedua kata tersebut tidak perlu digunakan bersamaan dalam satu kalimat. Kalimat (4) Kalimat (4) baku karena menggunakan kata "walaupun" dengan tepat. Kata "walaupun" berfungsi untuk menghubungkan dua klausa yang bertentangan. Dalam kalimat ini, klausa pertama adalah "pemerintah tetap akan menaikkan harga BBM" dan klausa kedua adalah "banyak mendapat protes". Kesimpulan: Kalimat yang baku pada gambar tersebut adalah nomor (2) dan (4). Kedua kalimat tersebut menggunakan kata baku yang sesuai dengan KBBI, EYD, dan tata bahasa Indonesia. Semoga penjelasan ini bermanfaat.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Juli 2024 13:43

<p>Kalimat yang baku adalah:</p><p>(4) Pemerintah tetap akan menaikkan harga BBM meski banyak protes.</p><p>Alasan: Kalimat ini menggunakan struktur yang jelas dan tidak berlebihan, serta mengikuti aturan baku dalam bahasa Indonesia.</p>

Kalimat yang baku adalah:

(4) Pemerintah tetap akan menaikkan harga BBM meski banyak protes.

Alasan: Kalimat ini menggunakan struktur yang jelas dan tidak berlebihan, serta mengikuti aturan baku dalam bahasa Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

terdapat angka angka 1,2,3,4,5 akan disusun bilangan terdiri dari 3 angka berbeda. Berapa banyak angka genap yang berbentuk?

25

5.0

Jawaban terverifikasi